01 Februari 2012

Ketika masih baru kenalan sama Internet

Sekarang ini hampir semua orang dari berbagai kalangan udah tau yang namanya internet. Internet memudahkan kita untuk mencari informasi. Anak SD pun udah mahir menggunakan internet. Media bermainnya pun juga lewat internet yaitu berupa game online. Apalagi sekarang sudah booming yang namanya media jejaring sosial seperti Facebook & Twitter. Itu membuat orang-orang gak bisa lepas dari internet.

Ditambah lagi akses internet yang sangat mudah untuk semua orang. Lewat Hp, kita udah bisa mengakses internet dengan tarif yang gak terlalu mahal. Untuk mengakses lewat laptop/komputer, berbagai operator juga memproduksi modem. Bila gak bisa lewat Hp/komputer. Berbagai warnet juga sudah tersebar di banyak tempat.

Betapa mudah kita mengakses internet sekarang ini. Sangat kontras jika dibandingkan 6-8 tahun yang lalu. Hp yang ada rata-rata masih berlayar monokrom, gak bisa untuk internet.
Dulu, internet cuma bisa di akses lewat Warnet. Waktu itu warnet jumlahnya masih sedikit.

Seperti yang gue alami dulu. Waktu gue SMP menuju SMA, warnet masih sedikit. Waktu itu, warnet terdekat yang gue tau, jaraknya 3 km dari rumah gue. Sekarang, jalan kaki ke depan gang udah ada warnet *kontras banget*.

Yup, warnet pertama yang gue tau namanya warnet Legos. Tapi karena letaknya persis di depan perumahan Patria Jaya, gue lebih suka nyebutnya warnet patria *seenaknya aja ya ganti-ganti nama*. Waktu itu gue masih menganggap warnet itu kayak tempat mahal, tempat yang wah.. gitu *Norak banget*. Sekarang warnet kelasnya udah merakyat... kayak rental PS.



Gue pertama kali ke warnet sama Om gue. Di dalamnya, jumlah PCnya lumayan banyak, sekitar 15 buah. Tempat duduknya pake kursi, gak lesehan. Dan ACnya dingin *norak lagi dah...* Gue sama Om gue pake 1 PC aja. Setelah gue duduk di depan PCnya, gue bingung karena mesti login billingnya dulu. Gue tanya Om gue, dia juga gak tau #tepok jidat. Gue malu kalo nanya ke operatornya. Ya udah, dengan berbagai percobaan akhirnya bisa juga loginnya *horeee*

Waktu itu gue lagi seneng sama stadion-stadion di luar negeri dan pengen ngumpulin gambar-gambarnya. Jadi gue browsing-browsing aja nyari gambar stadion *gak penting ya* . Nah masalahnya, waktu itu gue juga belum kenal sama mbah Google. Jadilah gue membuka website klub-klub Eropa satu per satu. Waktu itu gue emang udah niat. Jadi gue udah bawa catatan daftar website klub-klub Eropa ckckck...
Setelah gue buka website, perasaan pun campur aduk, antara seneng, bangga, puas, dan ketagihan.

Setelah billingnya abis, gue pun pulang. Dan mulai saat itu gue ketagihan ke warnet. Tapi dengan polosnya gue mikir, kalo mau ngumpulin gambar-gambar stadion, berarti harus buka satu per satu website klub-klub Eropa *dasar ndeso*

Setelah kejadian itu, gue setiap sabtu ke warnet Legos itu. Waktu itu jaman gue baru masuk SMA dan sabtu memang libur. Dulu itu gue belum punya motor *tepatnya belum dikasih motor sama bokap*, dan kendaraan satu-satunya yang gue punya adalah sepeda. Karena gue gak mau rugu kalo mesti naik angkot, Maka jadilah gue naik sepeda 3 km ke warnet itu. Sungguh suatu perjuangan menuju sebuah warnet *lebay... *

Walaupun mesti naik sepeda, gue semangat banget kalo ke warnet. Karena gue punya proyek bikin katalog stadion-stadion di setiap liga dunia. Tapi yang masih gue pikirin, gimana publikasinya. Waktu itu gue belum tau tentang blog *kasian..*. Jadi, cara publikasinya dengan ngeprint. Tapi yang bener aja. Itu mah ngabis-abisin tinta. Yaudah akhirnya sampe sekarang tuh katalog (yang belum selesai) masih di simpen aja di flashdisk.
Gue dulu, bener-bener emang kerajinan. Selain niat bikin katalog stadion, gw bikin panduan Euro 2008. Tapi akhirnya juga sama, cuma kesimpen di flashdisk doang.

Tidak hanya tentang stadion, gue mulai buka situs sepakbola untuk melihat hasil dan klasemen. Lalu apa situs sepakbola pertama yang gue buka ? Situs itu bukan berbahasa Indonesia, tapi bahasa Jerman! hahaha. Kok bahasa jerman ? Soalnya dulu gue belom tahu nama-nama situs sepakbola. Gue taunya situs yang dipakai untuk referensi tabloid soccer. Dan salah satunya adalah situs bahasa jerman, www.fussballdaten.de



Dulu awalnya gue juga gak tau flashdisk, jadi buat nyimpen file pake disket. Kadang-kadang disket tuh cuma buat sekali pake, abis itu eror *ngenes*.

Dulu gue juga masih belum kenal Om 4shared. Jadi, kalo mau lagu-lagu bagus, gw mesti beli. Gw beli di Warnet Legos juga dengan tarif Rp 1000/lagu. Kalo Sekarang sih ga usah bayar, tinggal download di 4shared juga bisa.

 4shared jadi andalan download lagu

O iya, ketika Warnet Legos tutup atau penuh pengunjung, gw mesti nyari warnet lain lagi.
Kalau gak bisa di warnet Legos, gue ke warnet kedua yang pernah gue temuin. Gue nyebutnya Warnet Kecapi ( gue lupa nama sebenarnya). Kedua warnet itu andalan gw buat internetan. Hingga akhirnya bermunculan warnet-warnet baru. Setiap kalo di jalan gue nemuin warnet, gue inget-inget tempatnya dimana, dan gue bakal datengin tuh tiap warnet. Gw mau bandingin warnet mana yang paling enak.
Maka dulu itu juga gw kenang sebagai jamannya penjelajahan warnet *halah lebay*...

Sayang kini nasib warnet-warnet udah ga bertahan lagi. Kini lokasinya udah berubah jadi tempat usaha lain. Warnet Legos udah jadi warung masakan padang (tahun 2016 jadi toko beras). Warnet Kecapi udah jadi toko baju.

Berhubung rumah gw ga terdeteksi maps, jadi pake titik lokasi gereja.

Ya itu sedikit pengalaman gue ketika awal-awal gue tau internet. hehe

6 comments:

  1. untungnya di rumah gue udah ada internet... tapi sayangnya baru kelas 1 smp, gue baru ngaksesnya. waktu itu gue sering banget buka situs2 klub bola.

    BalasHapus
  2. hehehe,, pertama2 nge-net dan hobby nya ngeblog aku mesti di warnet n ngabisin waktu 4 jam-an (ga kerasa gituu..),, per jam Rp.3000,- ,maka klo dikali 4 = Rp.12.000,- hualaaah.. maahaaaal... beda betul dgn sekarang,,hehehe,, nice posting sob.. :)

    BalasHapus
  3. @nuel: Wah.. udah enak tuh klo di rumah ada internet. Gw baru pas akhir SMA ada internet
    @Nyayu: hehehe iya sama, saya juga sering kayak gitu. Nge-net sampe 3 jam. Emang ga kerasa kalo cuma 1-2 jam hehe

    BalasHapus
  4. hahaha gue juga dulu norak bgt kalo ke warnet.. wkwk tapi sekarang warnet udah merakyat :D

    BalasHapus
  5. Tahun berapa itu kejadiannya? :-) Tp enaknya internet jaman dulu gak ada politik dan gak ada anak alay.

    BalasHapus
    Balasan
    1. tahun 2007an lah hehe..
      Nah iya bener.. dulu informasi2 internet bener2 berguna.
      Nggak kayak sekarang. Prihatin saya liat share2an yang gak mutu

      Hapus

Silakan mengirimkan komentar yang sesuai dengan postingan diatas.
Kalau bisa jangan panggil saya "Pak/Om". Saya masih umur dibawah 25 kok dan belum married haha. Langsung panggil nama aja malah nggak papa, biar akrab hehe

Satu lagi, tolong berkomentar menggunakan nama pribadi. Jangan nama produk/bisnis/judul postingan artikel. Komentar menggunakan nama tersebut terpaksa akan saya hapus.

Komentar Terbaru

 
Copyright © . Brian Prasetyawan's Blog - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger