29 April 2014

Seminar & Workshop Kompas SABA Kampus 2014

Saya mendapat sms dari teman saya. Dia ngasih tahu kalo ada acara seminar jurnalistik di Universitas Multimedia Nusantara (UMN) hari Sabtu 26 April 2014 . Waw... tentu saja saya tertarik untuk ikut. Saya tanya ke dia, tau dari mana info seminar itu. Katanya dari twitter kompas kampus. Oh ternyata ini hajatannya kompas. Setelah saya lihat twitternya, ternyata acara itu merupakan rangkaian dari SABA Kampus, acara roadshownya kompas ke berbagai kampus di Indonesia. UMN merupakan kampus pertama dari 4 kampus yang akan dikunjungi kompas tahun ini.

Setelah sepakat dengan teman saya untuk ikut seminar ini, saya mulai mikir gimana caranya ke UMN. Saya belum pernah kesana. Kalo naik motor bisa teler saya, secara rumah saya di Pondok Gede Bekasi, UMN di Serpong Tangerang. Rute jalannya juga gak tau. Liat google maps juga kayaknya tetep bingung hehe. Kata temen saya ya naik bus aja. Setelah searching di google, ternyata ke UMN tuh naik Bus Agra Mas yang jurusan Bekasi - Serpong. Saya naik Agra Mas dari Bambu Apus. Trus pas di gading serpong naik angkot biru dilanjutkan naik angkot kuning.

Singkatnya, Saya dan temen saya akhirnya sampe di UMN setelah perjalanan 2 jam. Saya liat di twitter acaranya mulai jam 9. Ternyata itu baru mulai registrasinya, sebenernya acara mulai jam 10.30 -___-. Ya tentu saja ruangan masih sepi, peserta yang dateng baru sedikit. Saat masuk ruangannya saya dikasih goddie bag yang berisi Koran Kompas, 2 Notes, Pulpen, dan tali kalung serta mendapat snack hehe.

Suvenir dari kompas :)

Akhirnya acara dimulai. Acara diawali sambutan oleh Perwakilan dari kompas, dan Rektor UMN.


 Para mahasiswa yang mengikuti seminar & workshop Kompas

Kemudian dilanjutkan dengan seminar yang dibawakan oleh Wakil Pemimpin Redaksi Kompas, Budiman Tanuredja. O iya tema acara ini Peran Media dalam Pemilu. Ya berkaitan tema tersebut, Pak Budiman menyampaikan Jurnalisme Presisi yang merupakan dasar untuk liputan pemilu.


 Bapak Budiman Tanuredja (wakil pemred kompas) menyampaikan seminar

Setelah sesi seminar, diadakan sesi workshop kali ini para peserta yang katanya berjumlah 500an dibagi ke beberapa kelompok workshop yang telah dipilih masing-masing peserta. Saya dan temen saya pilih kelas menulis jurnalistik. Selain itu ada juga kelompok Graphic Design, Marketing Communication, Advertising, Fotografi Jurnalistik, Litbang, dan Business Development.

 Kelompok Menulis Jurnalistik dibawakan oleh kepala desk politik Harian Kompas, Sutta Dharmasaputra. Beliau mempresentasikan dan menceritakan bagaimana kompas menyajikan liputan pemilu. Pada sesi tersebut peserta diberi kesempatan bertanya, berkomentar, dan menjawab pertanyaan dari narasumber tersebut.


Bapak Sutta Dharmasaputra membawakan workshop menulis jurnalistik

Setelah sesi workshop, seluruh peserta berkumpul lagi untuk mengikuti sesi seminar yang dibawakan oleh Rene Suhardono dengan tema creativity in career. Ia banyak membahas mengenai passion. Rene membawakan seminar dengan suasana humoris namun sangat inspiratif. Peserta juga diberi kesempatan bertanya.

 
Rene Suhardono menyampaikan sesi seminar creativity in career

Dan setelah melalui 1 hari penuh, akhirnya jam 7 malam rangkaian acara selesai. Sebelum pulang saya tanya-tanya tentang info magang di lobby dan juga mengambil sertifikat.

Sertifikat Seminar dari Kompas :)



sumber gambar: Dok. Pribadi & @kompaskampus 

0 comments:

Posting Komentar

Silakan mengirimkan komentar yang sesuai dengan postingan diatas.
Kalau bisa jangan panggil saya "Pak/Om". Saya masih umur dibawah 25 kok dan belum married haha. Langsung panggil nama aja malah nggak papa, biar akrab hehe

Satu lagi, tolong berkomentar menggunakan nama pribadi. Jangan nama produk/bisnis/judul postingan artikel. Komentar menggunakan nama tersebut terpaksa akan saya hapus.

Komentar Terbaru

 
Copyright © . Brian Prasetyawan's Blog - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger