21 Januari 2012

Perkembangan Genre Musik Indonesia

Gue baru paham sama musik waktu gue masih SMP. Waktu SD gue cuma taunya musik anak-anak. Dari gue SMP itu sampe sekarang gue liat kesukaan jenis (genre) musik sebagian besar masyarakat Indonesia beda-beda. Ah.. sotoy ni Brian... Weits, jangan salah, Gue gini-gini juga pemerhati musik indonesia lho...

Waktu gue SD, gue cuma tau lagu dari dua band: Sheila On 7 dan Jamrud. Emang waktu itu lagi jamannya Sheila..
Jaman gue SMP tuh taun 2004-2007. Nah di jaman itu lagi populernya band peterpan, Ungu, Naff, Kerispatih, Radja, Ada Band dan band-band lainnya. Bisa disimpulin kalo genre musik saat itu adalah Pop. Gue suka jaman musik saat itu. Semua hits-hits dari tiap band bagus semua, enak didenger.
Peterpan

Program musik di tv waktu itu belum ada yang namanya Dahsyat, Inbox atau Derings. Dulu Global Tv yang suka muterin lagu-lagu dalam negeri lewat programnya yaitu Mtv ampuh, Mtv Lokal Abis, Mtv Tamu Istimewa. (masih inget ga ?? hehe)

Mtv Ampuh

Itu adalah Genre musik yang paling gue suka.
Sayangnya, makin kesini genre musik Indonesia makin kesini makin nggak banget (menurut gue).
Genre musik band pop mulai tergusur saat gw masuk SMA. Genre musik melayu mulai menguasai pasar musik Indonesia. Saat itu juga, makin banyak dan gampang band-band baru muncul, dengan Genre melayunya.

Haduh gue ngenes liatnya. Band-band pop mulai meredup karena munculnya band dan artis melayu. Sejak itu juga penampilan live band & artis musik, lebih sering lipsing.
Dan sekarang ini tambah ngenes lagi gue liatnya. Genre melayu belum tergeser namun muncul genre baru lagi yaitu musik boyband & girlband #tepok jidat, pingsan...

Menurut gue, Sekarang orang nonton acara musik prioritasnya bukan buat dengerin musiknya tapi buat liat artisnya doang. Haduh.. ini mengenaskan..
Gue lebih suka artis musik tampil tanpa lipsing dan dengan arasemen musik yang beda dari musik yang di CD/kasetnya.

Jadi, gue pengen lagi ngerasain musik Indonesia waktu gue SMP, jaman-jamannya Mtv berkibar...

4 comments:

  1. trus waktu itu kualitas suaranya emang beda, bri. ga kayak sekarang. zzzzzzzzzz

    BalasHapus
  2. Iya, bener juga nuel. Sekarang mah suara bagus dikit udh bisa jadi vokalis. Artis2 jg gampang jadi penyanyi, padahal suaranya pas2an hehe

    BalasHapus
  3. artis sekarang nyanyinya gak niat, gak ada power. coba liat jaman dulu, ruth sahanaya, titi dj, powernya oke, nada tinggi nada rendah mantap. sekarang kan lagunya gak susah buat dinyanyiin, eh udah gampang gitu malah lypsinc. *yang komen padahal juga gak bisa nyanyi bagus*

    eh, ini ngomongin musik ato khusus band yah?

    BalasHapus
  4. Hehe ya ngomongin musik, ga band doang kok.
    Nah iya bener banget. Sekarang kalo tiap kali show, dikit-dikit lipsinc ckck..

    BalasHapus

Silakan mengirimkan komentar yang sesuai dengan postingan diatas.
Kalau bisa jangan panggil saya "Pak/Om". Saya masih umur dibawah 25 kok dan belum married haha. Langsung panggil nama aja malah nggak papa, biar akrab hehe

Satu lagi, tolong berkomentar menggunakan nama pribadi. Jangan nama produk/bisnis/judul postingan artikel. Komentar menggunakan nama tersebut terpaksa akan saya hapus.

Komentar Terbaru

 
Copyright © . Brian Prasetyawan's Blog - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger