26 November 2015

Konsep Dasar Kurikulum




Pengertian Kurikulum - Kurikulum berasal dari bahasa Latin yaitu curere, yang artinya suatu jarak yang harus ditempuh untuk menyelesaikan sesuatu. - Dalam arti sempit, kurikulum adalah kumpulan mata pelajaran (Writen curriculum). - Dalam arti luas, kurikulum adalah semua pengalaman belajar (Hidden curriculum). - Menurut UUSPN 2003 kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang dgunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.

 Ciri-ciri kurikulum
 1. Curriculum as a subject matter => Kurikulum sebagai kumpulan atau kombinasi bahan atau materi pelajaran
2. Curriculum as experience => Kurikulum sebagai seperangkat pengalaman yang direncanakan sehingga mencapai tujuan pendidikan/pembelajaran.
3. Curriculm as intention => Kurikulum sebagai suatu program yang terencana, mempunyai tujuan, saasran, dan evaluasinya.
4. Curriculum as cultural reproduction => Kurikulum sebagai refleksi suatu budaya masayarakat tertentu.  

Kedudukan Kurikulum Kedudukan Kurikulum sebagai sentral atau jantung pendidikan Posisi kurikulum penting karena Konstruk/sosok yang dibangun untuk mentranfer apa yang sudah terjadi di masa lalu. Jawaban untuk menyelesaikan masalah social berkenaan dengan pendidikan Alat untuk membangun kehidupan di masa depan.

Fungsi kurikulum
1. Bagi Guru: pedoman dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran (silabus, RPP, dll)
2. Bagi Kepala Sekolah: pedoman dalam melakukan supervisi kurikulum terhadap guru-guru.
3. Bagi masyarakat: bentuk akuntabilitas agar kurikulum sekolah link and match dengan kebutuhan  masyarakat.
 4. Bagi penulis buku ajar: pedoman dalam melakukuan analisis, instruksional, menjabarkan berbagai pokok bahasan, dan memilih berbagai sumber belajar.  

Efektivitas Kurikulum Kurikulum dapat dikatakan efektif jika kurikulum dapat berinteraksi secara tepat dengan kompetensi guru, sehingga dapat memaksimumkan efektivitas mengajar dan belajar.

0 comments:

Posting Komentar

Silakan mengirimkan komentar yang sesuai dengan postingan diatas.
Kalau bisa jangan panggil saya "Pak/Om". Saya masih umur dibawah 25 kok dan belum married haha. Langsung panggil nama aja malah nggak papa, biar akrab hehe

Satu lagi, tolong berkomentar menggunakan nama pribadi. Jangan nama produk/bisnis/judul postingan artikel. Komentar menggunakan nama tersebut terpaksa akan saya hapus.

Komentar Terbaru

 
Copyright © . Brian Prasetyawan's Blog - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger