Banner Promo

Menu Pilihan

Piala AFF U-19


 sumber gambar: Antara Foto

Piala AFF U-19 kini sedang berlangsung di Gresik dan Sidoarjo. Timnas berada di grup B bersama Thailand, Vietnam, Malaysia, Myanmar, dan Brunei. Timnas telah memainkan 3 pertandingan. Menang 5-0 atas brunei dan menang 2-1 lawan Myanmar. Sayangnya timnas kalah 1-2 oleh Vietnam. Sebenarnya permainan timnas U-19 sudah bagus, tapi ternyata Vietnam lebih bagus. Mereka mampu menekan timnas U-19 sepanjang pertandingan. Berada di kondisi tertekan seperti itu mungkin membuat para pemain timnas
kurang fokus dan menjadi panik dalam menjaga pertahanan sehingga kebobolan 2 kali.

Dari turnamen ini, terlihat bibit-bibit muda timnas yang mulai terlihat. Hal itu bagus untuk regenerasi timnas senior mendatang.

 Hal lain yang menarik dari pelaksanaan turnamen tahunan ini adalah dukungan yang diberikan supporter Indonesia sama besarnya seperti mendukung timnas Senior. Baik ketika bertanding di Gresik maupun Sidoarjo, Timnas U-19 selalu mendapat dukungan luar biasa dari supporter. Seluruh tribun di stadion delta maupun stadion petrokimia selalu hampir penuh oleh supporter timnas. Saya baru merasakan fenomena ini. Mungkin ini perasaan saya saja, saya merasa sebelumnya dukungan besar terlihat hanya saat timnas senior bermain saja. Termasuk sebelum adanya konflik dualisme. Paling mentok perhatian besar sampai timnas U-23 saja. Timnas junior dibawahnya seperti tidak terdengar gaungnya.
sumber gambar: sidomi.com

 Namun, setelah berakhirnya konflik, saya merasa masyarakat dan media tidak hanya memberi perhatian pada Timnas senior dan U-23 saja. Namun timnas junior lainnya juga mendapat sorotan. Ini merupakan hal bagus bagi sepakbola Indonesia.
Seperti ketika timnas U-16 yang mampu mencapai final Piala AFF U-16. Masyarakat senang melihat hasil tersebut dan berharap timnas U-16 bisa juara. Namun, akhirnya kalah dari Malaysia. Kini di Piala AFF U-19, timnas U-19 juga tidak di pandang sebelah mata. Dukungan supporter di stadion sama besarnya seperti saat mendukung timnas senior. Ketika saya sedang pergi ke warung fotokopian, saya melihat warga yang sedang ada di  warung-warung juga menonton timnas U-19. Di warung fotokopian pun juga sedang menyetel siaran Timnas U-19 vs Brunei.
Ya.. kini semangat publik sepakbola sudah baik untuk mendukung timnas senior maupun junior. Melihat hal itu, PSSI harus tetap memperhatikan timnas-timnas tersebut. Jangan sampai mereka ditinggalkan atau dipandang sebelah mata.

Brian Prasetyawan Guru SDN Sumur Batu 01 Pagi Jakarta. Menulis sejak 2009. Pengurus Asosiasi Guru Penulis PGRI. Pengurus Kelas Belajar Menulis Nusantara PGRI

Belum ada Komentar untuk "Piala AFF U-19"

Posting Komentar

Silakan mengirimkan komentar yang sesuai dengan postingan diatas.

Tolong berkomentar menggunakan nama pribadi. Jangan nama produk/bisnis/judul postingan artikel. Komentar menggunakan nama tersebut terpaksa akan saya hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel