08 Februari 2014

Pengembagan Blog Sebagai Media Pembelajaran Kewarganegaraan kelas V SD

Judul postingan tersebut merupakan judul skrpisi saya. Yup, semester ini merupakan semester terakhir saya kuliah di PGSD Atma Jaya. Puji Tuhan semua berjalan lancar, walaupun setelah sidang harus dilakukan revisi besar-besaran. Penelitian skripsi saya ini terinspirasi dari seorang guru yaitu Wijaya Kusumah atau yang sering dipanggil Om Jay. Beliau sangat gencar mensosialisasikan penggunaan blog sebagai media pembelajaran. Beliau  menulis artikel, melakukan penelitian, hingga membuat buku mengenai blog. Saya pun menjadi tertarik untuk mensosialisasikannya juga. Lewat penelitian ini saya juga ingin mengenalkan blog sebagai media pembelajaran.

Berikut ini abstrak dari skripsi saya:

ABSTRAK

Media pembelajaran dalam proses belajar mengajar dapat membangkitkan keinginan dan minat yang baru, membangkitkan motivasi dan rangsangan belajar, dan bahkan membawa pengaruh psikologis terhadap siswa. Internet saat ini dapat digunakan sebagai media pembelajaran. Aplikasi yang terdapat dalam internet salah satunya blog. Blog adalah catatan yang ditulis oleh pemiliknya dan dipublikasikan di internet Penggunaan blog dalam pembelajaran merupakan salah satu penerapan pembelajaran online. Blog pada dasarnya merupakan website. Namun, terdapat beberapa ciri khusus yang terdapat pada blog sehingga sedikit membedakan dengan website. Pembelajaran online merupakan suatu kegiatan pembelajaran yang memanfaatkan media situs (website) yang bisa di akses melalui jaringan internet. Berdasarkan hasil diskusi dengan guru, mata pelajaran kewarganegaraan merupakan pelajaran yang dianggap sulit bagi siswa.

Berdasarkan hasil ulangan harian kewarganegaraan, rata-rata nilai yang dicapai siswa kelas VA adalah 79, hanya sedikit diatas KKM yang bernilai 75. Dengan digunakannya media blog, anak diberikan pengalaman berbeda dan menarik dalam mengikuti pembelajaran kewarganegaraan. Kewarganegaraan merupakan mata pelajaran yang berfungsi sebagai pendidikan nilai, yaitu mata pelajaran yang mensosialisasikan dan menginternalisasikan nilai-nilai pancasila /budaya bangsa.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengembangan blog sebagai media pembelajaran pada pelajaran kewarganegaraan di kelas VA SD Strada Nawar. Objek penelitian berjumlah 44 orang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini melibatkan siswa sebagai objek penelitian, guru dan ahli media sebagai validator.

Validasi terhadap blog dilakukan oleh para validator dan siswa dengan mengisi lembar kuesioner. Data hasil validasi tersebut kemudian dianalisis dengan menghitung persentase penilaian yang didapat dan membandingkannya dengan tabel konversi. Berdasarkan hasil analisis data, media blog mendapat penilaian dari ahli media dengan presentase sebesar 61%. Presentase tersebut berada pada kategori cukup baik. Sebelum dilakukan uji coba ahli materi memberi penilaian dengan presentase sebesar 89 %. Sedangkan setelah uji coba, ahli materi memberi penilaian dengan presentase sebesar 88%. Kedua hasil penilaian dari ahli materi tersebut menunjukkan produk blog berada pada kategori baik sekali. Setelah pelaksanaan uji coba, siswa menilai produk blog dengan presentase sebesar 77,85 %. Presentase tersebut menunjukkan blog berada pada kategori baik.

 Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa blog sudah teruji dan dapat digunakan sebagai media pembelajaran baik sebagai alat bantu proses pembelajaran di rumah maupun sebagai media belajar bagi siswa di rumah. Penggunaan media blog mampu membuat pembelajaran lebih menarik dan siswa lebih mudah memahami materi.

0 comments:

Posting Komentar

Silakan mengirimkan komentar yang sesuai dengan postingan diatas.
Kalau bisa jangan panggil saya "Pak/Om". Saya masih umur dibawah 25 kok dan belum married haha. Langsung panggil nama aja malah nggak papa, biar akrab hehe

Satu lagi, tolong berkomentar menggunakan nama pribadi. Jangan nama produk/bisnis/judul postingan artikel. Komentar menggunakan nama tersebut terpaksa akan saya hapus.

Komentar Terbaru

 
Copyright © . Brian Prasetyawan's Blog - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger