Banner Promo

Menu Pilihan

Teknologi Sepak Bola masa depan

Di masa depan, perkembangan teknologi sepakbola akan semakin dahsyat dan canggih. Dalam 10-15 tahun mendatang, berbagai temuan baru akan mewarnai dunia sepakbola. Berikut ini adalah beberapa teknologi yang bakal di gunakan dalam sepakbola.


1.Teknologi Nanoshirts

Inilah terobosan termutakhir di pakaian pemain. Pada masa datang,pakaian akan diberi zat vitamin dan mineral. Dengan kecanggihan teknologi, penyerapannya dilakukan melalui kulit.

Nantinya para pebola akan bisa mendapat pasokan nutrisi yang dibutuhkan dari mineral yang dilekatkan pada pakaian saat masih main di lapangan. Hal ini akan dilakukan untuk mengganti nutrisi yang keluar karena keringat. Nutrisi yang diberikan pada pakaian pemain akan berbeda-beda, sesuai dengan kebutuhannya masing-masing.

2.Organ Buatan

Simon Eassom, Kepala Penelitian Olahraga Universitas De Monfort, Inggris percaya bahwa kelak para pebola akan memakai organ buatan untuk dipasang di tubuh mereka. Ini bertujuan agar pemain lebih kuat dan super.

“Para Atlet akan tergoda untuk memasang jantung buatan didada mereka agar bisa memompa aliran darah lebih bagus. Dengan jantung yang kuat maka stamina mereka akan lebih bagus.” Ujar Easssom.

Selain itu, kornea buatan untuk mata juga akan dipakai. Kornea itu membuat kualitas dan jarak pandang pemain akan lenih bagus. Ini jelas membantu mereka member umpan jarak jauh yang akurat.

3. Stadion

Di masa depan, stadion akan di bangun di area yang sangat luas. Kemudian area disekitar stadion akan dibangun pemukiman bagi supporter seperti apartemen, kondominium, dll. Maka, supporter pun akan lebih dekat datang ke stadion untuk mendukung tim kesayangannya. Selain itu, stadion juga bisa mengatur cuaca sendiri dengan teknologi microclimates. Kabarnya Portsmouth akan mengadopsi konsep ini.


4. Asisten Robot.

Wasit pemimpin pertandingan nantinya akan mendapat asisten wasit berupa robot, bukan manusia lagi. Setiap pemain akan dikoneksikan dengan teknologi GPS. Perangkat pertandingan akan dilengkapi penerima GPS untuk memantau posisi offside dan menentukan dimana tendangan bebas dilakukan.


5. Penanaman Chip

Tidak hanya bola. Sepatu pemain pun akan ditanam chip sensor. Dengan itu akan ketahuan pemain mana yang paling akhir menyentuh bola untuk menentukan lemparan ke dalam dan sepak pojok. Selain itu bisa juga dipakai menyimulasi proses pelanggaran dan mengetahui dengan pasti apakah murni pelanggaran atau diving.


6. Multimedia Di Bangku Penonton

Saat ini, jeda istirahat di stadion terasa membosankan karena terhentinya pertandingan. Namun, penonton sepakbola di stadion pada masa depan akan mendapat fasilitas lebih dan tidak hanya duduk di kursi penonton dan makan makanan ringan saat half-time atau masa istirahat.

Kelak di setiap bangku penonton akan dilengkapai LCD mini yang bisa melakukan replay jalannya pertandingan sesuka hati. Hebatnya lagi, pada tv mini itu juga dilengkapi ratusan sudut pandang kamera yang berbeda-beda.


7. Teknologi 3D Holographic.

Roy Jones, Profesor teknologi olahraga dari Universitas Loughborough, berkata “Kami memiliki skenario bahwa nantinya nonton siaran langsung di luar stadion tidak dilakukan di rumah sendiri atau dengan Tv biasa.”

Para fans akan mengunjungi Pub, kafe, atau tempat sejenisnya untuk menonton pertandingan bersama-sama di layar televisi besar dengan teknologi 3D Holographic. Efek televisi ini sangat dhasyat karena pemain seolah-olah bisa hadir di tengah mereka. Jadi, atmosfer di stadion bisa terasa di pub
Brian Prasetyawan Guru SDN Sumur Batu 01 Pagi Jakarta. Menulis sejak 2009. Pengurus Asosiasi Guru Penulis PGRI. Pengurus Kelas Belajar Menulis Nusantara PGRI

1 Komentar untuk "Teknologi Sepak Bola masa depan"

  1. Hehehe... bener jg tuh. Satu lg, penontonnya jg jgn smpe robot..hehehe.

    Thanks y sdh mampir k blogku

    BalasHapus
Silakan mengirimkan komentar yang sesuai dengan postingan diatas.

Tolong berkomentar menggunakan nama pribadi. Jangan nama produk/bisnis/judul postingan artikel. Komentar menggunakan nama tersebut terpaksa akan saya hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel