05 Maret 2013

Kejutan Piala FA 2012/2013

Piala FA memiliki daya tarik tersendiri bagi penikmat sepak bola. Memang, jika dibandingkan dengan Liga Inggris, pamor Piala FA masih kalah saing . Namun sudah beberapa kali terjadi kejutan, ketika tim besar yang mengacu kepada tim premier league, bisa di imbangi atau bahkan dikalahkan oleh tim kecil yang bermain di divisi dibawahnya. Itulah daya tarik yang disuguhkan Piala FA. Fenomena ini memang bisa terjadi karena tim Premier League lebih sering menurunkan tim cadangan pada pertandingan Piala FA. Jika skuad lapis kedua tersebut kurang mumpuni, siap-siap saja menerima perlawanan sengit dari tim kecil, bahkan bisa hingga mengalami kekalahan. Semangat yang luar biasa dari tim kecil bisa mengalahkan prediksi keunggulan kepada tim besar.
Kejutan-kejutan seperti itu sudah berkali-kali terjadi di tiap penyelenggaraan Piala FA,termasuk juga pada musim 2012-2013 ini. Berikut ini para klub kecil yang mampu membunuh keperkasaan klub besar:

Brighton 2-0 Newcastle
Newcastle menjadi tim premer league pertama yang kalah oleh tim di divisi bawahnya dan tidak lolos ke babak selanjutnya di Piala FA musim ini. Tragisnya, Newcastle langsung kalah di babak ke 3 dimana tim premier league baru  memulai Piala FA. Brighton dari Championship division (divisi 2) yang membuat kejutan tersebut. Brighton juga membuat Arsenal tidak mudah lolos ke babak perdelapan final. Walaupun menang 3-2, Arsenal baru bisa memastikan kemenangan di injury time babak kedua.

 Millwall  2-1 Aston villa
Aston Villa menjadi klub pertama premier league yang kalah di babak ke 4 Piala FA. Adalah Millwall, tim Championship Division, berhasil kalahkan Aston Villa. The Villans pun harus mengubur harapan untuk lolos ke Perdelapan Final.

 Brentford 2-2 Chelsea
Chelsea memang masih beruntung tidak kalah dari Brentforfd di babak 4. Namun Chelsea merupakan klub papan atas premier league dan juga sang juara bertahan. Diatas kertas tentu sudah seharusnya Chelsea menang atas tim yang hanya bermain di divisi 3 tersebut. Namun siapa sangka, Brentford mampu menghadirkan perlawanan sengit hingga memaksa Chelea harus bersusah payah menahan imbang Brentford.


 Oldham 3-2 Liverpool
Inilah pertandingan yang jauh diluar dugaan. Hasil pertandingan ini yang paling mengejutkan. Oldham, sebuah klub papan bawah Divisi League One (divisi 3), mengalahkan klub besar Liverpool di babak 4. Padahal sebelumnya di Piala Liga, Liverpool kalahkan Oldham 5-0. Namun skuad lapis kedua Liverpool ternyata belum mampu mengalahkan Oldham. Lebih mengejutkan lagi, Oldham langsung mencetak gol pertama di menit kedua.

 Leeds 2-1 Totenham
Totenham kalah dari Leeds United, 1-2 di babak ke 4. Leeds merupakan tim Championship Division ( divisi 2). Turun bukan dengan skuad terbaiknya, The Lily white harus membayar mahal karena harus tersingkir oleh klub yang pernah mempunyai nama besar itu

Queens Park Rangers (QPR) 2-4 Milton Keynes Dons
QPR memang berada di zona degradasi. Namun QPR tetaplah salah satu dari anggota klub kasta tertinggi Inggris. Milton Keynes Dons hanyalah klub liga kasta ke 3, namun mampu membantai QPR 4-2. Padahal laga ini dilaksanakan di kandang QPR.

Norwich 0-1 Luton
Sejarah di torehkan Luton. Luton menjadi klub non-liga pertama dalam 24 tahun yang bisa mengalahkan klub Premier Leauge. Terakhir kali terjadi pada 1989, saat sutton mengalahkan Conventry. Klub yang berasal dari divisi Conference National ini mengalahkan Norwich city. Dalam tingkatan kasta kompetisi di Inggris, Conference National merupakan tingkat ke 5.


Raimundus Brian Prasetyawan
Jati Melati - Bekasi

NB: Tulisan ini pernah dikirim ke Tabloid Bola. Namun sepertinya ga lolos dimuat. Jadi gw muat di blog gw aja hehe

0 comments:

Posting Komentar

Silakan mengirimkan komentar yang sesuai dengan postingan diatas.
Kalau bisa jangan panggil saya "Pak/Om". Saya masih umur dibawah 25 kok dan belum married haha. Langsung panggil nama aja malah nggak papa, biar akrab hehe

Satu lagi, tolong berkomentar menggunakan nama pribadi. Jangan nama produk/bisnis/judul postingan artikel. Komentar menggunakan nama tersebut terpaksa akan saya hapus.

Komentar Terbaru

 
Copyright © . Brian Prasetyawan's Blog - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger