Karena yang tertulis akan bernilai di masa depan

24 Desember 2017

Menata Ulang Perpustakaan Sekolah

Desember 24, 2017

Selama saya bekerja di sekolah tempat saya mengajar sekarang, ada beberapa rencana yang ingin saya lakukan. Salah satunya adalah membenahi dan mengaktifkan kembali perpustakaan. Perpustakaan sekolah saya menempati satu ruangan yang tidak terlalu luas. Masalahnya adalah ruang yang tidak luas itu makin terasa sempit karena terdapat beraneka barang. Bagian tengah ruangan dipenuhi 10 meja komputer dan bagian pinggir kanannya terdapat dua meja lab. Beberapa barang yang tidak terkait perpustakaan juga berada disitu. Ada juga rak untuk meyimpan kartu anggota yang menurut saya itu tidak diperlukan. Kemudian, buku-buku pelajaran bekas yang berasal dari ruang-ruang kelas juga dioper ke perpustakaan. Maka jadilah perpustakaan yang merangkap menjadi gudang.

Saya sebenarnya sudah sangat gatal ingin membenahi perpustakaan itu. Melihat ukuran ruangan yang tidak besar, maka konsep yang tepat adalah membuat bagian tengah ruangan kosong tanpa ada kursi dan meja. Sebagai gantinya, disediakan karpet untuk duduk. Demi mewujudkan konsep itu, maka barang-barang yang hanya membuat sempit ruangan ingin sekali saya keluar-keluarkan. Tapi barang-barang itu mau diletakkan dimana ? Disatu sisi, ruang gudang berada di lantai tiga dan sepertinya sudah penuh.

Saya pun mengusulkan pembenahan perpustakaan ke kepala sekolah. Setelah beberapa lama, akhirnya mulai terlihat respon positif kepala sekolah. Dukungan mulai terasa. Barang-barang yang membuat sempit diijinkan untuk dikeluarkan. Buku-buku pelajaran diijinkan untuk dijual. Bahkan beliau juga sudah memikirkan pengadaan sarana untuk kedepannya. Saya cukup senang karena kepala sekolah mulai mempunyai visi yang sama dengan saya terhadap perpustakaan.

Saya juga ditugaskan untuk mengelompokkan buku sesuai dengan kategorinya. Memang, saya melihat penataan buku juga menjadi persoalan. Jika dilihat sekilas, koleksi bukunya cukup banyak. Semua rak sudah terisi buku. Namun pengelompokkan bukunya kurang jelas. Rak-rak tidak diberi label kategori buku. Sehingga orang yang melihat, tidak tahu buku tentang apa yang ada di rak tersebut. Bahkan saya menemukan ada sejumlah buku yang ternyata tidak cocok untuk anak SD.

Akhirnya pada Sabtu 3 September 2017, saya niatkan ke sekolah untuk mulai pembenahan. Saya di bantu guru olahraga. Meja lab dan barang lain yang tidak diperlukan dikeluarkan. Buku pelajaran yang menggunung juga dikeluarkan.

buku pelajaran yang memenuhi perpus

Buku-buku yang ada di rak di turunkan semua. Rak-rak pun kosong.  Dan jadilah area tengah ruangan dipenuhi buku-buku yang berserakan.




Selanjutnya buku-buku tersebut diletakkan kembali di rak-rak sesuai dengan kategorinya. Setelah buku-buku masuk rak semua, tinggal menata ruangan. Masih ada beberapa meja komputer yang  belum memungkinkan untuk dikeluarkan karena tidak ada tempat penampungan lain. Maka untuk sementara saya atur saja penempatannya menjadi seperti gambar berikut
.



Setelah membereskan barang dan penataan ulang koleksi buku, saya punya tugas baru yaitu pendataan koleksi buku.

Namun, baru mulai saya mendata buku-buku, aktivitas pembenahan perpus harus berhenti di tengah jalan. Ruang perpus kini justru dipakai menjadi ruang kelas 6 karena adanya rencana renovasi di lantai tiga. Buku-buku yang sudah ditata sesuai kategori, sepertinya kembali berantakan.

Hmm.... Yasudah. Berarti harus menunggu nanti setelah renovasi selesai. Mungkin dua tahun lagi.

12 November 2017

Banyak Ide Minim Eksekusi

November 12, 2017

Mungkin salah satu problem seorang blogger adalah kehabisan ide postingan untuk menulis di blog.  Namun problem yang saya alami justru sebaliknya. Saya kebanyakan ide tapi minim eksekusi untuk menjadikannya sebuah postingan. Mari kita tengok draft blog saya. 
Ada 81 draft ! Dan draft terlama yang tersimpan adalah tahun 2013. Itu artinya sudah mengendap 4 tahun ! Tapi itu sebenarnya sudah berkurang karena sebelumnya pernah mencapai rekor 93 draft. Berkurang bukan karena sudah jadi postingan, tapi ya karena cuma udah di hapus-hapus saja.  
Cara lain agar berkurang adalah, saya menggabung beberapa draft menjadi satu karena saya melihat draft-draft itu saling berhubungan.



Draft yang dihapus biasanya karena sudah "basi" sehingga tidak cocok lagi kalau diposting sekarang ini. Kalau sudah begitu, kadang jadi nyesel. Padahal draft itu sebenernya bahan yang bagus untuk diposting. Jadi untuk tetap mempertahankan draft yang sudah lama, saya ganti gaya menulisnya atau sudut pandangnya. Misalnya dibuat jadi seperti nostalgia.

Draft terbaru yang saya sesali karena tak kunjung selesai adalah opini saya tentang timnas U-19 di piala AFF 2017 dan timnas U-22 di ajang SEA Games 2017. Di dalamnya saya juga ingin membahas  fenomena kosakata-kosakata komentator bung Valentino "Jebret" Simanjuntak. Waktu itu muncul frasa umpan membelah lautan, dan lain-lain.  Tentu sudah basi jika diposting sekarang. Memang sih belum saya hapus, tapi saya belum menemukan sudut pandang yang pas agar relevan jika diposting sekarang ini. Kalau tega, saya sudah hapus draft itu. Tapi takut ntar nyesel haha.

Nah yaudah saya cuma sekedar utak-atik draft blog seperti itu saja, menghapus dan menggabungkan. Eksekusi mempostingnya masih kurang sering. Apalagi sekarang ini, saya rasakan lebih parah.  Saya tidak tahu apakah saya mengalami titik jenuh atau apa. Di satu sisi saya sudah mencoba mendorong diri selalu untuk menulis saat weekend. Namun setelah menulis beberapa baris langsung berhenti. Itu terjadi berulang-ulang. Hasilnya beberapa draft sudah ada tulisannya tapi belum selesai. Itulah penyakit sesungguhnya. Mulai menulis dan tidak langsung saya selesaikan. 

Setelah dipikir-pikir, kesulitan yang saya temui adalah bagaimana merangkai poin-poin gagasan pokok menjadi paragraf-paragraf yang padu. Tak jarang saya mentok karena kesulitan menemukan kata yang ingin saya ungkapkan. "Saya mau ngomong begini, tapi gimana nulisnya ya" kira-kira seperti itu gambarannya. Kalaupun saya lanjutkan menulis, takutnya tulisannya tidak dimengerti pembaca.

Mungkin kedepannya saya harus lebih percaya diri dalam menulis agar tidak terjadi lagi menulis berhenti di tengah jalan

Bagi kalian para blogger, apakah pernah mengalami hal yang sama ? Kalau mau, silakan share lewat kolom komentar 😃

NB: Eh... lah ini akhirnya saya bisa langsung menyelesaikan satu tulisan tanpa berhenti dahulu hehe

14 Oktober 2017

Chord Nidji - Sabar

Oktober 14, 2017


D           G           D
jika kau rasa kesal
G        Bm              G           D        
maka teriaklah, teriak di sini
D           G           D
jika kau rasa bosan
G        Bm              G           D    
maka pergilah, pergi tapi kembali
F#m-G                                                 Bm
         kita memang tak selalu satu kepala
                                             G
beda beda namun tujuan sama
                                           G              A
takkan ada yang lebih dari ini di dunia

D           G           D
jika kau rasa sedih
G        Bm              G           D    
maka pundak ini selalu di sini
D           G           D
jika kau jatuh cinta
G        Bm              G           D    
maka cerita dan berbagilah denganku


F#m-G                                                 Bm
         kita memang tak selalu satu kepala
                                             G
beda beda namun tujuan sama
                                                         A
takkan ada yang lebih dari ini di dunia

D                                         A
bila selamanya berbagi cerita
                                      Bm
sabarlah kamu dengan aku
                                    G
jabat tanganku tanpa ragu (bersabar)
D                                      A
kita hadapi kerasnya dunia
                                   Bm
sabarlah kamu dengan aku
         G             A
ku tahu kau takkan kemana

music: G D Bm A
            G D Bm

(kita memang tak selalu satu kepala
beda beda namun tujuan sama
takkan ada yang lebih dari ini di dunia)

D                                         A
bila selamanya berbagi cerita
                                      Bm
sabarlah kamu dengan aku
                                    G
jabat tanganku tanpa ragu (bersabar)
 D                                      A
kita hadapi kerasnya dunia
                                   Bm
sabarlah kamu dengan aku,
G                       A
ooh sabar sabarlah

 D                                      A
kita hadapi kerasnya dunia
                                   Bm
sabarlah kamu dengan aku,
         G             A
ku tahu kau takkan kemana

NB: chord ini saya buat sambil mendengarkan lagunya. Silakan memberi masukkan jika ada chord yang salah

13 Oktober 2017

Format Daftar Nilai Kurikulum 2013 Revisi 2016 Kelas 4 SD Semester 1

Oktober 13, 2017


Aplikasi rapot kurikulum 2013 revisi 2016 memang sudah banyak beredar di internet. Namun aplikasi itu baru bisa digunakan jika guru sudah memiliki nilai akhir PH (penilaian harian) tiap KD per pelajaran. Saya belum menemukan aplikasi yang bisa menampung nilai PH (tugas + ulangan harian) yang akan diolah hingga menjadi nilai akhir. Melihat itu maka saya buat format daftar nilai ini. Jadi setelah mendapat nilai akhir dari format ini, selanjutnya dicopas dan masukkan ke aplikasi rapot K13.

Aplikasi ini saya buat berdasarkan penafsiran saya sendiri. Jadi silakan memberi masukan jika ada yang salah di format tersebut.

Silakan di download Format Daftar Nilai Kurikulum 2013 Revisi 2016 Kelas 4 SD Semester 1

07 Oktober 2017

Chord Ringgo 5 - Valeria

Oktober 07, 2017


A# F
it’s been a while, been a while you came by
D#
cause lately i, lately i’ve been missing you
A# F
right here right now i’m loving you
D#
only from this blue screen i can feel you
A#
i would do anything for you
F
i would reach out my hands just for you
D#
oh baby will you do the same
D#
cause i can go crazy i’m lonely

Reff:
A#
got a ticket to your house i’m going
F
fast enough to your heart i’m coming
D#
wake up wake up valeria
D#
wake up wake up valeria
A#
missing you more than anything
 F
i’ve been calling you not a single day i miss
D#
wake up wake up valeria
D#
wake up wake up valeria

MUSIC:A# F D#

A#
down town right here in jakarta
F
far away distance between us
D#
right here right now i’m missing you
D#
only from this blue screen i can feel you
A#
i would do anything for you
F
i would reach out my hands just for you
D#
oh baby will you do the same
D#
cause i can go crazy i’m lonely

Back to Reff

Gm F
leaving all the things behind
F D#
cuz i can’t go a day without
D#
hearing your voice every night

Gm F
leaving all the things behind
F
cuz i can’t go a day without
D#
calling you, missing you, loving you
D#                                    F
oh baby what did you to me

Back to Reff 2x

26 September 2017

Main ke Kota Kembang, Wajib Banget Mampir Ke Dusun Bambu Bandung!

September 26, 2017

sumber:piknikasik.com

Liburan keluar kota bisa menjadi pilihan untuk menghilangkan kepenatan setelah lima hari bekerja. Namun waktu weekend cukup singkat sehingga kita mesti bijak memilih destinasi. Jangan sampai waktu habis hanya untuk perjalanan saja. Kita bisa memilih satu destinasi yang mampu mendukung beragam aktivitas liburan. Salah satu tempat yang menawarkan banyak keseruan selama liburan adalah Dusun Bambu di Bandung 
Tempat wisata di Bandung kali ini menawarkan beragam fasilitas liburan dan juga keseruan tanpa harus berpindah-pindah lokasi. Dusun Bambu sendiri terletak di Gunung Burangrang Cisarua, Lembang. Keseruan berlibur di Desa Bambu sudah bisa kamu rasakan saat berada di loket masuk. Setelah membayar tiket masuk, kamu akan diantar dengan kendaraan khusus yang bernama ontang-anting untuk berkeliling menyusuri Desa Bambu.
Banyak lokasi yang patut dikunjungi jika berada di tempat wisata yang memang lagi hits ini. Seperti Burangrang Cafe and Resto yang menawarkan sajian makanan dan minuman istimewa sambil melihat keindahan pemandangan alam. Atau kalau ingin menyantap makanan dengan suasana yang berbeda, bisa mengunjungi Lutung Kasarung, yakni sebuah restoran yang didesign mirip dengan sangkar burung. Pasti menjadi pengalaman yang seru bisa makan siang di dalam sangkar burung.

sumber:travel.kompas.com

Kemudian tentu jangan sampai ketinggalan bersantap dan berfoto di Restoran Purbasari. Restoran yang menjadi primadona di Dusun Bambu itu sangat instagramable. Menikmati sajian khas tanah Sunda sambil melihat pemandangan danau yang menawan, bisa menjadi pengalaman baru bagi kamu. 
Lalu bagaimana jika saat jalan-jalan ke Dusun Bambu, kita berencana ingin menginap ? Jangan kuatir, tempat wisata di Bandung ini juga menyediakan vila dengan bangunan yang tidak biasa. Bangunan vila tersebut menggunakan rajutan bambu dengan dekorasi khas pedesaan. Dan disekeliling vila, terdapat tumbuhan hijau lebat yang pasti akan membuat kamu betah lama-lama di sana.
Jika ingin merasakan pengalaman bermalam di suasana alam terbuka, Dusun Bambu ini juga menyediakan Camp Ground juga loh. Terletak di pinggiran danau, menjadikan pengalaman bermalam semakin menyenangkan. Jangan sekali-kali untuk melewatkan matahari terbit di tempat ini. Keindahan cahaya matahari pagi yang menyinari danau akan memanjahkan mata .
sumber:dusunbambu.com
Karena area wisata Dusun Bambu ini cukup luas, banyak aktifitas yang bisa kamu lakukan di sana, seperti bersepeda bersama orang-orang tercinta atau keluarga. Dengan pemandangan alamnya yang indah, bersepeda di Dusun Bambu tidak hanya menyegarkan badan saja, tapi juga menyegarkan mata.
Olahraga lain yang bisa kamu lakukan di tempat wisata Bandung ini yaitu lari. Udaranya yang sejuk akan menambah semangat kamu berlari mengelilingi Dusun Bambu. Untuk kamu yang mengajak keluarga terutama anak-anak, Dusun Bambu juga menyediakan fasilitas yang cocok untuk kegiatan anak-anak. Seperti outbond dan aneka macam wahana bermain dengan muatan edukasi.
Hanya dengan membayar tiket masuk 15 ribu rupiah saja, kamu bisa merasakan pengalaman berlibur tanpa harus membuang waktu dan juga tenaga. Menarik kan ? Langsung saja ajak kesayangan kamu untuk berkunjung dan menikmati keseruan tempat wisata di Bandung yang satu ini.
sumber:dusunbambu.com
Oh iya, sebagai informasi tambahan, sebelum melakukan perjalanan ke Dusun Bambu, pastikan kendaraan kamu dalam kondisi prima ya. Karena selama perjalanan menuju ke sana, kamu akan menemukan tanjakan dan turunan yang cukup curam. 

21 September 2017

Chord Ringgo 5 - Alright

September 21, 2017


Em
baby just hold on tight to me,
C
take my hand and youll be fine
G D
dont you worry cuz everythings gonna be alright
Em
yea its gonna be alright

C G Em
you and i are meant to be true
D
together till the end
C G
and i just want you to know
Em D
we can make it, yea we make it
C G
ooooo
Em D
we found love in the city everywhere
C G
ooooo
Em D
we know we make it through

Em
baby just hold on tight to me,
C
take my hand and youll be fine
G D
dont you worry cuz everythings gonna be alright
Em
baby just hold on tight to me,
C
take my hand and youll be fine
G D
dont you worry cuz everythings gonna be alright
D
yea its gonna be alrighy

C G Em D
dont worry about the things that i wanna tell you
C G
yea i love you and thank you
Em D
for being with us till the end

C G
ooooo
Em D
we found love in the city everywhere
C G
ooooo
Em D
we know we make it through

Em
baby just hold on tight to me,
C
take my hand and youll be fine
G D
dont you worry cuz everythings gonna be alright
Em
baby just hold on tight to me,
C
take my hand and youll be fine
G D
dont you worry cuz everythings gonna be alright
D
yea its gonna be alrighy

C G
no matter what it takes
Em D
you know that i stick with you  (4x)

Em
baby just hold on tight to me,
C
take my hand and youll be fine
G D
dont you worry cuz everythings gonna be alright


Em
baby just hold on tight to me now,
C
????????????????
G D
?????????????????

Em
baby just hold on tight to me,
C
take my hand and youll be fine
G D
dont you worry cuz everythings gonna be alright
D
yea its gonna be alrighy
Em
baby just hold on tight to me,
C
take my hand and youll be fine
G D
dont you worry cuz everythings gonna be alright
Em
yea its gonna be alrighy

NB: Chord ini saya cari sendiri dengan mendengarkan lagunya. Maaf bila ada chord yang kurang pas. Maaf juga karena ada lirik yang saya tidak ketahui (saya beri tanda: ???). Jika kalian tahu liriknya, silakan sampaikan di kolom komentar.

lirik: ringgo5.com
chord: praszetyawan.com

01 September 2017

10 Pemain Liga 1 Termahal, Pemain Kewarganegaraan Indonesia Peringkat Berapa Ya ?

September 01, 2017

Saya nggak sengaja menemukan berita tentang harga bandrol pemain timnas U 22 pasca SEA Games 2017 kemarin. Menurut website tersebut, ternyata nilai jual pasukan garuda muda meroket. Berdasarkan data transfermarkt, ada yang bernilai Rp 2,5 Miliar.

Dari berita itu saya jadi ingin tahu lebih jauh harga nilai jual pemain Liga 1, baik pemain asli Indonesia maupun pemain asingnya. Namun disatu sisi, nilai/harga pemain di Liga Indonesia kurang terekspos secara gamblang. Ujung-ujungnya media hanya bisa menebak-nebak. Kalau kayak gitu jadi nggak asik.

Maka saya menggunakan data yang lumayan bisa dipercaya lah, yaitu dengan mengakses transfermarkt.com. Sebelum kesitu, saya mau beri tahu dulu bahwa ternyata total nilai seluruh pemain Liga 1 adalah 47 juta euro. Itu adalah harga yang kurang lebih sama sewaktu Arsenal membeli Mesut Ozil tahun 2013 yang lalu. Ya jadi ratusan pemain Liga 1 = Satu Mesut Ozil hahaha. Oke itu intermezo sejenak ya hehe

Oke kembali ke laptop

Harga/nilai pemain yang tercantum adalah bandrol dari transfermarkt, bukan harga transfer atau nilai kontrak. Tapi setidaknya itu dapat menjadi gambaran nilai pemain Liga 1. Saya akan menampilkan 10 pemain Liga 1 termahal.  Pemain Indonesia ada tidak ya di 10 besar tersebut ? Let's check this out

1. Ezechiel Ndouasel || Chad || Persib Bandung || 650 ribu Euro (Rp 10,3 Miliar)

2 Michael Essien || Ghana || Persib Bandung || 500 ribu Euro (Rp 7,9 Miliar)

3 Peter Odemwingie || Nigeria || Madura United FC || 500 ribu Euro (Rp 7,9 Miliar)

4 Marcos Flores Marcos Flores || Argentina || Bali United FC || 500 ribu Euro (Rp 7,9 Miliar)

5 Mohamed Sissoko  Mali || Mitra Kukar FC || 400 ribu Euro (Rp 6,3 Miliar)

6 Reinaldo Reinaldo || Brazil-Australia || PSM Makassar || 400 ribu Euro (Rp 6,3 Miliar)

7 Juan Pablo Pino Juan ||  Kolombia || Arema FC || 400 ribu Euro (Rp 6,3 Miliar)

8 Sylvano Comvalius || Belanda || Bali United FC || 400 ribu Euro (Rp 6,3 Miliar)

9 Stefano Lilipaly || Indonesia || Bali United FC || 400 ribu Euro (Rp 6,3 Miliar)

10 Ivan Carlos || Brazil || Persela Lamongan 375 ribu Euro (Rp 5,9 Miliar)

Nah itu dia 10 Pemain Bandrol Termahal Liga 1. Data ini saya akses pada September 2017. Dari data tersebut, terlihat hanya Stefano Lilipaly pemain Indonesia yang berada di sepuluh besar. Itu saja sebenernya dia pemain naturalisasi.

Boaz Solossa
Lalu di mana pemain asli Indonesia ? Ternyata ada di peringkat 12 yaitu Boaz Solossa dengan nilai bandrol 350 ribu Euro (Rp 5,5 miliar). Kemudian ada Achmad Jufrianto di peringkat 27 yang bernilai 175 ribu Euro (Rp 2,7 miliar)

Achmad Jufrianto 


26 Agustus 2017

Mari Move On: Lupakan Insiden Bendera Terbalik

Agustus 26, 2017

SEA Games 2017 mendapat sorotan dari berbagai pihak. Bukan karena penampilan para atlet atau prestasi negara peserta, melainkan "kelakuan" sang tuan rumah. Malaysia sebagai tuan rumah beberapa kali berulah sehingga membuat tidak nyaman atau membuat rugi Indonesia. Tidak hanya terhadap Indonesia, beberapa negara peserta lain juga merasakan hal yang sama.

Beberapa pertandingan disinyalir mengandung kecurangan oleh wasit. Puncaknya adalah saat diketahui bahwa warna bendera Indonesia tercetak terbalik (putih-merah) di buku souvenir SEA games 2017 yang dibagikan untuk para atlet. Warna bendera Indonesia juga terbalik di koran lokal Malaysia.

Kok ada Polandia disitu ? 😆

Hal tersebut menjadi trending topic seluruh bangsa Indonesia (agak lebay ya hehe). Warganet belomba-lomba memberi tanggapan atas insiden tersebut mulai dari ngetweet, meme, sampai tulisan artikel. Mulai dari yang benar-benar menunjukkan emosi sampai dengan gaya menyindir. Jujur saja saya juga sedikit esmosi, eh... emosi melihat insiden itu. Nggak habis pikir saya. Itu Bendera dua warna aja loh.

Namun dari berbagai tanggapan tersebut ada satu tulisan bagus yang bergenre sarkasme.

Baca: Jadi Gak Enak, Malaysia Perlakukan Indonesia Seperti Raja 

Itu adalah tanggapan cerdas. Tidak menunjukkan emosi malah dibawa dengan gaya yang menarik dan menghibur namun tetap mengena pada esensinya.

Melihat insiden itu, Malaysia cukup sigap menanggapinya dengan merilis pernyataan mohon maaf atas insiden terbaliknya warna bendera Indonesia. Bahkan kalangan parpol dan perguruan tinggi disana. kata menpora, juga meminta maaf. Ya sudah maapin ya.

Tapi di dunia maya banyak yang bilang bahwa "nanti kita balas di Asian Games 2018". Nah ini memang bisa menjadi senjata. Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games memiliki keuntungan untuk bisa berbuat apa saja, termasuk membalas Malaysia. Namun apakah membalas kecurangan dengan kecurangan itu tindakan yang tepat ? Saya rasa tidak. Karena itu membuat Indonesia sama saja dengan Malaysia, dipandang kurang baik. Jadi jangan membalas dalam arti negatif tapi dengan cara yang positif dan elegan.

Menpora menyatakan akan menghukum wasit yang curang dengan tidak menggunakan jasanya di Asian Games. Menurut saya itu sanksi yang cukup. Selebihnya mari kita berusaha menjadi tuan rumah yang lebih baik dan lebih profesional dari Malaysia.

Dari segi infrastruktur, Gelora Bung Karno sebagai venue utama sudah hampir selesai direnovasi. Kita bisa rasakan makin megahnya GBK yang membuat kita bangga.



Venue-venue lain pun juga masih terus dibenahi. Tinggal kita yang mesti move on. Lupakan insiden bendera terbalik dan hal-hal tak mengenakkan lainnya. Sebagai bangsa tuan rumah Asian Games, kita harus bersikap sebaik mungkin dan menyenangkan bagi negara-negara peserta. Memberi layanan yang memuaskan. Termasuk terhadap Malaysia. Dengan begitu maka semoga negara-negara peserta merasa nyaman dan terkesan. Dari situ mereka bisa menilai tuan rumah mana yang lebih baik. Pada akhirnya biarkan Malaysia jadi malu sendiri.

NB: Seharusnya tulisan ini dipublish beberapa hari yang lalu. Kalau sekarang momennya udah nggak pas karena sepertinya rakyat Indonesia sudah mulai move on. Dan percayalah, saya juga udah move on kok dari kamu 😆

16 Agustus 2017

Deretan Smartphone Terbaru di Tahun 2017

Agustus 16, 2017

Punya rencana untuk ganti smartphone di tahun 2017 ini?

Teknologi smartphone memang senantiasa berkembang pesat. Karena para produsen berusaha menyajikan aneka smartphone baru dengan fitur canggih dan harga bersahabat. Kita pun makin leluasa memilih smartphone sesuai budget dan kebutuhan.
Beli smartphone kini makin hemat dan praktis sejak kita mengandalkan MatahariMall. Pilihan smartphone di toko online terpercaya ini memang variatif. Kita bahkan bisa menemukan deretan smartphone terbaru tahun 2017 ini di MatahariMall:

Xiaomi Redmi 4A
ibuygou.com
Smartphone besutan Xiaomi ini dipersenjatai dengan prosesor Octa-Core 1.4 GHz Cortex A-53. Sehingga performanya tentu tergolong unggul dan siap digunakan untuk multitasking. Layar berteknologi IPS sebesar 5 inchi pun akan menyuguhkan pengalaman mobile yang istimewa bagi kita. Soal urusan kapasitas penyimpanan, Xiaomi Redmi 4A memiliki memori internal 16 GB.
Slot dual SIM pada smartphone ini juga memudahkan kita untuk menggunakan dua kartu dari provider yang berbeda. Xiaomi Redmi 4A diperkuat oleh Android Marshmellow dan RAM sebesar 2GB. Kamera utama beresolusi 13 MP dan kamera depan 5 MP tentu akan mendukung aktivitas fotografi yang kita sukai.

Samsung Galaxy J3 Pro
samsung.com
Siapa sih yang tak kenal dengan Samsung yang unggul di bidang smartphone. Di kelas menengah, Samsung menyuguhkan Galaxy J3 Pro yang fiturnya menarik dan harganya terjangkau. Smartphone Samsung yang satu ini sangat ringan dan nyaman digenggam, bobotmya kurang dari 150 gram. Teknologi layar super amoled display berukuran 5 inch akan membuat kita nyaman saat beraktivitas mobile.
Untuk urusan prosesor, kita disuguhi dapur pacu berteknologi Quad Core 1,2 GHz dan RAM sebesar 2 GB. Kapasitas baterai sebesar 2.600 mAH terbilang lebih dari cukup untuk mendukung segala aktivitas kita. Mengirim email, chat, mengakses media sosial dan menikmati aplikasi hiburan jadi makin mudah dengan Galaxy J3 Pro.

Asus Zenfone 3 Max ZC520TL
asus.com
Seri Asus Zenfone 3 Max ini termasuk salah satu yang paling dinantikan di tahun 2017. Asus Zenfone 3 MAX memiliki prosesor Quad Core 1,25 GHz A53. Layarnya yang berukuran 5,2 inch tidak membuat kita kesulitan menggenggamnya. Karena bentuk Asus Zenfone 3 Max didesain secara ergonomis dengan bobot kurang lebih 150 gram saja. Hobi fotografi akan didukung oleh kamera utama beresolusi 13 MP dan kamera depan 5 MP. Kita tak perlu khawatir akan mengalami low bat saat menggunakan smartphone canggih yang satu ini. Sebab Asus Zenfone 3 Max juga sudah dibekali dengan baterai berkapasitas 4.130 mAH.

Oppo A57
indowarta.com
Dengan dukungan RAM sebesar 3GB, Oppo A57 terbilang unggul bila dibandingkan dengan smartphone dari kelas yang sama. Oppo A57 juga memiliki memori internal 32 GB yang tergolong besar. Cukup untuk menyimpan berbagai file foto, musik, dan dokumen penting lainnya. Kamera Oppo 57 juga tak kalah istimewa bila dibandingkan dengan kamera kelas profesional. Karena kita bisa mendapatkan fitur kamera utama beresolusi 16 MP dan kamera depan 13 MP.
Selain keempat smartphone unggulan tersebut, MatahariMall masih punya beragam koleksi smartphone lain yang tak kalah berkualitas. Semua smartphone di MatahariMall dilengkapi dengan garansi resmi yang memudahkan kita saat mengurus kerusakan. Jangan tunda lama-lama keinginan untuk berbelanja online di MatahariMall. Supaya kita tidak kehabisan produk yang kita inginkan. Sejak ada MatahariMall, membeli smartphone berkualitas jadi makin praktis, hemat, dan menyenangkan. Sudah menentukan smartphone yang sesuai dengan budget dan kebutuhan kita.

24 Juli 2017

Hotel-Hotel Murah Yang Instagram Material Di Kuta, Bali

Juli 24, 2017

Photo: kutaseaview.com 

Berwisata ke Bali, bukan berarti kalian harus merogoh kocek dalam hanya untuk sekedar menikmati keindahan pantai di Pulau Dewata. Setidaknya ada 4 hotel di Kuta Bali dengan pemandangan pantai yang mempesona, dan kalian bisa menginap disini dengan harga di bawah Rp1 juta! Bayangkan, kalian bangun tidur dengan view laut dan melihat para nelayan yang sedang mempersiapkan kapal untuk mencari ikan, atau saat mereka kembali membawa hasil tangkapannya, dan di malam harinya, kalian bisa tidur nyenyak dengan ditemani suara deburan ombak. Suasana liburan yang sempurna.

Catatan: Harga yang tertera pada artikel di bawah ini adalah harga saat low season, belum termasuk service charge dan pajak. Harga hotel bisa berubah pada saat high season dan juga tergantung pada ketersediaan kamar. Untuk mendapatkan harga terbaik, sebaiknya kalian melakukan booking hotel termurah di sekitar Kuta terlebih dahulu. Cek harga kamar hotel melalui www.reservasi.com dan lakukan konfirmasi harga final sebelum mengkonfirmasikan pesanan, caranya dengan menghubungi langsung pihak hotel.

● Best Western Kuta Beach
Hanya perlu 20 menit berkendara dari Bandara Internasional Ngurah Rai Bali untuk sampai di hotel dengan dominasi warna-warna cerah yang menjadi ciri khasnya. Ingin berjemur tanpa harus berdesakan dengan wisatawan lain? Hotel ini memiliki kolam renang yang terletak di bagian rooftop-nya, sehingga memungkinkan kalian untuk bisa menikmati sesi berjemur yang maksimal tanpa gangguan, terdapat pula bar yang bisa kalian pilih untuk menikmati sunset tanpa harus pergi dari hotel
.
Best Western Kuta Beach
Mulai dari Rp500.000,- per malam
Lokasi: Jalan Benesari, Pantai Kuta, Kuta, Kabupaten Badung, Bali 80361
Telepon: 0361-754 396

● The Kuta Beach Heritage Hotel
Hotel yang mengusung konsep butik hotel ini akan dengan mudah membawa kalian menuju suasana holiday mood. Untuk menuju pusat belanja, dapat ditempuh dalam waktu 7 menit saja, kalian pun bisa puas belanja souvenir di sana. Atau mau berpesta semalaman? kalian bisa mampir ke Pyramid Club, yang menampilkan entertainment berupa orang yang dihiasi oleh lampu neon di sekujur tubuhnya sambil berjalan berkeliling club, pertunjukkan live band rock, dan juga atraksi penari. Dan jika kalian memilih untuk berdiam di tempat yang lebih sepi, kalian bisa menikmati minuman diatas rooftop atau berendam di infinity pool sambil menikmati pemandangan panorama indah Pantai Kuta. Yang istimewa, hotel ini menyediakan akses yang ramah untuk para penyandang disabilitas.

The Kuta Beach Heritage Hotel
Mulai dari Rp950.000,- per malam
Lokasi: Jl. Pantai Kuta, Br. Pande Mas, Kuta, Tuban, Bali
Telepon: 0361-300 7080

● Citadines Kuta Beach Bali
Hotel ini terletak persis di depan Pantai Kuta. kalian bisa berjemur sepuasnya atau menikmati sunset sambil ditemani sekaleng bir atau segelas cocktail. Ingin menikmati kuliner khas Bali? Dengan memilih menginap di Citadines, artinya kalianberada di tempat yang tepat untuk mencoba berbagai makanan yang ada di sekitaran Kuta. Selain kafe, terdapat juga makanan kaki lima yang banyak beredar di sekitar pantai, seperti bakso, jagung bakar, juga rujak. Segar! Jika kalian berencana berlibur dalam waktu yang cukup lama, setiap kamar di hotel Citadines ini dilengkapi oleh dapur mini yang memungkinkan kalian untuk memasak, jika kalian sudah mulai bosan untuk membeli makanan di luar.

Citadines Kuta Beach Bali
Harga mulai dari Rp900.000,- per malam
Lokasi: Jl. Pantai Kuta, Kuta, Kabupaten Badung, Bali 80361
Telepon: 0361-849 6500

 ● Kutabex Hotel
Hanya dengan harga Rp400 ribuan, kalian kini sudah mendapatkan hotel yang mempunyai akses langsung ke pantai Kuta, dan juga berbagai kelebihan lainnya, antara lain dekat dengan pusat perbelanjaan juga pusat kuliner. Selain dekat dengan Pantai Kuta, Kutabex Hotel juga tidak jauh dari Pantai Legian dan gang Poppies, yaitu sebuah jalan kecil di Kuta yang selalu ramai oleh para turis yang ingin berbelanja oleh-oleh. Toko-toko di sekitar gang Poppies ini sengaja di-setting semenarik mungkin untuk menarik perhatian turis, sekaligus bisa menjadi spot foto yang Instagrammable. Tidak perlu khawatir bila kalian mengajak anak kecil menginap di Kutabex, lingkungan disekitar hotel ini sangat ramah akan keperluan anak-anak, mulai dari minimarket, tempat belanja makanan, bahkan Waterbom Bali berada sangat dekat dari hotel. Kamar disini juga cukup luas untuk anak-anak bermain, kalian juga bisa memilih: kamar dengan pemandangan ke laut, atau ke kebun. Dan jika menginginkan kegiatan yang lebih tenang, hotel ini menyediakan perpustakaan, kalian bisa mengajak teman atau sepupu membaca buku disini. Ingin suasana yang lebih relaxing? Cobalah untuk menikmati pijat tradisional Bali yang dijamin mampu menghilangkan penat setelah seharian berkeliling.

Kutabex Beachfront Hotel
Lokasi: Jalan Pantai Kuta, Banjar Pande Mas, Kuta, Bali 80361
No Tlp: 0361-300 7077

Dengan konsep liburan on budget, kalian bisa menikmati sensasi menginap sambil menikmati panorama pantai dalam satu tempat. Dan kalian tidak perlu jauh-jauh bermacet-macetan untuk sekedar pergi ke pantai. Menarik bukan?

15 Juli 2017

Kenapa Ulang Tahun Dirayakan Dengan Meniup Lilin ?

Juli 15, 2017

freepik.com
Jadi awalnya ada teman yang kasih ide ke saya untuk posting di blog.


"Bry.. lu pasang artikel kek di blog lu. Kenapa kalo orang ultah identik tiup lilin ? Apa (karena) umurnya berkurang ya... jadi tiup lilin ?"




Saya cukup tercengang dengan ide tulisan itu, karena nggak pernah terpikirkan tapi sebenernya dekat di kehidupan sehari-hari. Oke... ide yang menarik. Namun masalahnya adalah..... Jawabannya apa ?!


Saya kan nggak tahu kenapa kalo ulang tahun itu identik dengan tiup lilin. Kenapa bukan meniup kenangan masa lalu ?  😆

Kalau gitu tentu saja mari tanyakan ke google. Untung saja.. langsung ada jawabannya. Jadi inilah penjelasannya yang saya rangkum dari beberapa situs.

Ada beberapa pendapat/versi. Dimulai dari bahwa tradisi tiup lilin itu sudah ada dari zaman Yunani kuno. Jadi dulu lilin-lilin menyala yang diletakkan di atas kue itu sebagai cara melakukan persembahan kepada dewi bulan Yunani, Arteims. Kue yang dipakai harus berbentuk bulat untuk melambangkan bulan. Lilin-lilin di atasnya melambangkan cahaya bulan. Menurut orang Yunani kuno, menyalakan lilin dan kemudian meniupnya adalah untuk alasan keagamaan.

Orang yang berulang tahun harus berdoa dulu sebelum meniup lilin. Setelah ditiup, asap yang mengambang di udara dipercaya akan mengantarkan doa tersebut ke Dewi Arteims. Bahkanmeniup lilin tidak saja dilakukan saat ulang tahun, tapi juga saat orang-orang jaman dulu memiliki keinginan yang ingin dikabulkan

Pendapat lain menyatakan bahwa meniup lilin ulang tahun juga diawali dengan ketakutan masyarakat Eropa jaman dulu akan adanya roh jahat yang akan datang pada saat seseorang berulang tahun. Maka untuk menjaganya dari hal-hal yang jahat, teman-teman dan keluarga diundang datang saat sesorang berulang tahun untuk memberikan doa serta pengharapan yang baik bagi yang berulang tahun

Sejarah mencatat tradisi meniup lilin dimulai dari Kinderfest (Kinder di dalam bahasa Jerman berarti anak-anak), sebuah perayaan ulang tahun bagi anak-anak pada abad 18. Disebutkan pula, tradisi saat itu menempatkan lilin-lilin yang melambangkan usia.

Namun ternyata ada fakta kurang bagus terkait meiup lilin ulang tahun. Beberapa penelitian menemukan, bahwa meniup lilin di atas kue ulang tahun menyebarkan bakteri dan kuman penyakit ke seluruh kue. Bahkan, banyak hasil studi yang menyarankan orang tua untuk tidak meletakkan lilin di atas kue ulang tahun anaknya. Hal itu dilakukan agar menghindari penyebaran virus flu dan penyakit lain. Lebih baik, rayakan ulang tahun cukup dengan potong kue dan nyanyian ulang tahun.

Sumber referensi:
https://www.merdeka.com/gaya/mengapa-ulang-tahun-harus-meniup-lilin-ternyata-ini-jawabannya.html

http://solo.tribunnews.com/2016/07/05/seram-ternyata-ini-fakta-di-balik-tradisi-tiup-lilin-saat-ulang-tahun?page=3

http://www.kompasiana.com/ismanita/ulang-tahun-kenapa-harus-tiup-lilin_5500675ba333115c73510a93


10 Juli 2017

Menanamkan Jiwa Wirausaha Pada Masyarakat Daerah

Juli 10, 2017


Masa liburan lebaran telah usai. Para perantau yang pulang kampung, kembali ke kota untuk bekerja seperti semula. Kota besar, khususnya Jakarta, yang sebelumnya sepi kembali ramai. Hilir mudik kendaraan kembali memenuhi jalanan ibu kota.

Di satu sisi, ada fenomena yang tak lepas dari kembalinya perantau ke kota yaitu adanya pendatang baru dari daerah. Mereka biasanya ikut kerabat yang sudah bekerja di kota dan dianggap cukup berhasil disana. Namun, yang sering menjadi permasalahan adalah pendatang baru tersebut belum memiliki keterampilan, latar pendidikan yang kurang memenuhi standar dan belum tahu mau bekerja apa.

Masyarakat sebaiknya tidak menganggap mudah mendapat pekerjaan di kota dan hanya bermodal nekat datang ke kota. Jika tidak berhasil, maka yang terjadi adalah munculnya pengangguran baru. Lebih lanjut, karena kondisi menganggur itu, dikhawatirkan nantinya akan menghalalkan segala cara untuk bertahan hidup. Hal itu berhubungan dengan tindak kriminal yang meresahkan masyarakat.

Tentu hal tersebut jangan sampai terjadi, maka masyarakat daerah sebaiknya dibekali ilmu dan keterampilan tertentu agar kedepannya dapat membangun perekonomian daerahnya dengan cara menjadi wirausaha. Setiap daerah tentu memiliki potensi tersendiri. Sayangnya, masyarakat setempat mungkin belum tahu bagaimana memanfaatkannya atau bahkan ada yang belum menyadari potensi tersebut.

Disinilah letak perlunya peran berbagai pihak seperti pemerintah, perusahaan swasta, maupun kalangan akademis universitas. Pihak-pihak tersebut dapat membantu dengan berbagai cara seperti pemberian modal, pendidikan, pelatihan, dan pendampingan. Dengan demikian diharapkan masyarakat akan terbuka dan mampu memanfaatkan potensinya dengan maksimal. Sehingga muaranya adalah akan muncul wirausaha-wirausaha yang mampu mengangkat perekonomian daerah.
Mungkin sebenarnya hal-hal tersebut sudah berjalan. Jadi yang perlu dilakukan adalah lebih menggalakkan dan menyebarluaskan program tersebut.

Disisi lain, dukungan pihak keluarga juga diperlukan. Jika seseorang sudah berniat menjadi wirausaha, maka keluarga dan kerabat harus mendukungnya. Jangan justru mencibir yang mengakibatkan calon wirausaha ini pesimis dan mundur dari niatnya.

Jika seseorang sudah berhasil menjadi wirausaha, ia tidak perlu mencari pekerjaan lagi di kota. Justru ia berpeluang memberi lapangan pekerjaan kepada orang lain. Dengan demikian, masyarakat daerah bisa fokus membangun daerahnya dan mulai tidak berpikir untuk melakukan urbanisasi.

NB: Dimuat di Rubrik Forum Harian Media Indonesia edisi 4 Juli 2017


08 Juli 2017

Pria Menarik Berawal Dari Wangi Parfum

Juli 08, 2017


Di era sekarang ini, menjaga penampilan tidak saja dilakukan wanita. Pria juga perlu menjaga penampilannya. Mengapa ? karena hal tersebut berguna dalam menunjang berbagai aktivitas. Beberapa hal menjadi penunjang penampilan pria, mulai dari pakaian, rambut, jam tangan, dan lainnya 

Parfum juga menjadi salah satu penunjang penampilan. Aromanya bisa memberi kesan positif bagi orang lain. Maka Parfum memiliki peranan tersendiri di kehidupan, khususnya dalam karir maupun asmara. Dalam kehidupan karir, rekan kerja atau klien akan menilai diri kita dengan melihat penampilan. Aroma parfum tentu menjadi nilai plus tersendiri. Dengan demikian, mereka akan lebih respect, friendly dan tertarik untuk berelasi lebih lanjut dengan kita.

Bisa dikatakan juga bahwa dalam berbagai aspek kehidupan, parfum dapat memunculkan dan meningkatkan rasa percaya diri. Percaya diri timbul karena reaksi Kita akan bisa mengurangi rasa minder dalam lingkup pergaulan di kantor maupun lingkungan masyarakat.

Suatu ketika rekan kerja saya berkata "Pak Brian wangi banget, mau kemana?" Saya pun tersenyum-senyum saja mendengarnya. Saat itu percaya diri saya pun meningkat.

Perlu disadari bahwa wangi parfum dapat mempengaruhi mood. Orang lain menjadi antusias dan berpikir positif terhadap kita. Jadi Jangan sampai relasi dalam karir maupun sosial menjadi terganggu hanya karena tubuh yang tidak wangi

Kemudian dalam kehidupan asmara, sekarang ini wanita mulai menomorduakan ketampanan pria. Wanita memandang pria dari segi lain mulai dari karakter hingga penampilan. Tentu wanita akan illfeel jika bertemu pria yang tidak wangi atau bahkan bau badan kan ? Nah maka disitulah peranan parfum. Wangi parfum menjadi daya tarik tersendiri bagi wanita. Bahkan wangi parfum mungkin saja membuat wanita teringat terus pada pria tersebut.

Saya pernah mendengar ungkapan dalam hubungan asmara. Jika kita akan berpisah dalam waktu lama dengan seseorang (anggap saja LDR) maka berilah dia parfum yang biasa kita gunakan. Sehingga kalau dia sudah mulai kangen, wangi parfum kita bisa mengobati rasa kangennya. Wangi parfum bisa memperkuat ikatan batin dengan orang yang sedang berpisah dengan kita.

Nah... maka para pria jangan remehkan peranan parfum. Setelah menyadari pentingnya parfum, maka selanjutnya adalah memilih parfum. Kita harus pintar memilih parfum wanginya yang enak dihirup. Dikutip dari ghiboo.com, menurut para ahli parfum dunia, wangi parfum pria yang kini paling diminati adalah aroma citrus dan amber. Aroma citrus menimbulkan rasa segar karena terdiri dari campuran seperti kuli jeruk. Aroma amber lebih soft sehingga cocok untuk pria yang ingin menunjukkan karakter yang lebih lembut.

 Namun ada satu hal yang perlu diperhatikan saat ingin membeli parfum. Jangan sampai terkecoh antara parfum dengan cologne Saya baru menyadari bahwa parfum dan cologne itu beda. Selama ini saya menganggapnya sama saja. Apa bedanya ? Parfum wanginya tahan lama, harga lumayan mahal, dan kemasannya terlihat premium yaitu terbuat dari bahan kaca. Kalau cologne wanginya tidak tahan lama, biasanya harganya lebih murah, dan kemasannya ekonomis yaitu terbuat dari bahan plastik.

Agar lebih pasti dalam memilih parfum, kita bisa cek parfum pria di mataharimall.com. Disitu terdapat banyak pilihan parfum pria dari berbagai merek. Ada hal yang mengejutkan ketika melihat deretan parfum tersebut, Ternyata mataharimall.com memberi diskon yang variatif bahkan sampai diatas 50%. Tentu dengan demikian, harga tidak lagi menjadi penghalang karena mataharimall.com memberikan harga yang terjangkau. 

sumber gambar: pexels.com

29 Juni 2017

29 Situs/Website yang Menerima Tulisan Pembaca

Juni 29, 2017


Blog merupakan salah satu media yang paling cepat dan mudah untuk mempublikasikan tulisan. Saya sudah bertahun-tahun menulis di blog. Hal yang membuat semangat nulis di blog adalah jumlah pengunjung dan komentar. Kadang juga keikutsertaan dalam lomba blog atau giveaway. Akhir-akhir ini ikut event blogger juga membuat semangat ngeblog.

Namun perlu diakui nulis di media yang sama bertahun-tahun ada jenuhnya juga. Perlu pengalaman bahkan tantangan baru untuk menulis di media lain. Maka saya mendaftar di Kompasiana dan menulis ke media cetak. Waktu itu saya belum tahu banyak tentang situs-situs yang menerima tulisan dari pembaca.

Saat ini begitu banyak situs yang menerima tulisan pembacanya. Ini menjadi kesempatan bagi blogger atau siapa saja yang suka nulis untuk mendapat pengalaman baru menulis di berbagai situs. Setiap situs memberikan penawaran keuntungan bermacam-macam. Mulai dari potensi di baca & share oleh banyak orang sampai pemberian honor. Saya pun juga mulai menambah media tempat menulis yaitu di opini,id. Saya pun penasaran website apa saja yang menerima tulisan dari pembaca. Setelah saya bolak-balik googling, inilah situs/website yang menerima tulisan dari pembaca:


Hipwee

Nggak perlu diragukan lagi betapa famousnya situs yang ada sejak April 2014 ini. Konten-kontennya memiliki daya viral yang kuat. Hipwee pun membuka kesempatan pembacanya untuk ikut mengirim tulisan. Caranya dengan terlebih dahulu login ke situs tersebut. Mengenai kriteria dan step-step memposting tulisan bisa dilihat di halaman redaksi. Sayangnya Hipwee tidak memberi honor. Tapi tulisan kita berpotensi dibaca dan dishare banyak orang. Bayangkan saja, pageview hipwee dalam sebulan bisa mencapai 13-19 juta. Menurut alexa.com, situs yang membuat rangking website di dunia, hipwee menempati peringkat 266 di Indonesia.

Males Banget (MBDC)

Situs yang ada sejak 2002 ini juga nggak kalah famous. Pageviewnya 2-3 juta dalam sebulan. Di Indonesia, situs ini berada di peringkat 1407. Kalau mau nulis di situs ini, caranya dengan mengirim email ke redaksi@malesbanget.com. MBDC menyadari kalau mereka cukup selektif dalam mempublikasikan tulisan dari pembaca. Maka mereka memberi petunjuk/tutorial bagaimana menjadi kontributor yang cocok untuk MBDC. Silakan lihat artikelnya di: mlsbgt.de/1anpJKN, dan mlsbgt.de/ZapwCY .

Idntimes

Situs ini bersama popbela.com berada dibawah naungan IDN Media. Menurut www.similarweb.com, Idntimes memiliki pageview sebanyak 3 jutaan per bulan. Situs ini berada di peringkat 31 se-Indonesia. Mulai Februari 2017 Idntimes merilis kanal Community. Maka, untuk menulis di situs ini, silakan login dahulu di halaman community. Ada peluang untuk mendapat honor. Lebih lengkapnya silakan buka: https://life.idntimes.com/inspiration/ernia/menulis-di-idn-times-community-tukarkan-dengan-uang-tunai-c1c2/full

Opini.id

Dari sekian banyak situs yang saya tampilkan di postingan ini, Saya baru bisa nulis di opini.id. Itu juga karena opini.id tidak memberlakukan penyeleksian artikel. Jadi setelah kita posting, saat itu juga langsung muncul. Jika kalian mau nulis di situs ini juga, cukup tinggal login aja.


Trivia.id and Other Zetta Media Portal

Zetta Media memiliki beberapa portal media dan yang paling terkenal adalah Trivia.id. Selain trivia, masih ada banyak lagi yaitu:
1. virala.id,
tentang hal-hal kreatif, inovatif di kalangan generasi muda
2. ributrukun.com,
tentang relationship dan keluarga
3. rockingmama.id/,
untuk kalangan ibu-ibu muda yang baru saja menikah
4 .http://kamantara.id/,
tentang cinta dan hubungan
5. http://moola.id/,
tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan keuangan
6. http://bola.media/,
dari namanya udah jelas ya, tentang sepak bola
7. http://rula.co.id/,
untuk kalangan perempuan
8. http://merryriana.co/,
memang sih salah satu kontributornya adalah Merry Riana. Situs ini tentang motivasi hidup gitu lah.
9. bagaya.id,
tentang gaya hidup
10. http://wewerehere.id/.
sharing tentang travelling

Semua situs itu menerima tulisan pembaca loh ! Caranya dengan login terlebih dahulu di situsnya. Tapi kita mesti sesuaikan apa topik/tema masing-masing situs tersebut.

Keepo.me
Situs yang ada sejak 2012 ini memiliki pageview 700-800ribu per bulan. Peringkat alexa di Indonesia di posisi 230.  Untuk menulis disitus ini, harus login terlebih dahulu. Tombol loginnya ada di sebelah kanan-atas.

Pulsk

Situs ini ada sejak 2012. Pageview per bulannya 600-800ribu. Jika ingin menulis di situs ini, klik create post. Namun harus login dahulu.


Mojok.co

Situs yang ada sejak Agustus 2014 ini sempat menggemparkan jagat dunia maya. Saat itu Maret 2017, founder mojok menyatakan bahwa situs tersebut tutup. Banyak netizen yang merasa kehilangan. Namun beberapa bulan kemudian (Mei 2017) ternyata situs ini kembali bangkit. Mojok masih memberi honor untuk tulisan pembaca yang dipublikasikan. Namun memang harus melewati proses seleksi. Untuk lebih jelasnya tentang ketentuan menulis di mojok, silakan lihat https://mojok.co/kontribusi/ 

Qureta
Situs ini lebih cenderung mengenai opini-opini tepatnya bersifat reflektif.  Kalau mau nulis, cukup dengan klik tombol tulis artikel. Tentu saja Kita mesti login dahulu


UC News
Situs ini lebih spesialis diranah apps yang bisa didownload di play store. Berbagai web/blog sudah banyak yang menjelaskan dan mereview tentang menulis di UC News. Jika mau ikutan nulis disitu, daftar dahulu di: https://wm.ucweb.com/index.html. UC News memberi honor untuk tulisan yang dimuat.

Babe
Sama seperti UC News, kita sudah tahu bahwa babe juga spesialis di ranah apps. Kalau mau nulis, daftar dulu di https://nulis.babe.news/. Babe juga memberi honor untuk tulisan yang dipublikasikan.


Basabasi.co
Situs buatan penerbit buku Diva Press ini bertema sastra. Jadi tulisan yang diterima adalah puisi, cerpen, esai, resensi buku, dll. Ya pokoknya tentang sastra lah. Bagusnya, basabasi memberi honor untuk tulisan yang dipublikasikan. Namun tulisan itu mesti lolos seleksi. Ya sepertinya agak berat. Untuk cara mengirim dan ketentuannya bisa kunjungi situsnya dan buka halaman cara mengirim naskah.

Kumparan.com

Founder situs ini merupakan orang-orangnya detik.com. Kumparan.com terhitung masih baru karena baru ada sejak pertengahan 2016. Walau demikian, situs ini menunjukkan tren pageview yang terus meningkat dalam 5 bulan terakhir. Bulan Mei lalu, pageviewnya mencapai 3,6 juta. Peringkat alexa di Indonesia juga bagus yaitu di posisi 49. Jika mau nulis di situs ini, silakan login atau klik create story.

Plimbi
Saya tidak sengaja menemukan situs ini. Sepertinya situs baru. Pageview per bulannya 400-500ribu. Peringkat alexa di Indonesia 1.882. Plimbi ternyata juga menerima tulisan dari pembaca. Plimbi memberi apresiasi berupa poin yang dapat ditukar dengan berbagai hadiah. Untuk menulis di situs ini, harus login terlebih dahulu.

Jalan Tikus

Kita tahu situs ini spesialis konten teknologi, komputer, dan internet. Jalantikus.com memiliki pageview kurang lebih 18 jutaan per bulan !. Peringkat alexa di Indonesia yaitu di posisi 114. Untuk menulis di situs ini harus login terlebih dahulu. Kemudian buka writer panel.

Situs Sepak Bola
Ada tiga situs sepak bola yang menerima tulisan. Pertama, pandit football. Untuk mengirim tulisan, silakan buka http://panditfootball.com/page/kirim-tulisan. Kedua fandom.id. Kirim tulisan lewat email ke fandom.indonesia@gmail.com. Ketiga, Football Tribe. Kirim tulisan ke indonesia@football-tribe.com

Vebma
Situs ini juga terhitung baru yaitu sejak Agustus 2016. Vebma memiliki pageview 200ribu per bulan, Menempati peringkat 347 di Indonesia menurut alexa.com. Vebma memberi honor untuk artikel yang dimuat. Kalau mau nulis, tinggal klik tombol "buat artikel", tapi harus login dahulu. Mengenai ketentuan dan penjelasan honor silakan lihat https://www.vebma.com/tips/7-8juta-Perbulan-dari-Vebma-com/623

NB: Semua data yang disajikan merupakan data per Juni 2017. 

24 Juni 2017

Event Blogger Payfazz: Nggak Cuma Buat Jualan Pulsa & Token PLN. Tapi Bisa 6 Layanan Transaksi Lain.

Juni 24, 2017


Sejak bergabung dengan blogger jabodetabek, saya jadi bisa tau info-info event blogger. Tapi sayangnya kebanyakan event itu ada di hari-hari kerja. Tentu dengan berat hati saya nggak ikutan event itu.  Namun akhirnya ada juga event yang di hari libur. Event kali ini diadakan oleh Payfazz. Sebelum ini ada juga sih event di hari Sabtu tapi sayangnya bentrok dengan acara saya ke Bandung.

Dengan mantab saya daftar untuk ikutan event blogger Payfazz. Beberapa teman blogger Jabodetabek juga ikut. Saya juga mengajak David, teman blogger dekat rumah, dan dia mau. Nah asik nih... lumayan banyak yang ikut, kata saya dalam hati.

Saat daftar ada pertanyaan ukuran baju. Wah... asik nih bakal dapet kaos hehehe.Ternyata setelah daftar, langsung dimasukin grup WA namanya Payfazz Blogger Club. Weh keren nih.
Namun, menjelang Hari-H satu per satu teman blogger Jabodetabek mengundurkan diri dari event itu. Mereka takut kalau acara itu merupakan perekrutan agen MLM. Nggak aneh sih kalau teman-teman saya berpikir seperti itu karena ada satu-dua anggota grup WA Payfazz yang gencar menggembar-gemborkan keuntungan kalau mengajak orang lain bergabung dengan Payfazz. Saya juga jadi berprasangka yang nggak-nggak.

Walau begitu saya tetap meyakinkan diri untuk datang. Apalagi saya kesana bersama David,  Jadi saya disana nggak kayak orang bingung hehe.

Acara ini berlangsung pada 27 Mei 2017 di TKP Radal, sebuah tempat makan sekaligus tempat nongkrong yang ada di jalan Radio Dalam. Katanya acara mulai Jam 4. Saya datang beberapa menit sebelumnya, tapi masih sepi. Saya tanda tangan daftar hadir dan langsung dikasih Goodie Bag, isinya Kaos dan Mug. O iya untuk ikut acara ini tidak dipungut biaya. Jadi ya lumayan lah dapet Kaos sama Mug.

Selanjutnya saya mencari tempat duduk. Saya melihat Feby, teman blogger Jabodetabek, bersama temannya. Yaudah saya duduk disekitarnya. Beberapa menit kemudian David datang. Ya memang kami tidak berangkat bareng karena saya ada urusan ke Grogol dulu.

Sambil menunggu acara dimulai saya mengobrol saja sama David. Kami membahas kelucuan dari nama tempat acara ini, TKP. Kan ambigu ya namanya. Bisa aja kan kejadian kayak gini:

A: "Eh lu dimana?"
B:"Gue udah di TKP"
A:"Gue juga udah di TKP. Tapi lu mana?"
B:"Gue juga nggak liat lu. Tapi gue beneran udah di TKP nih"
A: "@$##$%#%^%&@!!!!!"

Hahaha yang satu bilang TKP buat nyebut lokasi yang dituju tapi belum tentu nama tempatnya TKP Radal. Yang satu berpikir TKP Radal. 😂.

Oke tadi intermezo sejenak. Lanjut,,,

Menjelang jam 5 acara baru mulai. Peserta yang hadir mungkin 30an aja. Ternyata pesertanya segini aja. Saya membandingkan dengan event yang saya ikuti sebelumnya. Beda jauh kelasnya. Tapi gak papa lah, lanjut terus. Event ini secara khusus memang hanya memperkenalkan apa itu Payfazz. Tidak ada semacam sesi sharing menulis dari narasumber. Tapi katanya nanti bakal diadakan acara seperti itu.



Jadi Payfazz itu apa? Benarkah semacam MLM ? Bisa dikatakan tidak. Saya harus menarik prasangka saya yang nggak-nggak. Hendra selaku CEO Payfazz menjelaskan bahwa Payfazz itu menyediakan layanan perbankan bagi masyarakat yang terbatas akses perbankannya. Menurutnya, 64% masyarakat Indonesia belum punya rekening bank. Nah Payfazz hadir untuk membantu menghadirkan layanan perbankan bagi masyarakat walaupun belum punya rekening.

Apa saja layanannya ?

1. Transfer uang
2. Pembelian Pulsa
3. Pembelian Data (kuota) Internet
4. Token PLN
5. Pembayaran BPJS
6. Pembayaran PDAM
7. Pembayaran TV Berlangganan
8. Pembayaran tagihan Telkom (Telepon rumah & Indihome)
9. Segera hadir: Multifinance

Untuk menjadi agen Payfazz, mesti download dulu Appsnya di Play Store dan daftar disitu. Blogger yang hadir di event ini otomatis menjadi agen Payfazz dan diberi akses agen premium. Padahal kalo mau jadi agen premium mesti bayar 100ribu.

Apps Payfazz

Apa itu agen premium ? Jadi kalau mengajak orang lain untuk menjadi agen premium payfazz dalam jumlah tertentu, akan diberi hadiah. Mulai dari ponsel sampai mobil. Tentu kita sudah menjadi agen premium dulu. Ya bagian ini yang teredengar seperti MLM. Tapi sebenernya nggak loh. Agen premium ini hanyalah bentuk apresiasi untuk agen Payfazz yang telah mengajak orang lain untuk ikut jadi agen Payfazz juga. Jadi kalau males ngajak orang lain buat ikutan ya nggak papa. Bisnis tetep bisa jalan. Karena fokus utamanya adalah melayani produk perbankan.

Saya yang tadinya apatis jadi cukup tertarik. Lumayanlah jualan pulsa dan lainnya, bisa buat tambah-tambah pemasukan hehe.

Setelah penjelasan tentang Payfazz, peserta diberi kesempatan bertanya. Cukup banyak yang bertanya. Hingga tak terasa tiba waktunya berbuka puasa. Lumayan lagi nih, dapet goodiebag dapet makan juga hehe. Setelah itu acara ditutup dengan pengumuman pemenang  live post instagram dan foto bersama.

David, Dian, Feby, Ucup, Saya, Uda Irfan


Sumber gambar: dok. pribadi, https://blog.payfazz.com

07 Juni 2017

Ayo Kita Betulkan Penanda Titik Lokasi di Google Maps !

Juni 07, 2017


Prelude
Semalam saya sedang blogwalking dan menemukan tulisan yang membahas tentang local guide. Ya ternyata si pemilik blog juga suka mengutak-atik google maps. Nah melihat itu, saya jadi terinspirasi untuk membuat postingan dengan tema serupa. Namun tentu isinya berbeda karena berdasarkan sudut pandang saya. Apa yang mau saya bahas dari google maps ? Let's check this out

Bagi saya, dari sekian banyak aplikasi smartphone, google maps menjadi aplikasi yang benar-benar sangat menolong. Soalnya, kalau mau pergi kemana-mana saya masih mengandalkan sepeda motor. Kenapa nggak naik angkutan umum ? Itu karena tempat tinggal saya jauh dari stasiun, terminal, bahkan halte busway sekalipun. Nah tak jarang saya mesti ke suatu tempat yang jauh dan belum pernah saya kunjungi sebelumnya. Disitulah gunanya google maps. Tentu kalian juga merasakan lah ya pentingnya google maps. Untuk mencari jalan ke suatu tempat, aplikasi itu menjadi satu-satunya andalan.

Namun saya pernah mengalami pengalaman yang kurang menyenangkan. Waktu itu di tahun 2015, saya ingin menuju ke sekolah tempat saya bekerja sekarang ini. Saya belum tahu dimana letak sekolah itu. Tentu saya mengandalkan google maps untuk sampai kesana. Sambil mengendarai motor saya melihat google maps. Saya berusaha mengikuti jalan menuju titik lokasi sekolah yang ditunjukkan. Namun ada yang nggak beres. Saya memasuki komplek rumah-rumah warga, Tidak ada tanda-tanda keberadaan sekolah disitu. Dan akhirnya saya sudah berada dititik yang ditunjukkan tapi tetap saja yang saya temukan hanya rumah-rumah. Saya muter-muter disekitar titik tersebut tapi tetap saja nggak menemukan sekolahnya.

Lah ini gue udah bener ngikutin petanya tapi mana sekolahnya ? Kalau bukan disini terus gue mesti nyari kemana ?. Begitulah gumam saya dalam hati. Dalam kondisi tersebut saya mesti pakai cara konvensional, bertanya ke orang-orang.

Tanya ke orang pertama, dia nggak tau.
Tanya orang kedua, dia nggak tau.
Tanya orang ketiga, dia asal nunjuk sekolah.

Lah ini orang-orang kok nggak ada yang tau sih ?!

Apakah karena letaknya masih jauh dari situ ya. Akhirnya saya nekat hanya mengandalkan insting saja.  Dari situ saya ke arah Pasar Sumur Batu dan menelusuri jalan sumur batu raya. Dan Puji Tuhan.... nggak sengaja saya menemukan plang yang menunjukkan lokasi SDN Sumur Batu 01, sekolah yang saya cari-cari. Ternyata lokasinya masuk gang kecil, tapi nggak jauh dari jalan raya.

Saya kini pun menyadari kalau saat itu titik lokasi yang di peta adalah di daerah Cempaka Baru, padahal sekolah saya di Sumur Batu. Beda Kelurahan Cuy ! Nah setelah kejadian itu saya jadi gregetan. Pengen ngubah titik lokasi sekolah saya yang ada di google maps biar bener. Jadi nggak ada lagi orang yang nyasar kalau mau ke sekolah saya. Tapi saya berpikir, apakah bisa mengubah titik lokasi di google maps ? Setelah saya iseng klik-klik sana sini di google maps, ternyata bisa.

Bagaimana Caranya ?

Pertama, ketik nama tempatnya di google maps. Sebagai contoh saya mengetik SD Strada Bhakti Utama.O iya, pastikan kalian udah login ke akun google ya (gmail).  Kemudian pasti muncul kan penanda titiknya di peta. Lalu ubah dulu tampilan petanya menjadi tampilan satelit.



Nah lihat... titik google maps ternyata nggak bener menunjukkan tempatnya. Kenapa saya bisa bilang begitu ? karena saya menemukan bentuk atap bangunan SD strada bhakti utama yang tepat (lingkaran kuning kanan atas). Dari nama jalannya, Jalan Bromo, juga ada di lingkaran kanan atas itu. Kalau mau lebih yakin, silakan klik street view (udah tahu lah ya google street view).

Kedua. Setelah tahu lokasi yang tepat, klik kanan titik lokasi yang salah lalu klik laporkan masalah data.



 Ketiga, geser titik penandanya ke lokasi yang benar. Kalau alamat yang tertulis salah, bisa juga diedit dengan mengklik alamat yang tertera. Kalau udah beres, klik kirim.

Bagaimana bisa tahu kalau kita udah berhasil memindahkan titik lokasinya ? Silakan cek email, akan ada pemberitahuan dari google kalau pemindahan titiknya berhasil.



Nah sekarang udah tahu kan membetulkan penanda titik lokasi di google maps ? Kalau begitu silakan dicoba sehingga orang lain akan terbantu menemukan lokasi yang benar di google maps.


Update:
Tadi siang saya mau ke PUSDATIKOMDIK Rawa Bunga, Jatinegara. Dan lagi-lagi titik lokasinya salah. Titiknya melenceng 400 meter dari lokasi yang benar. Oke saatnya betulin lagi titik lokasi google maps



Praszetyawan.com

Sebuah blog personal berdiri sejak 2009

Terpopuler Bulan Ini

Hubungi Saya

Email: brian_cisc@yahoo.co.id