Karena yang tertulis akan bernilai di masa depan

30 Desember 2010

Indonesia Sang Juara Tanpa Mahkota

Kemarin adalah hari yang ditunggu-tunggu rakyat Indonesia, karena di hari itu Indonesia bertanding melawan Malaysia di Leg II Final Piala AFF 2010. Pertandingan yang digelar di Gelora Bung Karno itu merupakan pertandingan yang sangat menentukan siapa yang akan menjadi juaranya. Tentu kita sangat mengharapkan Indonesia juara walaupun berat meraihnya karena harus menang 4-0. Kita sudah sangat lama menanti prestasi Timnas meraih gelar juara, dan seharusnya inilah momen yang tepat untuk mengakhiri penantian itu.

Namun, kenyataannya berbeda. Sulit bagi Indonesia untuk mencetak 4 gol. Indonesia memang menang 2-1 tapi hasil itu belum cukup untuk membuat Indonesia menjuarai Piala AFF. Padahal permainan Indonesia sudah bagus. Indonesia menguasai jalannya pertandingan dan tak henti-hentinya menggempur pertahanan Malaysia. Namun memang Malaysia benar-benar bertahan total sehingga menyulitkan Indonesia untuk menyelesaikan serangan menjadi sebuah gol.

Sebenernya ada satu kesempatan emas untuk menambah gol Indonesia, yaitu saat Malaysia dihukum tendangan penalti karena salah satu pemainnya melakukan handsball. Namun kesempatan itu terbuang begitu saja karena Firman Utina yang sebagai eksekutornya, gagal mencetak gol lewat penalti itu. Tendangan Firman terlalu lemah sehingga bisa ditangkap oleh kiper Malaysia.

Terlalu keasikan menyerang, Indonesia lupa dengan pertahanannya. Malaysia melakukan counter attack lewat Safee. Pertahanan Indonesia hanya menyisakan 2 pemain saja tidak bisa menahan pergerakan Safee. Safee akhirnya mencetak gol lewat tendangan kerasnya dari luar kotak penalti. Bola pun bersarang di pojok kanan atas gawang Markus.

Indonesia tertinggal 1-0. Namun, pemain Indonesia tetap tidak menyerah untuk terus menyerang. Hasilnya Indonesia bisa membalikan kedudukan lewat gol dari Nasuha dan M. Ridwan.

Bagaimanapun juga, Malaysia yang menjadi juaranya karena Malaysia menang aggregat 4-2. Di leg I Malaysia sudah menang 3-0. Malaysia menjadi juara baru Piala AFF karena sejak pertama kali diselenggarakan, baru Thailand (3 kali), Singapura (3 kali), dan Vietnam (1 kali) yang pernah menjuarainya.

Dengan hasil yang dicapai Timnas Indonesia hingga saat ini, tak salah bila Indonesia adalah sang juara tanpa mahkota. Di Piala AFF ini Indonesia sudah menunjukan kualitasnya sebagai juara. Itu ditunjukkan dengan meraih 6  kemenangan dan hanya 1 kali kalah. Hingga saat ini Indonesia sudah 4 kali mencapai final Piala AFF. Selain itu, dari dulu Indonesia merupakan salah satu kekuatan sepak bola Asia Tenggara. Namun belum satupun gelar juara yang diraih Indonesia sejak yang terakhir kali yaitu medali emas Sea Games 1991.

1 komentar:

Silakan mengirimkan komentar yang sesuai dengan postingan diatas.
Kalau bisa jangan panggil saya "Pak/Om". Saya masih umur 25an kok dan belum married haha. Langsung panggil nama aja malah nggak papa, biar akrab hehe

Satu lagi, tolong berkomentar menggunakan nama pribadi. Jangan nama produk/bisnis/judul postingan artikel. Komentar menggunakan nama tersebut terpaksa akan saya hapus.

Praszetyawan.com

Sebuah blog personal berdiri sejak 2009

Terpopuler Bulan Ini

Random

randomposts