01 Februari 2013

Klub-Klub Eropa Datang Ke Indonesia

Berita gembira datang dari PSSI. Dikabarkan 5 klub Eropa akan datang ke Indonesia di pertengahan tahun ini.  Tidak tanggung-tanggung, kelima klub tersebut merupakan klub besar yaitu Juventus, AS Roma, Liverpool, Hamburg, dan Arsenal.  Waw… pecinta sepakbola di Indonesia tentu senang dan bangga akan kehadiran klub-klub elite tersebut. Tentu harapannya rencana ini benar-benar terlaksana. Indonesia harus benar-benar siap untuk menyambut kedatangan mereka nanti. Jangan sampai terjadi kejadian seperti batalnya Manchester United ke Indonesia beberapa tahun yang lalu.

Memang, beberapa tahun belakangan ini Indonesia menjadi lebih sering kedatangan klub-klub dari luar negeri. Bayern Muenchen, Borrusia Dortmund, Inter Milan, LA Galaxy, Valencia, dan Queen Park Rangers pernah mampir ke negeri kita ini.  Tentu klub-klub tersebut bukan tanpa alasan untuk jauh-jauh datang ke Indonesia. Apakah mereka datang dengan maksud untuk melakoni Uji Coba melawan Indonesia ? Ya memang mereka akan melawan Indonesia atau klub lokal namun bukan itu tujuan utamanya. Jika untuk sekedar menjadi lawan uji coba, klub-klub besar itu bisa saja mendatangi negara yang berperingkat FIFA lebih tinggi dari Indonesia.

Dahulu di era 80-90an Indonesia juga sering kedatangan Klub-klub besar dari Amerika maupun Eropa. Saat itu tujuannya memang untuk berlatih-tanding, karena kekuatan sepakbola Indonesia saat itu sedang hebat-hebatnya. Bahkan menjadi macan Asia pada jaman tersebut. Hal itu yang membuat klub-klub luar negeri tertarik berujicoba melawan Indonesia

Sekarang jamannya sudah berbeda, tujuannya pun berbeda pula. Faktor bisnis dan ekonomi menjadi alasan utama klub-klub tersebut rela datang ke Indonesia. Beberapa tahun belakangan ini juga klub-klub  Eropa memang tengah menjangkau pasar Asia dan Amerika. Beberapa negara tetangga kita di Asia Tenggara seperti Malaysia, Thailand, dan Singapura juga beberapa kali menjadi destinasi tujuan klub Eropa.

Indonesia pun juga tidak ketinggalan untuk di datangi Klub Eropa. Fanatisme dan kecintaan rakyat Indonesia terhadap sepakbola cukup dikenal di dunia. Dengan jumlah penduduk lebih dari 200 juta jiwa, Indonesia menjadi pangsa pasar yang sangat potensial dan tentu tidak bisa ditolak klub-klub benua biru tersebut..
Fanatisme rakyat Indonesia terhadap klub Eropa ditunjukkan dengan banyak bermunculan berbagai fans klub-klub Eropa. Beberapa diantaranya bahkan sudah memiliki lisensi resmi langsung dari klub yang bersangkutan. Anggotanya pun tersebar di seantreo negeri ini. Menyadari hal itu, Klub Eropa akhirnya menaruh perhatian terhadap Indonesia. Pendekatan klub Eropa kepada fansnya di Indonesia diharapkan dapat mendongkrak penjualan merchandise klub.  Selain itu, kedatangan klub Eropa juga bertujuan untuk memperluas pasar pemirsa Liga klub tersebut, seperti yang dilakukan Dortmund. Klub Jerman itu datang ke Indonesia untuk menjangkau pasar pemirsa Bundesliga di Indonesia

Rencana kedatangan 5 klub Eropa ke Indonesia tersebut pun sepertinya juga tidak jauh dari tujuan ekonomi tersebut. Namun apapun alasannya, tetap saja rakyat Indonesia akan terhibur atas kehadiran klub-klub tersebut.

Melihat fenomena klub-klub besar yang antri ke Indonesia, menandakan supporter dan fans di Indonesia layak diperhitungkan di dunia. Selain bersaing dalam pertandingan sepakbola, Indonesia juga bersaing dengan negara-negara di Asia lainnya dalam menarik perhatian klub Eropa untuk datang. 

 Raimundus Brian Prasetyawan
Mahasiswa Universitas Katolik Atma Jaya, Jakarta

0 comments:

Posting Komentar

Silakan mengirimkan komentar yang sesuai dengan postingan diatas.
Kalau bisa jangan panggil saya "Pak/Om". Saya masih umur dibawah 25 kok dan belum married haha. Langsung panggil nama aja malah nggak papa, biar akrab hehe

Satu lagi, tolong berkomentar menggunakan nama pribadi. Jangan nama produk/bisnis/judul postingan artikel. Komentar menggunakan nama tersebut terpaksa akan saya hapus.

Komentar Terbaru

 
Copyright © . Brian Prasetyawan's Blog - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger