Karena yang tertulis akan bernilai di masa depan

04 April 2015

Jika Aku Kuliah di Beberapa Jurusan



Sekarang ini, kalau melihat acara-acara talkshow di tv yang menghadrikan tokoh inspiratif, tak jarang didatangkan pula tokoh yang memiliki banyak gelar sarjana. Ketekunan dan semangat mereka untuk tidak berhenti menimba ilmu menjadi teladan dan inspirasi bagi kita.

Melihat itu saya bermimpi (mungkin lebih tepat berkhayal) seandainya saya bisa seperti mereka, dapat kuliah di beberapa jurusan. Jurusan apa saja yang mau saya pilih ? Berdasarkan dari minat dan pasion saya (yang baru saya sadari saat pertengahan masa kuliah).saya berangan-angan untuk kuliah di jurusan berikut:

Ilmu Perpustakaan
Jurusan ini memang masih baru beredar di Indonesia. Saat saya lulus SMA (tahun 2010) masih jarang terdengar tentang jurusan ini. Setelah saya tahu adanya jurusan ini, dari namanya saja saya sudah tertarik. Saya memang punya ketertarikan terhadap buku dan pengarsipannya. Saya ingat waktu masih SMA, saya iseng-iseng bikin database koleksi buku yang saya miliki, menggunakan microsoft access. Selain itu saya juga mendata & menyimpan komik-komik, tabloid-tabloid sepakbola dan koran-koran yang pernah saya beli (iya.. memang rada kurang kerjaan sih). Dari situ cukup terlihat kalau saya sepertinya cocok untuk kuliah di jurusan ilmu perpustakaan.
Setelah ditelusuri, ternyata jurusan ini kalau saya bilang lebih berfokus pada ilmu pengarsipan. Jadi tidak hanya mengarsipkan buku. Pengarsipan pada dokumen atau data apapun juga menjadi hal yang dipelajari.

Sastra Indonesia

Jurusan ini saya pilih karena berkaitan dengan minat saya dalam menulis. Saya juga terinspirasi dari tetangga saya yang kuliah di jurusan ini. Dia udah sukses jadi penulis buku, editor bahasa di penerbit, dan sekarang malah mau bikin film yang diangkat dari buku karangannya. Dengan kuliah di jurusan ini, saya berkhayal bisa seperti tettangga saya itu, menjadi penulis buku atau editor bahasa di penerbit buku.

Komunikasi Jurnalistik
Nah ini adalah jurusan utama yang saya idam-idamkan. Dengan minat tulis-menulis yang saya miliki, membuat saya tertarik pada jurusan ini. Minat menulis saya baru saya sadari dipertengahan masa kuliah (tahun 2013). Berawal dari mencoba mengirim satu artikel singkat ke tabloid Bola dan berhasil dimuat, saya menjadi ketagihan mengirim tulisan ke berbagai media cetak. Memang sebagian besar tulisan yang dimuat tidak menghasilkan apa-apa. Tapi dengan dimuatnya tulisan saya, sudah membuat saya senang dan menjadi punya impian untuk menjadi jurnalis media cetak.
Namun setelah saya telusuri, sepertinya kuliah jurnalistik berat juga. Dikejar deadline tugas-tugas laporan wawancara. Apalagi untuk mendapatkan dan menemui narasumbernya saja sepertinya butuh perjuangan. Saya membayangkannya saja udah puyeng.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan mengirimkan komentar yang sesuai dengan postingan diatas.

Tolong berkomentar menggunakan nama pribadi. Jangan nama produk/bisnis/judul postingan artikel. Komentar menggunakan nama tersebut terpaksa akan saya hapus.

Praszetyawan.com

Sebuah blog personal berdiri sejak 2009

Terpopuler Bulan Ini

Random

randomposts