Karena yang tertulis akan bernilai di masa depan

12 Juli 2010

Spanyol Juara Piala Dunia 2010


Akhirnya Pergelaran Piala Dunia  melahirkan juara baru yaitu Spanyol. Memang pada piala dunia 2010 ini pasti akan melahirkan juara baru karena negara yang masuk final, Belanda & Spanyol, belum pernah sekalipun juara. Spanyol berhasil menjadi juara setelah mengalahkan Belanda 1-0. Gol yang dicetak Iniesta  tersebut terjadi pada menit ke 116. Memang pertandingan ini dilanjutkan dengan perpanjangan waktu karena sebelumnya kedua tim bermain imbang 0-0 di waktu normal. Padahal Belanda bisa saja menang 2-0 kalau saja dua peluang emas Robben tidak disia-siakan. Peluang terjadi ketika Robben tinggal berhadapan satu lawan satu dengan iker Cassilas. Namun robben gagal mencetak gol karena berhasil di blok oleh Cassilas. Kejadian tersebut terjadi 2 kali.



Mengapa Spanyol bisa juara ?

Menurut saya Spanyol bisa juara karena tim matador itu bisa bermain secara seimbang antara penyerangan dan pertahanan. Ini yang tidak bisa dilakukan oleh semua tim peserta piala dunia 2010, termasuk para tim favorit juara lainnya. Tim lain hanya bisa kuat di satu lini.

Seperti yang diperlihatkan Jerman saat melawan Spanyol. Itu sangat jelas terlihat. Dari awal pertandingan Jerman benar-benar fokus pada pertahanan dan memang Jerman susah dibobol gawangnya walaupun penyerang Spanyol sudah sampai di depan gawang Jerman. Namun Jerman akhirnya kebobolan juga di menit ke 73. Saat itu juga Jerman langsung menampilkan permainan menyerang namun itu membuat pertahanannya kacau, terbukti saat Spanyol melakukan serangan balik. Saat itu pedro menggiring bola dengan cepat dan pertahanan Jerman hanya menyisakan Jansen seorang diri. Padahal di samping Pedro juga ada Torres. Untung saja Pedro melakukan kesalahan sehingga bolanya bisa direbut.

Memang permainan Spanyol itu akan membuat penyerangan menjadi tumpul. Coba lihat kemenangan yang diraih Spanyol, pasti gol yang dicetak tidak menciptakan skor telak. Namun justru itu senjata spanyol. Pertahanan mereka menjadi susah ditembus terbukti dengan hanya dua gol yang bersarang di gawang Cassilas. Memang Spanyol pernah kalah saat melawan Swiss. Namun kekalahan yang dialami tidak terlalu telak, hanya 1-0 dan proses terjadinya gol juga dengan adanya kemelut di depam gawang. Itu membuktikan para bek Spanyol bertahan habis-habisan walau akhirnya kebobolan juga.

Cara permainan Spanyol ini memang banyak mengorbankan beberapa hal, antara lain tersajinya tontonan yang membosankan disetiap pertandingan yang dilakoninya. Lalu minimnya gol yang tercipta.  Tapi dengan begitu Spanyol bisa meraih sukses dengan menjuarai Piala Dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan mengirimkan komentar yang sesuai dengan postingan diatas.

Tolong berkomentar menggunakan nama pribadi. Jangan nama produk/bisnis/judul postingan artikel. Komentar menggunakan nama tersebut terpaksa akan saya hapus.

Praszetyawan.com

Sebuah blog personal berdiri sejak 2009

Terpopuler Bulan Ini

Random

randomposts