23 Desember 2014

Buku-Buku Legendaris

Buku legendaris yang saya maksud adalah buku yang eksistensinya tak lekang oleh waktu dan pasti banyak orang yang tahu dengan buku tersebut terutama generasi 90an. Bukan buku-buku langka. Jika buku-buku ini ditampilkan, banyak orang yang punya kenangan tersendiri terhadap buku itu. Rata-rata buku ini sudah terbit sejak saya SD atau bahkan sebelum itu. Berikut ini buku-buku yang menurut saya legendaris:

1. RPUL
Generasi 90an pasti tahu buku ini. Buku ini, bersama Buku Pintar, menjadi primadona saat saya SD. Saya juga punya buku ini tapi sampulnya udah nggak ada. Jadi saya lupa RPUL saya yang edisi tahun berapa. Yang jelas sampul belakangnya berisi daftar negara peserta Piala Dunia 2002. Sekarang ini banyak buku-buku lain yang berjudul RPUL juga. Tapi bagi saya RPUL yang asli adalah yang seperti gambar dibawah ini, terbitan aneka Ilmu.
2. RPAL
Buku ini bisa dikatakan saudaranya RPUL. Bedanya buku ini berisi tentang pengetahuan kelas 4, 5, dan 6. Buku ini mengacu pada kurikulum 1994. Hebatnya, sampai sekarang buku ini masih eksis di rak-rak toko buku seperti di Gramedia Pondok Gede.
3. Buku Pintar
Buku ini memiliki dua macam seri yaitu senior dan junior. Saya punya yang seri junior (tapi sekarang gak tau kemana huhuhu). Bersama RPUL, buku ini dewanya buku pengetahuan umum. Setahu saya buku ini sudah terbit sejak akhir era 80an. Waktu saya SD, banyak teman-teman yang membelinya. Saya akhirnya tidak mau ketinggalan untuk beli juga. Bagian favorit saya adalah Profil negara-negara di dunia karena saat SD saya sangat tertarik dengan negara-negara.

4. Buku Lagu wajib dan lagu daerah
Buku ini legendanya buku lagu wajib dan lagu daerah. Saya punya keduanya, sayangnya buku lagu daerahnya lagi gak tau kemana huhuhu. Jadi cuma ada gambar buku wajibnya saja. Buku ini sudah eksis sejak saya SD dan anak SD sekarang pun masih menggunakannya.

5. Kamus Inggris Indonesia & Indonesia Inggris
Ada begitu banyak kamus bahasa Inggris. Tapi bagi saya, Kamus Bahasa Inggris yang terpercaya adalah seperti yang di bawah ini. Berbagai sekolah sepertinya juga mengandalkan kamus ini untuk mengisi perpustakaanya. Saya mengenal buku ini sejak SMP. Sampai sekarang buku ini masih eksis di toko-toko buku.


Anda setuju ? Atau punya pendapat sendiri ? silakan komen :-)

0 comments:

Posting Komentar

Silakan mengirimkan komentar yang sesuai dengan postingan diatas.
Kalau bisa jangan panggil saya "Pak/Om". Saya masih umur dibawah 25 kok dan belum married haha. Langsung panggil nama aja malah nggak papa, biar akrab hehe

Satu lagi, tolong berkomentar menggunakan nama pribadi. Jangan nama produk/bisnis/judul postingan artikel. Komentar menggunakan nama tersebut terpaksa akan saya hapus.

Komentar Terbaru

 
Copyright © . Brian Prasetyawan's Blog - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger