Banner Promo

Menu Pilihan

Rekor Cleansheet

Jika ada pertanyaan soal sosok kiper terbaik dunia, sudah pasti orang-orang tak akan lepas dari nama-nama beken seperti Lev Yashin, Dino Zoff, Sepp Maier, Gordon Banks, dan Ricardo Zamora.

Jawaban itu bisa jadi sah, namun jika ukurannya paling lama tak kebobolan, para kiper legendaris itu ternyata bukanlah yang terbaik. Faktanya, mereka tak mampu menembus waktu 1.000 menit tanpa kecolongan gol. Lalu siapa saja kiper-kiper yang mampu menjaga gawangnya tetap bersih dan tidak kebobolan?

Mazaropi (cleansheet terlama)
Inilah sosok yang masih memegang rekor cleansheet terlama hingga saat ini. Pemain bernama asli Geraldo Pereira de Matos Filho ini mampu menjaga gawang Vasco da Gama tak kebobolan selama 1.816 menit. Prestasi Mazaropi ini dilakukannya antara tanggal 18 Mei 1977 hingga 7 September 1978.
Satu hal yang perlu diingat, Mazaropi mencetak rekor tersebut saat Vasco da Gama bergulat di liga regional, bukan nasional. Terlepas dari hal itu, International Federation of Football and History (IFFHS) tetap mengakuinya sebagai kiper dengan cleansheet terlama di Benua Amerika dan dunia.

Thabet El-Batal (2 cleansheet)
Kiper kelahiran 1953 ini adalah yang terbaik di Afrika soal menjaga keperawanan gawangnya. Penjaga gawang yang mengabdi total untuk Al Ahly sepanjang kariernya itu tercatat dua kali menorehkan rekor cleansheet melebihi 1.000 menit. Rekor terbaiknya adalah 1.442 menit yang diciptakan antara tahun 1975 dan 1976.

Sepanjang sejarah, dia tercatat sebagai kiper ketiga yang mampu mencetak cleansheet lebih dari 1.000 menit. Dua pemain yang lebih dulu melakukan hal tersebut adalah rekan seklubnya, Ikram El-Shahhat (1973-74 dan 1976-77) dan kiper Guarani Asuncion asal Paraguay, Raimundo Aguilera (1967 dan 1969).

Dany Verlinden

Dany Verlinden (cleansheet terlama Eropa)
Di Benua Biru, nama Verlinden memang kalah tenar dari Yashin, Maier, Zamora, dan Banks. Bahkan, di Belgia sendiri namanya masih di bawah bayang-bayang Michel Preudhomme dan Jean Marie-Pfaff. Namun, dalam urusan mencetak cleansheet, dialah jagonya.

Dalam daftar pencetak cleansheet terlama, kiper kelahiran Aarschot, 15 Agustus 1963 itu berada di urutan ketiga. Sejak 3 Maret hingga 26 September 1990, Verlinden berhasil menjaga gawang Club Brugge tak kebobolan selama 1.390 menit. Catatan itu membuatnya melebihi Abel Resino (Spanyol, 1.275 menit) dan Gaetan Huard (Perancis, 1.266 menit).

Buljubasich dan El-Hadary (cleansheet terakhir )
Kedua kiper inilah yang terakhir kali berhasil menjaga keperawanan gawangnya melebihi 1.000 menit. Jose Maria Buljubasich yang sempat didiagnosis mengidap tumor otak mengawal gawang Universidad Catolica tak kebobolan selama 1.352 menit pada 2005. Sementara kiper timnas Mesir di Piala Afrika lalu, Essam El-Hadary mengawal gawang Al Ahly tak kemasukan gol selama 1.288 menit pada tahun 2006.

Al-Ahly
Klub raksasa Mesir ini adalah yang tersering menelurkan kiper dengan rekor cleansheet mencapai 1.000 menit. Tercatat ada empat kiper yang sempat melakukan hal itu. Di antara keempatnya, Ikrami El-Shahhat adalah yang terhebat. Dia membukukan tiga kali rekor cleansheet dengan menembus waktu 1.000 menit.

Sumber: duniasoccer.com
Brian Prasetyawan Guru SDN Sumur Batu 01 Pagi Jakarta. Menulis sejak 2009. Pengurus Asosiasi Guru Penulis PGRI. Pengurus Kelas Belajar Menulis Nusantara PGRI

Belum ada Komentar untuk "Rekor Cleansheet"

Posting Komentar

Silakan mengirimkan komentar yang sesuai dengan postingan diatas.

Tolong berkomentar menggunakan nama pribadi. Jangan nama produk/bisnis/judul postingan artikel. Komentar menggunakan nama tersebut terpaksa akan saya hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel