01 Mei 2014

Handphone Legendaris Nokia & Sony Ericsson (1)

http://praszetyawan.blogspot.com/2014/05/handphone-legendaris-nokia-sony_2.htmlTerinspirasi dari kompas.com yang merilis artikel 11 Handphone Nokia yang melegenda, Saya menjadi ingin membuat artikel yang sejenis itu juga. Handphone yang legendaris berikut murni berasal dari pemikiran subjektif saya. Jadi kalo ada yang tidak setuju atau ingin berpendapat silakan menyampaikannya di kolom komentar hehe. Dasar pemikiran saya adalah handphone tersebut sering saya temui di sekitar kehidupan saya dan/atau yang memang pernah booming /laris di pasaran pada periode 2004- 2010. Selain itu bentuknya yang khas, yang membuat orang mudah mengingatnya juga mendukung pemikiran saya bahwa Hp tersebut merupakan Hp legendaris. Saya hanya mencantumkan Nokia & Sony Ericsson saja karena memang handphone dari dua merek tersebut yang melegenda di periode tersebut.

1. Nokia 6600



Siapa yang tidak tahu Hp ini. Setidaknya generasi saya (90-an) pasti tahu Hp ini. Jika diperlihatkan gambarnya, pasti langsung tahu kalo itu Nokia 6600. Hp ini merupakan Hp yang pertama kali saya kenal. Waktu itu saya masih SMP dan saya melihat banyak orang-orang disekitar saya menggunkan Hp ini. Saya saat itu sampe bingung apakah 6600 merupakan Hp yang paling bagus dan paling muktahir ? Ternyata memang termuktahir karena saat itu 6600 sudah didukung fitur kamera. Menurut wikipedia 6600 terjual 150 juta unit di seluruh dunia
Hp ini sempat juga menjadi "bintang film" di film the cellular. Nokia 6600 memiliki peran tersendiri sebagai alat komunikasi yang digunakan aktor utama film yang dirilis tahun 2004 itu.

2. Nokia N70
Saya sudah tidak asing dengan N70. Ini adalah Hp pertama saya. Saya beli di akhir masa SMP saya (2007). Waktu itu harganya masih 2,8 juta (kalo sekarang pasti udah dapet smartphone hehe). Waktu itu N70 memang juga lagi booming dipasaran, melanjutkan kesuksesan boomingnya 6600. Saat itu N70 sudah termasuk Hp dengan teknologi termuktahir. Hp ini termasuk golongan smartphone dengan operasi sistem symbian. Hp ini juga sudah dimasuki teknologi 3G yang saat itu sedang booming juga. Selain memiliki kamera belakang 2 megapixel, N70 di lengkapi kamera depan VGA yang mendukung untuk videocall. N70 juga mengeluarkan versi music edition. Menurut wikipedia, N70 terjual 45 juta unit di seluruh dunia.

3. Nokia N-gage
 
 Model Hp ini cuma ada satu-satunya di dunia. Nokia N-gage dibuat untuk mematok pasar gamers. Orang-orang disekitar saya saat itu juga banyak yang pake N-gage. Menurut wikipedia, pada 2003 game ini terjual 3 juta unit diseluruh dunia

4. Nokia 2300
Walaupun masih berlayar monokrom, Tampilannya yang fashionable membuat 2300 lumayan laris dipasaran. Di sekitar saya, banyak cewek-cewek yang pake hp itu. Menurut wikipedia, 2300 terjual 15 juta unit diseluruh dunia pada 2004 .

5. Nokia 7610
Nokia 7610 melegenda karena bentuk dan penempatan keypadnya. Bentuk hp yang sudut kiri bawahnya melengkung seperti itu hanya dimiliki 7610. Bentuknya yang unik itu membuat orang-orang disekitar saya juga banyak memakainya.

5. Nokia 5200/5300
Kalo bicara legenda hp slider, tidak salah jika menyebut 5300. Saat itu 5300 merupakan rajanya hp slider. Menurut wikipedia 5300 terjual 30 juta unit diseluruh dunia.

6. Nokia 5130 Xpress Music
5130 merupakan handphone paling laris dari seri xpress music. Ketika seri xpress music muncul, saat itu juga seri tersebut langsung booming. Harganya yang terjangkau membuat 5130 yang paling laris diantara seri xpress music lainnya. 5130 dilengkapi tombol music dan berkamera 2 megapixel. Menurut wikipedia 5130 terjual 65 juta unit.

7. Nokia 1600
 
Nokia 1600 sudah memiliki layar berwarna, keypadnya juga terlihat elegan. Saat itu mungkin termasuk hp yang termuktahir dan terjangkau setelah jamannya monokrom. Maka, hp ini pun terjual 130 juta unit diseluruh dunia menurut wikipedia.


 sumber gambar: situshp.com 




2 comments:

  1. nokia emang ledend bgt dah, kan dulu nokia sempat jadi handphone sejuta umat.. cumen skrg kyknya kalah pasar sama samsung.

    BalasHapus
  2. Nah iya betul sekali. Dulu Nokia rajanya Hp, sekarang malah semakin tenggelam ditelan jaman smartphone

    BalasHapus

Silakan mengirimkan komentar yang sesuai dengan postingan diatas.
Kalau bisa jangan panggil saya "Pak/Om". Saya masih umur dibawah 25 kok dan belum married haha. Langsung panggil nama aja malah nggak papa, biar akrab hehe

Satu lagi, tolong berkomentar menggunakan nama pribadi. Jangan nama produk/bisnis/judul postingan artikel. Komentar menggunakan nama tersebut terpaksa akan saya hapus.

Komentar Terbaru

 
Copyright © . Brian Prasetyawan's Blog - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger