Banner Promo

Menu Pilihan

Konsep Dasar Kurikulum




Pengertian Kurikulum - Kurikulum berasal dari bahasa Latin yaitu curere, yang artinya suatu jarak yang harus ditempuh untuk menyelesaikan sesuatu. - Dalam arti sempit, kurikulum adalah kumpulan mata pelajaran (Writen curriculum). - Dalam arti luas, kurikulum adalah semua pengalaman belajar (Hidden curriculum). - Menurut UUSPN 2003 kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang dgunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.

 Ciri-ciri kurikulum
 1. Curriculum as a subject matter => Kurikulum sebagai kumpulan atau kombinasi bahan atau materi pelajaran
2. Curriculum as experience => Kurikulum sebagai seperangkat pengalaman yang direncanakan sehingga mencapai tujuan pendidikan/pembelajaran.
3. Curriculm as intention => Kurikulum sebagai suatu program yang terencana, mempunyai tujuan, saasran, dan evaluasinya.
4. Curriculum as cultural reproduction => Kurikulum sebagai refleksi suatu budaya masayarakat tertentu.  

Kedudukan Kurikulum Kedudukan Kurikulum sebagai sentral atau jantung pendidikan Posisi kurikulum penting karena Konstruk/sosok yang dibangun untuk mentranfer apa yang sudah terjadi di masa lalu. Jawaban untuk menyelesaikan masalah social berkenaan dengan pendidikan Alat untuk membangun kehidupan di masa depan.

Fungsi kurikulum
1. Bagi Guru: pedoman dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran (silabus, RPP, dll)
2. Bagi Kepala Sekolah: pedoman dalam melakukan supervisi kurikulum terhadap guru-guru.
3. Bagi masyarakat: bentuk akuntabilitas agar kurikulum sekolah link and match dengan kebutuhan  masyarakat.
 4. Bagi penulis buku ajar: pedoman dalam melakukuan analisis, instruksional, menjabarkan berbagai pokok bahasan, dan memilih berbagai sumber belajar.  

Efektivitas Kurikulum Kurikulum dapat dikatakan efektif jika kurikulum dapat berinteraksi secara tepat dengan kompetensi guru, sehingga dapat memaksimumkan efektivitas mengajar dan belajar.
Brian Prasetyawan Guru SDN Sumur Batu 01 Pagi Jakarta. Menulis sejak 2009. Pengurus Asosiasi Guru Penulis PGRI. Pengurus Kelas Belajar Menulis Nusantara PGRI

Belum ada Komentar untuk "Konsep Dasar Kurikulum"

Posting Komentar

Silakan mengirimkan komentar yang sesuai dengan postingan diatas.

Tolong berkomentar menggunakan nama pribadi. Jangan nama produk/bisnis/judul postingan artikel. Komentar menggunakan nama tersebut terpaksa akan saya hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel