12 Maret 2014

Impian Menjadi Blogger Profesional

Sejak tahun 2009 saya telah menekuni suatu hobi yaitu blogging atau dalam bahasa Indonesia disebut ngeblog. Saya merasa puas ketika banyak orang mengunjungi blog saya dan membaca tulisan saya. Saya juga senang jika ternyata tulisan saya bermanfaat bagi orang lain. Hal itu yang akhirnya memotivasi saya untuk semakin menekuni hobi ngeblog. Kemudian Saya berpikir bahwa kegiatan ngeblog ini sudah seperti orang bekerja saja. Saat liburan setelah kelulusan SMA, saya ngeblog saat siang dan malam. Jika ditotal bisa sampai 10 jam dalam sehari. Saya menulis artikel, memasang iklan, mempromosikan blog, mempercantik blog, mempelajari tips-tips ngeblog, dan sebagainya. Maka tak jarang saya berpikir sudah seperti orang bekerja lembur saja hehe. Namun saya menyukainya. 10 jam tersebut terasa cepat bagi saya. Ketika itu saya bermimpi, jika saja ada universitas yang memiliki jurusan blogging dan ada pekerjaan sebagai blogger, saya yang akan mendaftar paling pertama.

 Namun, yang saya ketahui saat itu menjadi blogger hanyalah sebuah hobi. Ngeblog sekadar menyalurkan ketertarikan seseorang pada dunia tulis menulis dan internet. Memang sudah menjadi rahasia umum juga jika dari blog dapat menghasilkan uang. Namun, uang yang dihasilkan tidak terlalu banyak sehingga hanya dianggap untuk penghasilan sampingan saja. Ya, sampai disitu mungkin hal yang sebagian besar orang ketahui tentang ngeblog.

 Setelah beberapa tahun ngeblog, saya baru mengetahui kalau dari kegiatan ngeblog bisa dimaksimalkan hingga dijadikan sebagai pekerjaan utama. Saya menemukan informasi tersebut, setelah membaca pengalaman beberapa orang yang memutuskan menjadi blogger sebagai pekerjaannya. Bahkan terdapat seseorang yang rela meninggalkan pekerjaanya yang sudah mapan untuk beralih fokus menjadi blogger. Ternyata jika benar-benar ditekuni, bekerja menjadi blogger juga bisa mendatangkan penghasilan yang tak kalah dengan profesi lainnya.

Saya senang sekali mengetahui informasi tersebut. Saya semakin termotivasi untuk ngeblog dan kemudian mempelajari cara menghasilkan uang dari blog agar bisa mengikuti kesuksesan mereka. Setelah saya pelajari, terdapat berbagai sumber penghasilan yang bisa didapat lewat ngeblog. Pertama, memasang iklan di blog. Blogger mendapat penghasilan dari pengunjung yang mengklik iklan yang ada di blog. Kedua, mengikuti program paid to review. Blogger mendapat penghasilan dengan mereview suatu produk lewat tulisannya diblog. Ketiga, mengkuti proggram paid to write. Blogger membuat tulisan untuk mengisi konten blog/website orang lain, tapi tulisan tidak mesti bertujuan untuk mempromosikan produk. Hal itu yang agak membedakan dengan paid to review. Keempat, mengikuti lomba blog. Kelima, menjual blog. Keenam, mengikuti program text link ads yaitu memasang link iklan pada blog. Kebanyakan program-program tersebut disediakan oleh situs dari luar negeri, sehingga menjadi blogger justru lebih sering dibayar menggunakan dollar. Berbagai potensi penghasilan dari blog tersebut dan ditambah kesukaan saya pada blog, membuat saya semakin mengimpikan pekerjaan sebagai blogger.

6 comments:

  1. Selain empat sumber income di atas, seorang blogger bisa mendapat penghasilan dari menulis buku. Kumpulan artikel yang pernah ditulis bisa dihimpun, diedit, ditambah sana-sisni, untuk menjadi buku. Seorang blogger yang punya keahlian khusus bisa 'menjual' keahliannya melalui seminar, workshop, training, dan konsultasi. Blogging bisa membawa seseorang pada pekerjaan yang sangat menantang dan memuaskan, termasuk dari segi finansial, asal mau terus belajar, banyak membaca, dan kalau perlu kuliah lagi. Salam blogger.

    BalasHapus
  2. iya.. betul mas budi. Saya baru membahas penghasilan online saja. Memang, blogger juga punya potensi mendapat penghasilan offline seperti yang mas budi sebutkan itu.
    salam blogger

    BalasHapus
  3. Sebuah artikel yang menurut saya sebagai insan pendidikan sangatlah bagus. Artikel diatas tak hanya sebagai bentuk curhatan, melainkan suatu pesan moral dalam hal ini berkaitan dengan menggapai impian. Sama halnya dengan saya yg memulai "Ngeblog" sejak 2009 kemudian vakum selama 4 tahun baru memulai menulis lagi tahun 2014, dan kini mengelola puluhan blog sendirian. Harapannya ingin menjadi Professional Blogger. Terimakasih atas inspirasinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih dan semoga harapan bang Ali tercapai ya

      Hapus
  4. Seneng bisa blogwalking ke blognya, Mas Brian.
    Saya juga lagi berusaha mengembangkan blog nih Mas

    Tapi masih pemula aja...
    Hehehhee
    Semoga berhasil, Mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe sebenernya artikel ini udah nggak relevan dengan tujuan ngeblog saya sekarang. Saya udah nggak lagi mengejar penghasilan dari ngeblog

      Hapus

Silakan mengirimkan komentar yang sesuai dengan postingan diatas.
Kalau bisa jangan panggil saya "Pak/Om". Saya masih umur dibawah 25 kok dan belum married haha. Langsung panggil nama aja malah nggak papa, biar akrab hehe

Satu lagi, tolong berkomentar menggunakan nama pribadi. Jangan nama produk/bisnis/judul postingan artikel. Komentar menggunakan nama tersebut terpaksa akan saya hapus.

Komentar Terbaru

 
Copyright © . Brian Prasetyawan's Blog - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger