02 Maret 2013

Sesuaikan Jurusan Dengan Passion


Diawal tahun seperti ini, anak kelas 3 SMA sedang sibuk-sibuknya menyiapkan UAN dan satu lagi yang tidak kalah penting, memilih dan mendaftar ke perguruan tinggi. Ada yang sudah merencanakan dengan matang akan memilih kampus apa dan jurusan apa. Namun ada juga yang masih bingung untuk melanjutkan kuliah ke jurusan apa. Bagi mereka  yang bingung, biasanya mereka akan asal pilih jurusan,  mengikuti saran orang tua atau saudaranya, atau sekedar ikut-ikutan teman-temannya . Apapun jurusannya yang penting kuliah. Nah persepsi seperti itu yang harus dihilangkan. Tidak ada yang salah jika kita memilih suatu perguruan tinggi. Namun akan menjadi masalah jika kita salah memilih jurusan.

Ketika sudah memilih suatu jurusan, kita harus konsisten dan tanggung jawab untuk menjalani perkuliahan kurang lebih 4 tahun di jurusan itu hingga lulus. Jangan sampai dipertengahan masa kuliah kita menyesal dan merasa salah jurusan. Bagi yang merasa salah jurusan, itu dikarenakan mereka tidak dapat menikmati perkuliahannya sehingga merasa tidak cocok atau tidak suka dengan jurusan yang dipilihnya.

Maka, memilih jurusan harus melalui pertimbangan yang matang. Biasanya hal yang di pertimbangkan adalah kemampuan intelektual kita di bidang jurusan tersebut. Namun salah satu hal lain yang harus dipertimbangkan  adalah passion kita. Ketika kita akan menentukan jurusan apa yang akan dipilih, kita sebaiknya melakukan instropeksi diri. Kita pikirkan dan ingat-ingat, apa passionku ? Setiap orang memiliki passionnya masing-masing. Ada yang memiliki passion di bidang jurnalistik, sastra, keuangan, seni, sains, dan sebagainya. Passion itullah yang harus kita gali dan sadari. Setelah menyadarinya, kita sesuaikan dan pilih jurusan yang cocok dengan passion kita. Misalkan passion kita di bidang tulis-menulis, jurusan yang bisa diambil adalah sastra Indonesia atau jurnalistik.

 Tentu kita akan memiliki kepuasan tersendiri jika bisa kuliah di jurusan yang  sesuai dengan passionnya. Jika kita kuliah di jurusan yang sesuai dengan passion, betapa sulitnya kuliah yang dijalani, kita tetap akan menikmatinya dan justru akan berusaha mencapai hasil yang lebih baik.

Setelah lulus dari kuliah, kita akan memasuki dunia kerja. Dunia kerja lebih sulit daripada masa-masa kuliah. Tentu, bekerja sesuai dengan passion, akan mengatasi rasa sulit yang dialami dan kita tetap menikmati pekerjaan tersebut. Maka dari itu, sebaiknya kita sadari sejak awal untuk memilih jurusan sesuai passion sehingga saat memasuki dunia kerja nanti kita juga akan bekerja sesuai passion.

Raimundus Brian P
 Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar
 Universitas Katolik Atma Jaya

NB: tulisan ini pernah gw coba kirim ke okezone.com. Tapi ga lolos dimuat. jadi gw muat di blog gw aja hehe

0 comments:

Posting Komentar

Silakan mengirimkan komentar yang sesuai dengan postingan diatas.
Kalau bisa jangan panggil saya "Pak/Om". Saya masih umur dibawah 25 kok dan belum married haha. Langsung panggil nama aja malah nggak papa, biar akrab hehe

Satu lagi, tolong berkomentar menggunakan nama pribadi. Jangan nama produk/bisnis/judul postingan artikel. Komentar menggunakan nama tersebut terpaksa akan saya hapus.

Komentar Terbaru

 
Copyright © . Brian Prasetyawan's Blog - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger