19 Agustus 2013

Dortmund Patut Waspada

Bundesliga Jerman sudah memasuki pekan pertama musim 2013/2014. Saat masa bursa transfer bergulir sang kandidat kuat juara, Bayern Muenchen, aktif dalam mendatangkan pemain baru. Salah satu pemain baru yang didatangkan adalah Mario Goetze. Goetze sebelumnya adalah pemain bintang milik rival Muenchen yaitu Borusia Dortmund. Walaupun ditinggal pemain bintangnya, banyak pihak yang memperkirakan Dortmund tidak terlalu mengalami banyak kerugian karena masih ada Lewandowski. Namun Dortmund bisa saja kekuatannya akan menurun. Pasalnya kepergian goetze tidak diantisipasi dengan pemain yang setara kualitasnya. Dortmund hanya mendatangkan pemain muda.

 Dengan kondisi ini Dortmund patut waspada dan benar-benar menyiapkan skuadnya supaya mampu bersaing di papan atas. Pasalnya ada fakta bahwa pemain bintang yang dibeli Muenchen dari rivalnya, akan membuat rivalnya tersebut terpuruk. Pertama pada tahun 1980-an, Monchengladbach merupakan salah satu rival. Namun Muenchen membeli penyerang andalannya Karl Del'Haye. Setelah itu memasuki era 90an hingga sekarang, pencapaian Monchengladbach naik turun. Bahkan, pernah beberpa kali hampir berada di zona degradasi.

Kedua, saat Muenchen membeli Michael Ballack dan Ze Roberto dari rival utamanya tahun 1997-2004 yaitu Bayern Leverkusen. Setelah itu mulai musim 2007/2008 Leverkusen hanya bisa bertengger di papan tengah hingga saat ini. Ketiga, ketika Weder Bremen menjadi pesaing kuat di musim 2005-2008, Muenchen membeli pemain bintang Bremen Miroslav Klose pada 2007. kualitas Bremen menjadi menurun dan hanya menjadi penghuni papan tengah bahkan papan bawah. Tragisnya, Bremen langsung kalah dua musim berturut-turut saat melawan klub-klub divisi bawah pada Babak I Piala Jerman.

Nah, kini Dortmund menjadi klub keempat yang menjadi rival dan pemain bintangnya dibeli Muenchen. Agar tidak terjadi penurunan kualitas tim, Dortmund harus bisa melahirkan lagi talenta berbakat atau mendatangkan pemain setara goetze dan Lewandowski. Semoga saja Dortmund tetap bisa konsisten menjadi salah satu raksasa Jerman dan kembali membuat kejutan di Eropa.

0 comments:

Posting Komentar

Silakan mengirimkan komentar yang sesuai dengan postingan diatas.
Kalau bisa jangan panggil saya "Pak/Om". Saya masih umur dibawah 25 kok dan belum married haha. Langsung panggil nama aja malah nggak papa, biar akrab hehe

Satu lagi, tolong berkomentar menggunakan nama pribadi. Jangan nama produk/bisnis/judul postingan artikel. Komentar menggunakan nama tersebut terpaksa akan saya hapus.

Komentar Terbaru

 
Copyright © . Brian Prasetyawan's Blog - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger