04 Juli 2011

My Blog Target

Dulu, waktu lagi semangat-semangatnya ngeblog, gue ngerasa ketagihan. Gue mikir kayaknya gue gak akan pernah diemin blog gue.

Tapi nyatanya gue mesti menarik lagi komiten itu. Di awal tahun ini makin lama gue makin males ngeblog. Gue gak ada ide/inspirasi yang bisa bikin gue kembali semangat ngeblog. Setelah dipikir-pikir dan direnungkan ternyata yang bikin gue males adalah sudah tercapainya target blog gue. Yup, dulu waktu lagi hotnya ngeblog, gue punya target yang berhubungan dengan statistik blog gue. Dulu gue pengen blog gue tiap hari punya pengunjung yang banyak, dapet page rank google, rank alexa naik terus. Gue tertantang ntuk mencapai target tersebut jadinya gue semangat ngeblog. Sekarang target itu sudah tercapai semua. Gue ngerasa bosen dan akhirnya males ngeblog karena gak ada target lagi yang bikin gue terdorong buat ngeblog.

Tapi di pertengahan tahun ini, gue mulai kembali semangat ngeblog karena gue udah punya target lagi yaitu pengen menjalin relasi dengan blogger lain. Gue pengen bisa berteman, akrab, mengenal satu sama lain dengan blogger lain.

Genre tulisan gue pun mulai berubah. Dulu, tulisan gue mayoritas tentang berita & info-info penting & unik.
Sekarang gue mulai lebih untuk share pengalaman, aktivitas, dan apapun tentang gue dan sekitarnya. Dan blog gue pun bener-bener pengen gue bikin jadi personal blog

Setelah gue blogwalking & memperhatikan berbagai personal blog, gue punya pandangan. Ternyata ini juga tetep menguntungkan trafic blog. Dulu, gue pikir personal blog itu jarang ada pengunjungnya karena orang-orang jarang mencari artikelnya di google. Waktu itu gue mikir kalo mau dapet pengunjung banyak, harus bikin artikel yang bakal banyak dicari orang di google.

Tapi pemikiran gue yang dulu itu kurang tepat juga. Personal blog juga berpotensi punya pengunjung yang banyak. Sumbernya bukan dari google, tapi dari blogger2 lain yang melihat blog itu.

Gimana caranya orang tahu blog kita tanpa lewat google??. Kembali lagi pada target gue yaitu dengan menjalin relasi dengan blogger lain. Caranya dengan blogwalking, berkomentar, dan memfollow blog-blog lain. Tapi blogwalkingnya juga ke blog yang tipenya personal blog. Mereka akan berkunjung balik ke blog kita kalau kita meninggalkan komentar di blognya. Mungkin juga mereka akan berkomentar di blog kita.
Tapi masalahnya adalah gue masih jarang blogwalking apalagi berkomentar. Kadang gue bingung mau komentar apa.

Dengan menjalin relasi, keuntungannya lebih berlipat. Pengunjung banyak, komentar ramai, follower bertambah, dan link blog kita mungkin juga dipasang di blog mereka. Semua itu akan berjalan dengan sendirinya tanpa kita minta.

Gue sekarang juga ngerasa lebih bebas mau posting apa aja yang gue mau. Dulu, gue membatasi diri gue sendiri dalam hal memposting artikel. Gue dulu terlalu memikirkan tulisan yang kayak gini penting atau nggak, layak atau nggak buat di tampilkan.
Dengan lebih bebasnya gue memposting, gue juga bisa lebih menunjukkan bahwa inilah gue si Raimundus Brian Prasetyawan dengan berbagai lika-liku kehidupannya.

Dengan begitu blogger lain juga bisa mengenal lebih jauh tentang gue tanpa mesti bertemu gue secara langsung. Dan harapan gue terjalinlah relasi dengan sesama blogger.

Rencananya supaya blog gue lebih personal. Gue mau ganti template. Tapi sampe sekarang belum terlaksana karena gue belum siap buat ngadepin resiko template error ini-itu dan bakal berantakannya susunan widgetnya. Mungkin lain waktu hehehe

10 comments:

  1. yup sometimes having personal blog is easier than having other blog with different topic. :)

    BalasHapus
  2. Iya bener k'nuell... Saya ngeblognya jadi lebih bebas.. :)

    BalasHapus
  3. Yoi coy. Personal blog juga bisa sepiii bgt, dan itu karena pemiliknya jarang blogwalking, komen2, & follow2an. Makannya sering2 berkeliaran ke blog orang2 biar banyak orang jg yg sk berkeliaran di blog kita.

    Btw ini temen kampusnya si Nuell?

    BalasHapus
  4. Yoi coy. Personal blog juga bisa sepiii bgt, dan itu karena pemiliknya jarang blogwalking, komen2, & follow2an. Makannya sering2 berkeliaran ke blog orang2 biar banyak orang jg yg sk berkeliaran di blog kita.

    Btw ini temen kampusnya si Nuell?

    BalasHapus
  5. sepp.. ngeblog itu bukan hanya untuk share info penting dsb.. tp alangkah lebih bagus.. anda men-share tentang aktifitas, kesan, dan pengalaman pribadi.. mungkin bisa menjadi pelajaran yg berharga utk pengunjung blog kita..

    gogogog.. blogger.. googogogo

    BalasHapus
  6. @Inggit Inggit Semut: Iy, kuncinya disitu, sering-sering blogwalking. Saya juga lagi pngen rajin blogwalking hehe. Yup betul. Saya satu kampus sma k'Nuell tapi saya belum pernah ketemu sama orangnya hehehe

    @SilentNdoz: setuju gan hehe..

    BalasHapus
  7. nah makanya saya juga suka BW.. lhoo anak Atma ? anak bekasi juga ? hahaha.. tetanggan dong yaa..

    eh ditunggu folbeknya ya :)

    www.urkhanblog.com

    BalasHapus
  8. yang pasti menyenangkan lah emang kalo kita punya personal blog . selain nambah temen stress rasanya reda udah puas curhat dan ngomel2 disana. hehehe

    BalasHapus
  9. @Urkhan: Iya, saya anak atma. Knapa? Oh rumahnya di bekasi juga.. bekasinya dimananya. Kalo saya POondok Gede hehe.. Eh, saya juga udah follow blognya kok. Urutan 86.

    @Euis: Iya bener, saya juga mulai merasakannya. Puas kalo udah ngluarin isi pikiran di blog hehehe

    BalasHapus
  10. Salam kenal, memang bingung kalo mampir ke blog orang mau komen apa ya? Klo komen ngaco di kirain spam...Anyway sukses terus ya

    BalasHapus

Silakan mengirimkan komentar yang sesuai dengan postingan diatas.
Kalau bisa jangan panggil saya "Pak/Om". Saya masih umur dibawah 25 kok dan belum married haha. Langsung panggil nama aja malah nggak papa, biar akrab hehe

Satu lagi, tolong berkomentar menggunakan nama pribadi. Jangan nama produk/bisnis/judul postingan artikel. Komentar menggunakan nama tersebut terpaksa akan saya hapus.

Komentar Terbaru

 
Copyright © . Brian Prasetyawan's Blog - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger