24 Februari 2013

Hasil Liga Inggris 2012/2013: Manchester City vs Chelsea: 2-0

- 0 comments
Sangat disayangkan, Chelsea kalah 0-2 dari Man City. Faktor tuan rumah sepertinya berpengaruh pada  kemenangan Man City.

Selama babak pertama, Man City lebih agresif. Pertahanan Chelsea terus digempur. Namun Cech menunjukkan performa yang sangat bagus. Sesekali Chelsea juga menyerang, tapi kurang membahayakan gawang tuan rumah

Dibabak kedua Chelsea seharusnya bisa mencetak gol pertama jika seandainya tendangan penalti Lampard tidak di gagalkan oleh Joe Hart. gol pertama tercipta oleh Man City pada menit ke 63. Yaya Toure menerima umpan dari Silva. Teknik tendangan yang baik dari Yaya Toure, berhasil menjebol gawang The Blues. Bola masuk ke pojok kiri gawang Cech.
The Citizens kembali mencetak gol lewat tendangan spektakuler Tevez dari luar kotak penalti di menit ke 85.
Hasil ini membuat Man City tetap di peringkat 2, menjauh 6 poin dari Chelsea di peringkat 3

.
[Continue reading...]

Tweetku di Tabloid Bola

- 0 comments
Sebelum ngirim2 artikel, gw awalnya coba kirim komentar lewat twitter ke Tabloid Bola. Tweet gw ke Bola itu juga menjadi awal mulai aktifnya gw di twitter. Pertama kali gw ngirim tweet ternyata langsung dimuat. Seneng juga gw. Setelah itu gw mulai rajin deh ngirim tweet ke Bola.
Tapi sayangnya gw gak selalu beli Tabloidnya ketika gw cek, tweetnya muncul. Maklum kantong mahasiswa seret hehe. Tapi kalo pas artikel gw dimuat, pasti gw beli tabloidnya.
Walaupun tweet  maksimal 160 karakter saja, tapi tetep komentar gw ada yang di edit kata-katanya. Gw sih ga mempermasalahkan, inti maksudnya tetep sama kok.
Gw ya cukup puas aja untuk sekedar tau tweet gw dimuat. Karena itu gw mau mengarsipkan tweet-tweet gw yang berhasil dimuat di Tabloid Bola.

1

Bola edisi 26-27 Januari  

2
 Bola edisi 28-30 Januari


3

Bola edisi 2-3 Februari 2013


4

Bola Edisi  18-20 Februari 2013


5
Bola edisi 21-22 Februari 2013

6
 Bola edisi 25-27 Februari 2013


7


Bola Edisi 30-31 Maret 2013


8


Bola Edisi 6-7 April 2013


9
 Bola Edisi 8-10 April 2013


10
 Bola Edisi 20-21 April 2013

11
Bola Edisi 3-5 Juni 2013
[Continue reading...]

Arsenal Butuh Sosok Pemimpin

- 0 comments
Arsenal masih belum lepas dari masa sulitnya. Kekalahan 3 kali berturut-turut dialami klub asal London ini. Muenchen menjadi klub ketiga yang mengalahkan Arsenal setelah Sunderland dan Blackburn. Kini sementara Arsenal berada di peringkat 5 Liga Inggris. Terlempar dari the big four. Skuad yang hampir semuanya diisi pemain muda yang kurang jam terbang menjadi penyebabnya.

Memang dari dulu The Gunners dikenal dengan skuad mudanya. Namun dahulu kekuatan Arsenal lebih top dibanding sekarang. Saya melihat yang membedakannya adalah saat ini Arsenal belum mempunyai sosok pemimpin yang berpengaruh di skuadnya. Sekitar 5-8 tahun lalu The Gunners memiliki Thierry Henry. Pemain asal Prancis tersebut berhasil menjadi kapten yang pas bagi skuad muda Arsene Wenger. Satu lagi, Arsenal butuh perpaduan antara pemain senior yang kaya pengalaman dengan pemain muda.
Pemain muda sekarang terlalu memenuhi mayoritas skuad Arsenal. Tak cukup bagi Arsenal untuk berprestasi lebih tinggi jika hanya sekedar mengandalkan pemain muda saja.
Raimundus Brian P

NB: Tulisan ini pernah gw kirim ke Tabloid Bola. Tapi sepertinya belum beruntung untuk dimuat hehe
[Continue reading...]

22 Februari 2013

Artikelku yang Pernah Dikirim ke Media Massa

- 0 comments
Postingan ini berisi kumpulan tulisan-tulisan gw yang pernah gw coba kirim ke media massa namun tidak berhasil dimuat. Walaupun begitu, sayang kalau tulisan -tulisan gw ini tercecer. Jadi gw arsipkan juga tulisan-tulisan gw ini.

1. Jakarta Bisa Bebas Banjir

2. Kegiatan Magang

3. Kejutan Piala FA

4. Sesuaikan Jurusan Dengan Passion

5. Tolak Godaan Narkoba 

6. Arsenal Butuh Sosok Pemimpin

7. Klub-klub Eropa Datang Ke Indonesia

8. Harapan Untuk New Timnas

9. Persoalan Pelatih Timnas

10. Mental Juara Barcelona

11. Ilham Jaya Kesuma

Untuk tulisan-tulisan gw yang berhasil dimuat di Media Cetak, ada disini
[Continue reading...]

21 Februari 2013

Tulisanku yang Dimuat di Koran/Tabloid/Media Online

- 2 comments
Diawal tahun 2013 ini gw lagi seneng-senengnya ngirim tulisan ke media cetak. Lebih banyak ke Tabloid bola sih. Dan yang bikin lebih seneng lagi tulisan gw ada dimuat. Terinspirasi dari bung Eko,  gw juga mau mengarsipkan tulisan gw yang berhasil di muat di media massa lewat postingan ini

1. Emmanuel De Poras. 
Rubrik Olepedia. Tabloid bola 4-6 Feburari 2013

2. Efek Pembentukan Badan Tim Nasional
Rubrik Ola-Ole. Tabloid Bola 18-20 Februari 2013

3. Menanti Kongres PSSI
Rubrik Ola-Ole Tabloid Bola  11-13 Maret 2013

4. Lesatan Sociedad
Rubrik Rumah Suporter Tabloid Bola 23-24 Maret 2013

5. Timnas Butuh Laga Uji Coba
Rubrik Ola Ole Tabloid Bola 1-3 April 2013

6. Klub Harus Lebih Kreatif Dalam berbisnis
Rubrik Oposan Tabloid Bola 11-12 April 2013

7. Kenji Adachihara
Rubrik Olepedia Tabloid Bola 15-17 April 2013

8. Gebrakan Vitesse
Rubrik Surat Pembaca Tabloid Soccer 27 April 2013

9. Stadion Untuk Tim Musafir
Rubrik Ola Ole Tabloid Bola 29 April-1 Mei 2013

10. Menanti Kepulangan Mou
Rubrik Rumah Supporter Tabloid Bola 18-19 Mei 2013

11. Kejutan Monaco
Rubrik Suara Tifosi Tabloid Bola 3-5 Juni 2013

12. Hati-Hati Jerman
Rubrik Forum Pembaca Harian Bola 12 Juni 2013

13. Kesiapan Indonesia XI
Rubrik Forum Pembaca Harian Bola 20 Juli 2013

14 Masalah Mental dan Stamina Timnas 
Rubrik Surat Pembaca Tabloid Soccer 25 Juli 2013

15 Penampilan Memuaskan Indonesia XI
 Rubrik Forum Pembaca Harian Bola 25 Juli 2013

16 Catatan dari Gothia Cup
 Rubrik Suara Tifosi Tabloid Bola 25-31 Juli 2013

17 Kebangkitan Indonesia di Kejuaraan Dunia
Rubrik Suara Tifosi.  Tabloid Bola 15-21 Agustus 2013

18 Skuat Apik Fiorentina
Rubrik Forum Pembaca, Harian Bola 15 Agustus 2013

19 Ironi Weder Bremen
Rubrik Surat Pembaca Tabloid Soccer 15 Agustus 2013

20 Generasi Emas Timnas U-19
 Rubrik Forum Pembaca Harian Bola 19 September 2013

21 Timnas U-19 Juara
Rubrik Forum Pembaca Tabloid Bola 26 September - 2 Oktober 2013

22 Kembalinya The Big Four
Tabloid Soccer Rubrik Surat Pembaca edisi 19 Oktober 2013

23 Tolak Ukur Kemampuan Menulis
Rubrik Argumentasi Kompas Kampus Harian Kompas edisi 24 Desember 2013

24 Jokowi di 2014
 Rubrik Forum, E-paper Kompas Siang edisi  2 Januari 2014

25 Menatap 2014
Rubrik Suara Tifosi Tabloid Bola Edisi 4 Januari 2014

26 Kiprah Sunderland
Rubrik Forum Pembaca Harian Bola edisi 26 Januari 2014

27 Drama EPL
 Rubrik Forum Pembaca Harian Bola edisi 15-16 Februari 2014

28 Belajar Dari Murid (Resensi)
Rubrik Pustaka Harian Kedaulatan Rakyat 30 Maret 2014

29. Mencari Pelatih Yang Tepat
Rubrik Suara Tifosi Mingguan Bola 8-14 Mei 2014  

30. Selamat Berjuang Di Piala Thomas dan Uber
 Rubrik Forum Pembaca Harian Bola 14 Mei 2014

31. Prediksi Pencapaian Atletico di Liga BBVA
Rubrik Surat Pembaca Tabloid Soccer 17 Mei 2014

32. Gebrakan Riedl
 Rubrik Suara Tifosi Mingguan Bola 15-21 Mei 2014

33.  Kejutan Salah
Rubrik Forum Pembaca Harian Bola 9 Maret 2015

34. Ketika Timor Leste Menyalip Indonesia
Rubrik Opini Publik Harian Bola 14 April 2015

35. Menahan Diri dengan Tombol Share
Rubrik Forum Harian Media Indonesia 17 Januari 2017

36. Mendekatkan Anak pada Bahan Bacaan yang Menarik
Rubrik Citizen Journalism Harian Warta Kota 6 Maret 2017


MEDIA ONLINE

1 Mencipta Buku Setahun Satu
Liputan6.com rubrik Citizen6 23 Desember 2013

2. Peran Orang Tua Melahirkan Generasi Peduli Lingkungan
lomba esai go green kabarkampus.com 13 April 2014 (ditulis bersama @adribambang20)

3. Memahami Anak Melalui Pola Pikir Anak (Resensi)
Rubrik Resensi indoleader.com 21 April 2014

4. Menyadari Betapa Hebatnya Indonesia di Masa Lampau (Resensi)
wisata-buku.com 21 April 2014

5 Mengintip Sisi Lain Pariwisata Indonesia (Resensi)
Rubrik Resensi indoleader.com 21 Mei 2014

6. Kesungguhan Meraih Sukses dengan Tidak Melupakan Sesama (Resensi)
wisata-buku.com November 2014

7. Berjuang Menjalani Hidup Dijalur Yang Benar (Resensi)
indoleader.com November 2014

8. Bukan Sekadar Mengobati Pasien (Resensi)
wisata-buku.com Mei 2015

9. Keliling Dunia, Jangan Hanya Mimpi (Rersensi)
wisata-buku Mei 2015

10. Lebih dari Sekadar Ironi Hilang Ingatan (Resensi)
bacasaja.com 5 April 2016

11. Menyisir Kawasan Wisata Yogya (Travel Story)
sportourism.id 3 Januari 2017
[Continue reading...]

Efek Pembentukan Badan Tim Nasional

- 0 comments
Ini tulisan kedua gw yang berhasil dimuat di media massa tepatya di Tabloid Bola pada rubrik Ola-Ole. Tentu gw seneng banget. Untuk kedua kalinya tulisan gw di muat. Semoga ada lagi tulisan gw yang dimuat.
Tulisan gw mengenai Badan Tim Nasional (BTN). Ini tulisan aslinya, tentu setelah dimuat ada beberapa bagian yang sudah diedit oleh redaksinya. berikut ini ulasannya:

Melihat performa timnas yang kurang memuaskan di dua laga terakhir yang berujung merosotnya peringkat FIFA, serta berbagai permasalahan lain di timnas, Ketua PSSI Djohar Arifin mengeluarkan kebijakan untuk membentuk Badan Tim Nasional (BTN). Dengan adanya BTN, diharapkan timnas dapat diisi oleh pemain-pemain terbaik dari IPL dan ISL serta dapat menyelesaikan masalah lain seperti tunggakan gaji. Menpora Roy Suryo pun mendukung adanya BTN. Namun disisi lain kebijakan ini justru membuat adanya perpecahan di kubu PSSI sendiri. Komite eksekutif PSSI tidak setuju dengan dibentuknya BTN. Alasannya, pembentukan BTN belum melalui persetujuan EXCO.
Pembentukkan BTN seharusnya melalui proses yang sesuai, yaitu melalui persetujuan Exco. Jika tidak sesuai sebaiknnya jangan dipaksakan untuk dibentuk atau sebaiknya lakukan prosedur yang seharusnya. Masyarakat sudah jenuh dengan konflik antara PSSI dan KPSI. jangan sampai kebijakan yang tujuannya baik itu malah membuat perpecahan baru di tubuh PSSI. 

Raimundus Brian P
Jatimelati - Bekasi


[Continue reading...]

19 Februari 2013

Jakarta Bisa Bebas Banjir

- 0 comments
Jakarta mungkin saja bisa bebas banjir. Namun untuk mencapainya perlu tahapan, tidak bisa langsung bisa bebas banjir begitu saja. Dari tahun ke tahun setidaknya titik-titik lokasi banjir berkurang. Untuk itu perlu tindakan dari pemerintah maupun masyarakat. Pemerintah telah memiliki berbagai rencana untuk menanggulangi banjir. Mulai dari normalisasi sungai dan situ, pembangunan deep tunnel, waduk ciawi,  sodetan sungai ciliwung ke banjir kanal timur, dan  sumur resapan yang harus untuk tiap gedung. Masyarakat pun harus
berpartisipasi dengan membiasakan budaya tidak membuang sampah ke sungai. Bagi warga yang tinggal di bantaran kali, sebaiknya mau direlokasi ke rusun yang  telah disediakan pemerintah.


Raimundus Brian Prasetyawan
Unika Atma Jaya, Jakarta

NB: tulisan ini pernah gw kirim ke Republika. Tapi gak lolos dimuat. Jadi gw posting di blog aja hehe
[Continue reading...]

Kegiatan Magang

- 0 comments

Kegiatan magang sangat bermanfaat bagi mahasiswa. Teori dan pengetahuan yang didapat dalam perkuliahan dapat diterapkan dalam kegiatan magang. Beberapa mahasiswa mungkin ada yang merasa mengambil jurusan yang tidak sesuai dengan pasionnya. Maka magang juga dapat berguna untuk menyalurkan kemampuan yang menjadi pasion mahasiswa tersebut. Pengalaman merasakan atmosfer lapangan kerja tentu tidak ditemui mahasiswa di kegiatan perkuliahan. Untuk mendapatkan pengalaman tersebut mahasiswa bisa mencoba untuk magang.

Jumlah gaji bukan hal terpenting yang ingin didapatkan dari magang. Jadi kita tidak perlu terlalu selektif memilih tempat magang hanya karena memperhitungkan jumlah gaji. Pengalamanlah yang  paling penting. Untuk menghadapi dunia kerja nanti, mental kita juga akan lebih siap karena pernah mengalaminya dan belajar dari pengalaman magang. Menghadapi tekanan dan berelasi dengan teman kerja bisa mulai dirasakan di kegiatan magang, sehingga saat berada di dunia kerja nanti kita bisa cepat menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja kita tersebut.
Supaya tidak berbenturan dengan jadwal kuliah, kegiatan magang dapat dilakukan saat liburan semester atau libur panjang lainnya.
Jadi jika ada waktu dan kesempatan, tidak ada salahnya untuk mencoba menjalani kegiatan magang.

Raimundus Brian P
Jurusan PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS KATOLIK ATMA JAYA, JAKARTA

NB: tulisan ini pernah gw kirim ke kompas. Tapi ga lolos dimuat. Jadi gw posting aja di blog gw hehehe


[Continue reading...]

Senang Berbahasa Daerah

- 2 comments
Sekarang ini bahasa daerah lebih sering digunakan di daerah yang bersangkutan. Jika di kota besar seperti Jakarta sepertinya sudah jarang terdengar. Saya juga tinggal di kota (pinggir kota Jakarta tepatnya) dan memang saya kurang fasih menggunakan bahasa daerah saya, Jawa. Walaupun begitu saya tetap berusaha bisa ngomong jawa sedikit-sedikit. Saya kurang bisa bahasa jawa tapi lumayan ngerti kalau ada orang ngomong pake bahasa jawa. Saya suka ketika mendengar orang-orang ngomong bahasa jawa ,malah gatau kenapa rasanya seneng aja dengerinnya. Tapi kalau bahasa jawanya alus atau diucapkan cepet banget (kayak Nunung di Opera Van Java) saya juga bingung apa artinya hehe

Di lingkungan keluarga saya sesekali pake bahasa jawa. Orang tua sering ngomong ke saya pake bahasa jawa. Saya pun ga mau kalah dan membalasnya pake bahasa jawa juga. Tapi nggak jarang juga saya membalasnya pake bahasa indonesia karena ga ngerti ngucapin bahasa jawanya hehe.

Selain dengan orang tua, kadang saya  ngomong jawa juga sama pacar, kebetulan dia dari jawa juga. Pernah smsan saling bales pake bahasa jawa.
Saya juga ngomong jawa sama temen-temen di kampus. Tapi lucunya temen saya mencampur bahasa jawa dengan indonesia. Ora ono jadinya Ora ada (tidak ada). Ora iso jadinya Ora bisa (tidak bisa). Hehe ada-ada aja. Saya jadinya malah ikut-ikutan pake bahasa itu.
Tapi kalau di kampus bahasa flores lebih dominan. Teman dan kakak angkatan lebih banyak dari flores sehingga saya pun kadang kalo ngomong cepet seperti berlogat flores gitu hehe.

Saya juga seneng kalo nonton Opera Van Java nunung mulai pake bahasa jawa dan ngomongnnya cepet. Apalagi sekarang ada Desta yang bisa ngomong jawa juga. Dan lucunya Sule cuma bisa ngomong ojo (jangan), ora papa (tidak apa-apa), tak kandani (saya kasih tahu), ojo ngesu (jangan marah). Tapi suatu saat Sule juga ngomong sunda. Seneng juga saya dengernya. Saya juga dikit-dikit ngerti bahasa sunda karena dari SD sampai SMA belajar bahasa sunda he.

Ya sebagai generasi muda kita patut melestarikan pemakaian bahasa daerah sehingga di masa mendatang bahasa daerah tidak punah. Kalau bukan kita, siapa lagi ?

Postingan ini diikutsertakan di Aku Cinta Bahasa Daerah Giveaway

[Continue reading...]

10 Februari 2013

Emmanuel De Poras

- 0 comments
Emanuel De Poras, bermain di Liga Indonesia pada tahun 2004 sampai 2006. Saat itu pecinta sepak bola Indonesia tentu tidak asing dengan namanya karena dia merupakan andalan di dua klub besar saat itu Persija dan PSIS. De Poras memperkuat Persija tahun 2004 dan PSIS musim 2006/2006. Dia memang striker yang cukup berbahaya, total 39 gol ia torehkan saat bersama Persija dan PSIS.

Striker asal Argentina itu pun membawa Persija dia mencapai Juara 3 Divisi Utama. Bersama PSIS dia mencapai  juara 3 Divisi Utama Liga Indonesia 2005 dan runner Up 2006.

Hanya semusim dia bersama PSIS, kemudian pindah ke klub Italia yang saat itu bermain di Serie C2, Benevento Calcio.
Pemain kelahiran 16 Oktober 1981 ini pernah kembali ke Indonesia memperkuat Jakarta FC, klub Liga Primer Indonesia. Namanya sudah tidak setenar saat masa jayanya bersama Persija dan PSIS. Setelah bermain semusim, dia pindah ke Argentina.
Kini pemain berpostur tinggi 178 cm itu bermain di Liga Malaysia bersama klub  Negeri Sembilan FA.

NB: tulisan ini dimuat di rubrik Olepedia, Tabloid Bola edisi 4-6 Februari 2013 :)  



[Continue reading...]

Tulisanku dimuat Untuk Pertama Kalinya Di Media Cetak

- 2 comments
Harusnya ini gw tulis dari hampir seminggu lalu. Tapi gak papa, daripada gak sama sekali.

Senin 4 Februari, gw ke kampus. Sampe kampus gw mampir dulu ke tukang koran. Gw mau liat-liat isi tabloid Bola dulu, ngecek apakah komen twitter gw dimuat atau gak. Ternyata gak. Tumben, biasanya dimuat karena 4 kali edisi berturut-turut twitter gw dimuat. Yaudah gpp. Trus gw lanjut liat-liat rubrik yang lain. Di rubrik Olepedia, gw deg-degan. Gw baca judul tulisannya Emmanuel De Porras. Gw liat nama penulis artikelnya Raimundus Brian P. Anjirrrr seneng banget gw !. Ternyata tulisan gw yang dimuat di rubrik itu ! Bener-bener hari bersejarah. Untuk pertama kalinya tulisan gw di muat media massa. Memang sebelumnya tulisan twitter gw beberapa kali dimuat tapi itu sekedar komen singkat. Kalo yang ini lebih Prestisius.

Tangan gw sampe gemeteran megang tabloidnya, deg-degan gak nyangka gw. Langsung gw beli tu tabloid Bola.

 Itu tulisan udah gw kirim 2 minggu sebelumnya kayaknya. Seminggu pertama langsung gw rutin cek apakah tulisan gw dimuat. Ternyata gak. Jadinya seminggu kedua ini gw kurang semangat ngecek. Tapi  walaupun karena tetep ngecek dengan tanpa harapan, eh malah harapan gw terwujud. Ya memang kesalahan gw sebagai penulis pemula, terlalu cepat ingin mendapatkan hasilnya. Seharusnya bersabar menunggu hasilnya.

Tulisan gw tersebut bisa dilihat disini
[Continue reading...]

01 Februari 2013

Klub-Klub Eropa Datang Ke Indonesia

- 0 comments
Berita gembira datang dari PSSI. Dikabarkan 5 klub Eropa akan datang ke Indonesia di pertengahan tahun ini.  Tidak tanggung-tanggung, kelima klub tersebut merupakan klub besar yaitu Juventus, AS Roma, Liverpool, Hamburg, dan Arsenal.  Waw… pecinta sepakbola di Indonesia tentu senang dan bangga akan kehadiran klub-klub elite tersebut. Tentu harapannya rencana ini benar-benar terlaksana. Indonesia harus benar-benar siap untuk menyambut kedatangan mereka nanti. Jangan sampai terjadi kejadian seperti batalnya Manchester United ke Indonesia beberapa tahun yang lalu.

Memang, beberapa tahun belakangan ini Indonesia menjadi lebih sering kedatangan klub-klub dari luar negeri. Bayern Muenchen, Borrusia Dortmund, Inter Milan, LA Galaxy, Valencia, dan Queen Park Rangers pernah mampir ke negeri kita ini.  Tentu klub-klub tersebut bukan tanpa alasan untuk jauh-jauh datang ke Indonesia. Apakah mereka datang dengan maksud untuk melakoni Uji Coba melawan Indonesia ? Ya memang mereka akan melawan Indonesia atau klub lokal namun bukan itu tujuan utamanya. Jika untuk sekedar menjadi lawan uji coba, klub-klub besar itu bisa saja mendatangi negara yang berperingkat FIFA lebih tinggi dari Indonesia.

Dahulu di era 80-90an Indonesia juga sering kedatangan Klub-klub besar dari Amerika maupun Eropa. Saat itu tujuannya memang untuk berlatih-tanding, karena kekuatan sepakbola Indonesia saat itu sedang hebat-hebatnya. Bahkan menjadi macan Asia pada jaman tersebut. Hal itu yang membuat klub-klub luar negeri tertarik berujicoba melawan Indonesia

Sekarang jamannya sudah berbeda, tujuannya pun berbeda pula. Faktor bisnis dan ekonomi menjadi alasan utama klub-klub tersebut rela datang ke Indonesia. Beberapa tahun belakangan ini juga klub-klub  Eropa memang tengah menjangkau pasar Asia dan Amerika. Beberapa negara tetangga kita di Asia Tenggara seperti Malaysia, Thailand, dan Singapura juga beberapa kali menjadi destinasi tujuan klub Eropa.

Indonesia pun juga tidak ketinggalan untuk di datangi Klub Eropa. Fanatisme dan kecintaan rakyat Indonesia terhadap sepakbola cukup dikenal di dunia. Dengan jumlah penduduk lebih dari 200 juta jiwa, Indonesia menjadi pangsa pasar yang sangat potensial dan tentu tidak bisa ditolak klub-klub benua biru tersebut..
Fanatisme rakyat Indonesia terhadap klub Eropa ditunjukkan dengan banyak bermunculan berbagai fans klub-klub Eropa. Beberapa diantaranya bahkan sudah memiliki lisensi resmi langsung dari klub yang bersangkutan. Anggotanya pun tersebar di seantreo negeri ini. Menyadari hal itu, Klub Eropa akhirnya menaruh perhatian terhadap Indonesia. Pendekatan klub Eropa kepada fansnya di Indonesia diharapkan dapat mendongkrak penjualan merchandise klub.  Selain itu, kedatangan klub Eropa juga bertujuan untuk memperluas pasar pemirsa Liga klub tersebut, seperti yang dilakukan Dortmund. Klub Jerman itu datang ke Indonesia untuk menjangkau pasar pemirsa Bundesliga di Indonesia

Rencana kedatangan 5 klub Eropa ke Indonesia tersebut pun sepertinya juga tidak jauh dari tujuan ekonomi tersebut. Namun apapun alasannya, tetap saja rakyat Indonesia akan terhibur atas kehadiran klub-klub tersebut.

Melihat fenomena klub-klub besar yang antri ke Indonesia, menandakan supporter dan fans di Indonesia layak diperhitungkan di dunia. Selain bersaing dalam pertandingan sepakbola, Indonesia juga bersaing dengan negara-negara di Asia lainnya dalam menarik perhatian klub Eropa untuk datang. 

 Raimundus Brian Prasetyawan
Mahasiswa Universitas Katolik Atma Jaya, Jakarta
[Continue reading...]

Komentar Terbaru

 
Copyright © . Brian Prasetyawan's Blog - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger