14 Oktober 2012

Ingin Jadi Penulis Buku

Keinginan ini udah ada sejak 2 tahun yang lalu. Pengen bisa menerbitkan buku. Dalam khayalan gue, kayaknya bangga kalo punya buku karangan sendiri. Gue ga mikirin royalti tapi lebih mikirin keinginnan gue punya sebuah karya buku dimana di sampul buku itu tertulis nama gue dan di akhir halaman buku ada profil singkat gue sebagai penulis bukunya. Istimewa banget.

 Tapi gue bingung mau bikin buku apa. Biasanya penulis pemula mulai merintis jadi penulis dengan menulis cerpen-cerpen yang akhirnya dijadikan kumpulan cerpen atau bisa jadi novel. Namun gw gak berbakat untuk menulis cerita fiksi seperti itu. Setelah dipikir-pikir.  Akhirnya diputuskan tentang keahlian gue yaitu blog.

Gw lebih semangat karena menerbitkan buku jaman sekarang lebih mudah karena ada pihak yang membantu untuk self publishing seperti nulisbuku.com dan leutikaprio. 

Namun semangat nulis buku naik turun. Sampai sekarang naskahnya masih kesimpen aja di laptop. ga pindah-pindah ke tangan penerbit
Sekarang semangat lanjutin proyek buku gue lagi naik. Gw semangat lagi karena gue nemu sebuah blog milik anak kuliahan semester awal. Yang gue ga nyangka, dia udah mulai bikin buku sejak SMA. Sekarang dia udah punya 2 buku. Gw jadi termotivasi. Masa gw kalah sama anak dibawah umur gue.

Ditambah lagi tetangga gue yang kerja di penerbit itu udah menerbitkan 4 buku baru ! Puszet dah bagi-bagilah.. Gue 1 buku aja setengah mati nulis & mikirinnya.

Makanya sekarang gue lagi giat lanjutin tulisan gw yang sempet terbengkalai. Ga tanggung-tanggung udah ada 3 macam buku yang pengen gue terbitin. Tapi gatau deh ketiganya bisa terwujud atau ga.

Tapi sekarang gw lagi proses bikin buku pertama gue yang berisi tentang tutorial blog. Dan gw memilih menerbitkan lewat nulisbuku.com karena terinspirasi dari salah satu sobat blogger yang telah membuat buku lewat nulisbuku.com. Gw jg melihat ketentuan dan persyaratan dari nulisbuku.com yang paling memudahkan gw untuk menerbitkan buku.

Sekedar info, menerbitkan di nulisbuku.com tidak dipungut biaya alias gratisss. Dan kita tidak perlu mensetting format buku menggunakan aplikasi page maker karena nulisbuku.com telah menyediakan templatenya dan kita tinggal mendownloadnya.

Perkembangan terakhir, buku gw udah dibikinin covernya sama temen gw. Bagus covernya, makin semangat deh buat mewujudkan buku pertama gue.

7 comments:

  1. semangaaaat (^O^) semoga bisa cepat terbit, semoga gue terus bisa nyusul.. hahahaha

    BalasHapus
  2. semoga sukses ya sobatku :)

    BalasHapus
  3. Waah ini info yang saya cari2 soB. Pingin nerbitkan buku dari dulu, tapi bingung karena gak ada uang untuk baiaya penerbitan. Saya cek dulu gan. Moga ntar bermanfaat bagi Ane .

    BalasHapus
  4. Wah postingan nya membuat pembaca berfikir bahwa seseorang gak boleh menyerah sebelum mencoba :D semangat sob :) saya doakan semoga sob sukses :)

    BalasHapus
  5. ayo sobat semangat, kita sama sama belajar menjadi penulis. saya juga pengen jadi penulis sebagai bahan latihannya membuat blog.

    BalasHapus
  6. Yup.... Nerbitin buku itu emang susah, baik indie, maupun major... Kalau major? Bete nunggunya, yang kadang bisa lebih dari waktunya (Umumnya 3-4 bulan), dan hampir pasti ditolak. Beda yah kalau yang udah punya nama, trus ajuin naskah. :P

    Kalau indie? Mesti gencar promonya, kalau mau laku.... Soalnya kan hanya tayang di dunia maya aja... Hehehe

    Kamu beruntung, Bri, masih kuliah. kalau kamu serius sama impianmu, bukumu bisa selesai dan kalau diajuin ke penerbit sebelum kuliah, itu jadi satu keuntungan buatmu. :)

    BalasHapus
  7. For all: trimakasih buat dukungannya. Smoga buku saya terwujud :)

    BalasHapus

Silakan mengirimkan komentar yang sesuai dengan postingan diatas.
Kalau bisa jangan panggil saya "Pak/Om". Saya masih umur dibawah 25 kok dan belum married haha. Langsung panggil nama aja malah nggak papa, biar akrab hehe

Satu lagi, tolong berkomentar menggunakan nama pribadi. Jangan nama produk/bisnis/judul postingan artikel. Komentar menggunakan nama tersebut terpaksa akan saya hapus.

Komentar Terbaru

 
Copyright © . Brian Prasetyawan's Blog - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger