18 Maret 2013

Harmonisasi Seni dan Teknologi untuk Kemajuan Masa Depan Bangsa

IT Contest - ITS Expo

Sekarang ini teknologi sudah dekat dengan kehidupan kita. Berbagai sektor  tak lepas dari teknologi termasuk sektor pendidikan. Kegiatan belajar mengajar kini dapat terbantu dengan menggunakan teknologi komputer dan Internet. Guru dan siswa dapat memperoleh ilmu dan pengetahuan secara mudah dan lengkap melalui Internet. Pembelajaran juga lebih menarik jika Guru menggunakan media komputer.

Lebih jauh, pemanfaatan Internet bisa digunakan sebagai sistem informasi kelas atau sekolah. Pihak sekolah atau guru dapat menggunakan blog yang praktis dan gratis tentunya. Selain memposting pengetahuan, rangkuman materi pelajaran, atau soal-soal tugas, blog dapat dimanfaatkan untuk menampilkan nilai-nilai dan absensi siswa sehingga orang tua siswa bisa mengontrol anaknya.

Saat ini guru dan siswa juga tidak hanya sekedar menggunakan teknologi tapi dapat menciptakan teknologi. Dimulai dari tingkat sekolah, anak-anak dibimbing untuk menciptakan suatu teknologi yang berguna. Kita banyak mendengar anak-anak SMA menciptakan berbagai teknologi seperti robot, mobil irit bahan bakar, bahan bakar alternatif, pembangkit listrik alternatif.  Begitu juga guru, banyak yang mampu membuat software pendidikan. Ya ini adalah langkah bagus untuk mencapai kemajuan di masa depan.

Dalam penciptaan teknologi diperlukan juga seni. Seni berkaitan dalam hal inspirasi, kreativitas, dan keindahan sebuah teknologi. Seni menjadikan teknologi menjadi lebih humanis. Sebut saja dalam penciptaan mobil irit bahan bakar. Seni turut berperan dalam proses desain interior maupun eksterior mobil. Perlu kreativitas untuk mendesainnya. Keindahan desain juga membuat orang lebih tertarik terhadap mobil tersebut.

Pelestarian kesenian juga dapat memanfaatkan teknologi, seperti yang dilakukan bapak joko triono seorang guru di SMAN 1 Prembun, Kebumen, Jawa Tengah. Ia menciptakan software gamelan. Tentu ini menarik anak-anak untuk mau mempelajari alat musik jawa tersebut.

Ya.. jadi Seni dan Teknologi merupakan dua hal yang tak bisa terpisahkan. Teknologi butuh seni, seni butuh juga teknologi. Harmonisasi seni dan teknologi tentu membuahkan kemajuan di masa depan.

0 comments:

Posting Komentar

Silakan mengirimkan komentar yang sesuai dengan postingan diatas.
Kalau bisa jangan panggil saya "Pak/Om". Saya masih umur dibawah 25 kok dan belum married haha. Langsung panggil nama aja malah nggak papa, biar akrab hehe

Satu lagi, tolong berkomentar menggunakan nama pribadi. Jangan nama produk/bisnis/judul postingan artikel. Komentar menggunakan nama tersebut terpaksa akan saya hapus.

Komentar Terbaru

 
Copyright © . Brian Prasetyawan's Blog - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger