22 Desember 2014

Tantangan Baru Bersama Komsos Paroki Servatius


Bulan November kemarin, saya mendapat info yang bagus sekali dari ibu saya. Sesampainya di rumah setelah pulang dari gereja, ibu saya memberi lembaran teks misa dan menunjukkan bagian halaman pengumuman. Disitu tertulis mengenai ajakan untuk bergabung dengan Komsos (Seksi Komunikasi Sosial) Paroki Servatius bagi yang memiliki minat/pengalaman di bidang jurnalistik, media cetak, media online, media sosial, dan fotografi. WUAHHH... tentu saja saya mau ikutan. Justru ini yang dari dulu saya tunggu-tunggu, komsos membuka rekrutmen anggota secara umum. Tanpa pikir panjang, keesokan harinya saya langsung ke sekretariat paroki untuk minta formulir pendaftarannya.

Ya dari dulu saya ingin sekali berkecimpung dalam urusan media di paroki saya. Saya cukup gregetan melihat website paroki yang jarang sekali di update. Konten-kontennya kurang variatif Malah pernah waktu itu tidak bisa dibuka. Saya iri melihat website paroki lain yang mampu update terus-terusan. Ditambah lagi sekitar tahun 2012 saya melihat info bahwa KAJ mengadakan lomba website antar paroki se-KAJ. Paroki saya sepertinya adem-ayem saja disaat paroki lain mungkin sedang heboh untuk mempersiapkan websitenya untuk dilombakan. Hadeuh.... makin gregetan saya.

 
Web Paroki Servatius

Tapi momen itu datang juga. Akhirnya saya bisa berkecimpung mengurus website paroki. Dan saya senang karena pengurus Komsos saat ini benar-benar serius untuk menggerakan berbagai jenis media informasi seperti website, medsos, dan media cetak. Komsos juga akhirnya menanggapi serius lomba website antar paroki yang akan kembali diadakan pada Mei tahun depan. Saya senang melihat kondisi tersebut.

Namun, sangat disayangkan saya tidak ikut pertemuan pertama pada 7 Desember 2014 karena saya ada pelatihan guru. Saya pun harus menunggu 2 minggu lagi dan akhirnya hari Minggu kemarin (21/12) saya bisa ikut pertemuan kedua. Ternyata cukup banyak anggota barunya. Saya senang mendengar penjelasan ketua Komsos mengenai rencana program kedepan, termasuk untuk ikut lomba website antar paroki. Selain itu juga akan turut serta dalam pelatihan jurnalistik dekenat Bekasi. Wuihhhh suka sekali saya. Ditambah lagi rencananya akan dibuat semacam majalah paroki. Itu juga yang saya tunggu-tunggu.
Dalam Komsos terdapat tiga bidang kerja yaitu Media Online, Pewarta Visual, dan Media cetak & Peliputan. Saya ikut di bidang pertama dan ketiga. Kalau Pewarta Visual itu petugas pemegang handycam untuk mengambil gambar saat misa berlangsung yang ditayangkan di monitor TV sehingga umat yang duduk di luar gedung gereja juga bisa menyaksikan jalannya misa. Saya kurang bisa mengoperasikan handycam sehingga tidak ikut dibidang yang kedua.

Saya dengan semangat menunggu kapan tim Komsos ini akan efektif bekerja. Tapi mudah-mudahan saya bisa mengatur antara tugas kerjaan sekolah dan tugas sebagai anggota Komsos, supaya saya tidak ngedown di komsos karena memikirkan kerjaan sekolah.

0 comments:

Posting Komentar

Silakan mengirimkan komentar yang sesuai dengan postingan diatas.
Kalau bisa jangan panggil saya "Pak/Om". Saya masih umur dibawah 25 kok dan belum married haha. Langsung panggil nama aja malah nggak papa, biar akrab hehe

Satu lagi, tolong berkomentar menggunakan nama pribadi. Jangan nama produk/bisnis/judul postingan artikel. Komentar menggunakan nama tersebut terpaksa akan saya hapus.

Komentar Terbaru

 
Copyright © . Brian Prasetyawan's Blog - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger