Karena yang tertulis akan bernilai di masa depan

27 Desember 2009

Sister Klub

SISTER CLUB

Apa itu sister club ? Sister club hanya sebuah istilah untuk menyebut dua klub yang namanya sama. Terlebih lagi, lambang klub kedua klub itu juga hamper sama. Mengapa hal tersebut bisa terjadi ? Itu dikarenakan beberapa faktor yaitu hasil afiliasi, hasil dari inisiatif fans, dan memang kebetulan namanya sama



1. Ajax Cape Town & Ajax Amsterdam

Ajax Amsterdam memang terkenal dalam urusan pembibitan pemain muda. Ajax terus mencari dan melatih talenta-talenta dari seluruh dunia. Salah satu trik Ajax dalam usaha mendapatkan talenta-talenta muda dari seluruh dunia adalah membuat klub satelit di seluruh dunia. Salah satunya adalah Ajax Cape Town, Afrika Selatan.


Ajax Cape Town merupakan klub hasil dari penggabungan dua klub di Afsel yaitu Seven Stars dan Cape Town Spurs pada 1999. Namun seiring masuknya manajemen Ajax Amsterdam, klub itu berganti nama menjadi Ajax Cape Town. Ajax Cape Town selalu mempromosikan para pemain muda lokal yang dianggap layak masuk Ajax Amsterdam.


2. Sevilla FC Juncos & Sevilla FC
Sevilla Juncos merupakan klub afiliasi dari Sevilla FC (Spanyol). Sevilla FC Juncos berasal dari Negara Puerto Rico (Amerika Tengah). Klub ini baru berdiri pada tahun 2006 dan berafiliasi dengan Sevilla FC pada 2008. Sejak saat itu nama mereka berubah menjadi Sevilla Bayamon FC. Sebagai klub afiliasi, Sevilla Bayamon menganakan kostum yang persis dengan Sevilla FC. Lambang klubnya pun juga identik. Hanya ada sedikit modifikasi.


3. CD Chivas USA & CDChivas Guadalajara

Chivas USA baru dibentuk pada tahun 2004. Kepemilikan klub ini sepenuhnya dikuasai klub Meksiko, CD Chivas Guadalajara. Chivas USA dibentuk dengan misi melahirkan talenta-talenta hebat. Khususnya pemain muda yang ada di California bagian selatan. Bahkan bagi talenta-talenta yang bergabung di U-16 dan U-18, Chivas USA menggratiskan semua biaya latihan dan pendidikannya. Kostum kedua klub ini juga sama, berwarna putih-merah dengan posisi horisontal.


4. Everton SADP & Everton FC

Diawali dari hijrahnya sekelompok remaja asal Liverpool ke Cile pada 1909, hingga akhirnya mereka mencoba menularkan kesukaan mereka terhadap Everton FC di Cerro Alegre. Dikomandoi oleh david Foxley Chapman, kllub sepak bola baru di San Juan dinamai Everton. Ada dua versi tentang alasan terpilihnya nama Everton. Pertama, nama itu dirujuk dari nama permen asal Everton. Kedua, nama itu diambil karena Everton FC pada 1909, melakukan Tur di Cile.


5. Rangers & Glasgow Rangers

John Greenstreet, imigran asal Cile adalah pendiri klub Rangers. Ia mendirikannya pada 2 November 1902. Nama Rangers dipilih bukan karena merujuk pada klub Skotlandia, Glasgow Rangers, namun karena mempunyai makna pertahanan. Jadi kedua klub ini memiliki nama sama karena kebetulan saja.


6. Barcelona SCL & Barcelona CF.

Barcelona SCL juga terbentuk karena inisiatif imigran asal Barcelona yang ada di Ekuador. Seperti Barcelona CF di Spanyol, Barcelona SC juga merupakan salah satu klub sukses di ekuador dan juga memiliki rival utama yaitu Club Sport Emelec. Lambang klub Barcelona SC juga mirip Barcelona CF. Bedanya di bagian tengah ada tulisan BSC.


7. Arsenal De Sarandi & Arsenal FC

Hector dan Julio Humberto Grondona terinspirasi membentuk sebuah klub sepakbola karena tahu ada klub elite Inggris bernama Arsenal. Lalu pada 11 januari 1957, kedua bersaudara itu bersama rekan-rekannya melakukan pertemuan di pub Las 3 FFF, Sarandi dan hasilnya mereka sepakat membentuk klub sepakbola dengan nama Arsenal de Sarandi. Uniknya, kebanyakan para funding father merupakan penggmar Independiete dan Racing Club. Hal ini dilihat dari warna kostum yang dipakai yaitu biru dan merah.. Warna biru terang merupakan warna khas Racing, dan warna merah diambil dari kostum Independiete.


8. Internacional dan Internazionale Milan

Klub yang berbasis di kota Porto Alegre, Brasil ini berdiri pada 1909. Nama Internacional, tidak merujuk pada kata International namun lebih merujuk pada nama klub besar Italia, Internazionale Milan. Agar tidak terlalu sama maka namanya dipilih nama Internacional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan mengirimkan komentar yang sesuai dengan postingan diatas.

Tolong berkomentar menggunakan nama pribadi. Jangan nama produk/bisnis/judul postingan artikel. Komentar menggunakan nama tersebut terpaksa akan saya hapus.

Praszetyawan.com

Sebuah blog personal berdiri sejak 2009

Terpopuler Bulan Ini

Random

randomposts