Banner Promo

Menu Pilihan

Cara Membuat Buku Antologi Bersama Siswa di Sekolah

Menumbuhkan budaya literasi di sekolah salah satunya melalui proyek pembuatan buku antologi. Cara yang saya lakukan adalah memberikan penugasan kepada siswa untuk menulis cerita pengalaman dengan tema “Hobi”.

Proses pembuatan buku antologi melalui tahap-tahap sebagai berikut

1. Sosialisasi
Guru mensosialisasikan kegiatan menulis cerita melalui grup WA kelas. Dalam sosialisasi tersebut, guru memberi tahu tema dan ketentuan menulis serta tata cara pengumpulannya.

2. Menulis cerita
Siswa diberi waktu paling lambat 2 minggu untuk menulis cerita. Siswa bisa menulis cerita di laptop menggunakan program Microsoft word minimal 1 halaman A4. Jika tidak memiliki laptop/computer, siswa Bisa menulis lewat handphone menggunakan aplikasi word count dengan ketentuan minimal panjang tulisan 250 kata.

3. Pengumpulan tulisan
Siswa yang sudah selesai menulis cerita mengumpulkan tulisannya kepada guru. Ada dua pilihan cara pengumpulan yaitu lewat email atau bisa juga lewat WA. Saya membuat daftar siswa yang sudah mengumpulkan tulisan di grup WA kelas. Sampai pada akhirnya tercantum nama seluruh siswa yang sudah mengumpulkan.

4. Revisi
Seluruh tulisan siswa yang sudah dikirim kepada guru, dicek satu per satu. Jika ada yang perlu perbaikan atau belum sesuai ketentuan, guru memberi tahu siswa agar diperbaiki dan mengirim kembali kepada guru.

5. Penyusunan naskah
Seluruh tulisan siswa disatukan dalam satu file Microsoft word dengan urutan naskah berdasarkan urutan nomor absen. Di paling akhir terdapat tulisan karya guru kelas. Guru juga membuat kata pengantar dan daftar isi.

6. Pengiriman naskah ke penerbit
Setelah naskah sudah siap, guru mengirim naskah melalui email penerbit dan melakukan pembayaran biaya penerbitan. Biaya penerbitan ditanggung oleh guru kelas. Saya tidak mewajibkan seluruh siswa membeli buku. Saya cetak ulang buku sesuai jumlah siswa yang bersedia membeli bukunya. Siswa yang membeli hanya mengganti biaya cetak saja sehingga harganya tidak terlalu memberatkan
Brian Prasetyawan Guru SDN Sumur Batu 01 Pagi Jakarta. Ngeblog sejak 2009. Telah menulis 3 buku solo dan 13 buku antologi. Ketua Komunitas Cakrawala Blogger Guru Nasional. Relawan Pengurus Pelatihan Belajar Menulis PGRI

Belum ada Komentar untuk "Cara Membuat Buku Antologi Bersama Siswa di Sekolah"

Posting Komentar

Silakan mengirimkan komentar yang sesuai dengan postingan diatas.

Tolong berkomentar menggunakan nama pribadi. Jangan nama produk/bisnis/judul postingan artikel. Komentar menggunakan nama tersebut terpaksa akan saya hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel