Karena yang tertulis akan bernilai di masa depan

11 Desember 2009

Rekor Kartu Kuning dan Merah

Rekor Kartu Merah Tercepat

Rekor kartu merah tercipta di kompetisi kecil di Inggris, tepatnya di kompetisi Liga Primer Selatan, antara Chippenham Town melawan Bashley pada Mei 2009. Kartu merah yang dikeluarkan wasit terjadi pada detik ketiga.

Penyebabnya adalah tekel berbahaya yang dilakukan striker David Pratt kepada salah satu pemain Bashley. Keluarnya kartu merah ini merupakan kejadian tercepat di ajang kompetisi profesional.

Catatan tersebut memperbarui rekor yang sudah bertahan selama 18 tahun.Rekor sebelumnya tercatat atas nama Giuseppe Lorenzo, pemain Bologna di ajang kompetisi Liga Italia di tahun 1990. Ia mendapat kartu merah karena melakukan pelanggaran berbahaya kepada lawannya ketika pertandingan baru berjalan 10 detik.

Sementara di Inggris, rekor David Pratt itu memperbarui catatan yang ditorehkan kiper Sheffield Wednesday Kevin Pressman yang memperoleh kartu merah langsung karena memegang bola secara sengaja di luar kotak penalti di tahun 2000 di detik ke-13.

Namun catatan yang ditorehkan Pratt masih belum bisa mengungguli apa yang dilakukan Lee Todd di kompetisi amatir pada tahun 2000. Ia memperoleh kartu merah di detik kedua usai merespon aksi wasit meniup peluit tanda dimulainya pertandingan dengan mengatakan "xxxx me, that was loud". Alasan dari pengusiran tersebut, dia dianggap menggunakan kata-kata yang tidak sopan.

Sumber: mata-sepak-bola.blogspot.com


Jumlah Kartu Kuning dan Merah Terbanyak

Wasit Valentin Ivanov, Senin dinihari WIB (26/6/2006), mencetak rekor baru dengan mengeluarkan 16 kartu kuning dan 4 kartu merah dalam pertandingan Piala Dunia 2006, saat Portugal melawan Belanda.

Wasit asal Rusia tersebut mengeluarkan 16 kali kartu kuning dan mengusir dari lapangan empat pemain yang menerima dua kartu kuning pada pertandingan babak 16 besar yang sengit antara Portugal dan Belanda, yang dimenangi Portugal 1-0 melalui gol Maniche pada menit ke-23.

Pertandingan yang ditangani Ivanov tersebut mengalahkan 16 kartu kuning dan dua kartu merah yang dikeluarkan wasit asal Spanyol Antonio Lopez Nieto pada pertandingan grup antara Kamerun dan Jerman di Shizuoka dalam putaran final Piala Dunia 2002.

Kartu merah dikeluarkan untuk pemain Portugal Costinha dan Deco serta bagi pemain Belanda Khalid Boulahrouz dan Giovanni van Bronckhorst juga mencetak rekor baru untuk jumlah terbanyak pemain yang diusir dalam sebuah pertandingan.

Rekor sebelumnya adalah tiga yang terjadi pada 1938 pada pertandingan antara Brazil melawan Cekoslovakia. Selain itu, di tahun 1954, Brazil melawan Hungaria, dan 1998 saat Denmark melawan Afrika Selatan. Wasit yang sudah dua kali mengeluarkan tiga kartu merah dalam pertandingan pada Piala Dunia 2006 ini yakni saat Italia melawan AS, serta Australia melawan Kroasia.

Tetapi semua itu dikalahkan oleh Ivanov yang mengeluarkan kartu 20 kali.

Pencetak gol Maniche mengatakan bahwa ia tidak percaya pertandingan tersebut berlangsung sengit. "Wasit tidak berkontribusi untuk menjadikan ini pertandingan sepakbola yang bagus, tetapi menurut saya ini bukan pertandingan yang sengit."

Pelatihnya Luiz Felipe Scolari mengatakan: "Ada yang keterlaluan pada kedua tim, dan ada sedikit situasi yang bertentangan, terutama kartu merah untuk Deco."

Berikut ini adalah kartu kuning dalam pertandingan antara Portugal dan Belanda: Mark van Bommel (Belanda) '2, Khalid Boulahrouz (Belanda) '7, Maniche (Portugal) '20, Costinha (Portugal) '31, Costinha (Portugal) '46 (kartu merah '46), Petit (Portugal) '50, Giovanni van Bronckhorst (Belanda) '59, Luis Figo (Portugal) '60, Boulahrouz (Belanda) '63 (kartu merah '63), Deco (Portugal) '73, Wesley Sneijder (Belanda) '73, Rafael van der Vaart (Belanda) '74, Ricardo (Portugal) '76, Nuno Valente (Portugal) '76, Deco (Portugal) '78 (kartu merah '78), Giovanni van Bronckhorst (Belanda) '95 (kartu merah '95).

Sumber: Gatra.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan mengirimkan komentar yang sesuai dengan postingan diatas.
Kalau bisa jangan panggil saya "Pak/Om". Saya masih umur 25an kok dan belum married haha. Langsung panggil nama aja malah nggak papa, biar akrab hehe

Satu lagi, tolong berkomentar menggunakan nama pribadi. Jangan nama produk/bisnis/judul postingan artikel. Komentar menggunakan nama tersebut terpaksa akan saya hapus.

Praszetyawan.com

Sebuah blog personal berdiri sejak 2009

Terpopuler Bulan Ini

Random

randomposts