Banner Promo

Menu Pilihan

Ketika Memiliki Blog Lebih Dari Satu


"Bikin blog lagi ah....". *Beberapa bulan kemudian, blog tersebut ditelantarkan*.

Itu adalah cuplikan kondisi saya waktu awal-awal ngeblog. Ya waktu itu saya lagi semangat-semangatnya ngeblog. Saking menggebu-gebunya sampai bikin blog-blog baru lagi dengan tujuan yang berbeda-beda. Blog-blog tersebut ada di Portofolio. Di portofolio tersebut ada 9 blog yang udah di buat ditambah dua akun blog keroyokan (Kompasiana & Guraru). Berarti totalnya 11.
Namun beberapa diantaranya hanya semangat di awal pembuatannya aja dan makin kesini makin kehabisan bensin. Nggak ada niat buat ngupdate blog-blog yang udah dibuat.

Selain 11 blog itu, sebenernya masih ada lagi blog yang pernah saya buat.

1. http://belajarasyiksd.blogspot.co.id/
Ini merupakan blog pembelajaran saat saya mengajar kelas 6. Blog ini dibuat untuk keperluan aktualisasi prajab. Jadi setelah prajab ada program aktualisasi di unit kerja. Peserta prajab diminta membuat beberapa program terobosan/inovatif yang belum dilakukan di tempat kerja. Saya sebagai guru terpikirkan untuk membuat blog pembelajaran. Kini blog itu sudah saya hapus.

2. http://brian-musik.blogspot.co.id/
Blog ini juga cuma dipakai sesaat. Waktu itu blog ini dibuat untuk ikut lomba blog di Atma Jaya.

3. http://rbrianp.blogspot.co.id/
Ini cuma blog eksperimen. Waktu itu saking semangatnya ngeblog, saya sampai berniat bikin buku tutorial ngeblog. Tapi akhirnya tulisan-tulisan tutorial itu hanya jadi penghuni folder di laptop saya. Tadinya blog ini untuk menampung ekperimen modifikasi blog dan pemasangan widget sebagai bahan isi buku yang (niatnya) mau saya buat. Update 2019: Impian saya membuat buku turotial blog tersebut akhirnya terwujud di tahun 2019 :)

4. carnakrisian.wordpress.com
Blog ini tadinya untuk menampung catatan-catatan kuliah. Tapi ujung-ujungnya cuma sekedar niat aja. Setelah dibuat, cuma diposting satu postingan aja. Akhirnya blog ini sudah saya hapus.

Oke.. jadi, sepanjang sejarah saya menekuni dunia ngeblog, sudah ada 15 blog yang dibuat ! Bener-bener kurang kerjaan -_- dan sebagian diantaranya akhirnya cuma jadi nyampah aja ckckck 😴. Akun blogger pun saya sampai punya dua ckck. Padahal ngurus satu blog aja suka angot-angotan.

Sebenernya percuma bikin blog banyak-banyak tapi kalau akhirnya cuma ditelantarin ((Betul tidak sodara-sodara ???)) Butuh pengelolaan yang baik kalau mau konsisten ngurus banyak blog. Saya jadi salut dengan kekonsistenan para blogger yang punya lebih dari satu blog dan ditambah lagi jadi penulis freelance di website lain.

Setelah saya sering kali menemukan blogger yang punya lebih dari satu blog, saya jadi dapat pelajaran. Jika mau mengelola lebih dari satu blog maka blog tersebut harus bertema. Agar kalau mau posting topik tertentu jadi jelas, mau diposting di blog yang mana.

Maka saya membagi blog-blog yang telah dibuat, ke dalam tema-tema berikut:

Kompasiana: Ruang fiksi (Puisi) & Feature
Brian Praszetyawan's Blog: Blog personal (tema campur aduk)
Brian's Book Collection: Blog buku
Taman Belajar Blog: Blog tutorial ngeblog
Gurusiana: Ruang pendidikan
Belajar Tematik SD: blog media pembelajaran

Blog lainnya kebanyakan blog untuk organisasi. Jadi sudah jelas isinya tentang organisasi tersebut.

Sekarang ini sih saya berusaha konsisten ngupdate di dua blog saya (Brian Praszetyawan's Blog & Brian's Book Collection). Kalo kompasiana dan gurusiana ngupdatenya pas lagi ada ide / mood. Sedangkan  Taman Belajar Blog bener-bener udah nggak mampu saya update lagi.

Brian Prasetyawan Guru SDN Sumur Batu 01 Pagi Jakarta. Menulis sejak 2009. Pengurus Asosiasi Guru Penulis PGRI. Pengurus Kelas Belajar Menulis Nusantara PGRI

9 Komentar untuk "Ketika Memiliki Blog Lebih Dari Satu"

  1. masih mending gan, ini saya dulu malah udah bikin blog, template ga di pasang, postingan ga ada juga, bikin doang :D, lebih terlantar dari pada punya agan.

    sekarang udah tobat

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe iya gpp yang penting udah tobat gan dan jangan diulang haha

      Hapus
  2. wah harus banyak ide tuh kalau memiliki banyak blog. apa engga kebingungan ngurus banyak blog gitu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya tuh harus banyak ide.
      iya ada bingungnya.... tapi masalah utamanya itu nggak mampu konsisten ngeposting, akhirnya banyak blog yang ga update :(

      Hapus
  3. Hmmm iya juga ya. Kalo blog-nya bertema ,jadi mudah ngisinya. Tapi aku belum sanggup kalo diminta punya banyak blog. Cukup 1 aja. Kecuali kalo ada teman yang ngajak kolaborasi, ayok banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Punya satu juga bagus. Yang penting update terus hehe.
      Nah iya asik tuh ya kalo bikin blog kolaborasi

      Hapus
  4. pak, saya mutiara. saya mau tanya tentang yg bpk tugaskan di internet. judulnya apa ya pak?

    BalasHapus
  5. Banyak sekali ternyata .. .
    Saya visit balik setelah dimampiri, dan ternyata nasib kita sama, sedang berusaha adil untuk semua

    Keep blogging pak guru ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya pak. Apalagi sekarang ini saya lebih fokus urus grup pelatihan menulis. Makin susah urus blognya. Tapi tetap keep blogging

      Hapus
Silakan mengirimkan komentar yang sesuai dengan postingan diatas.

Tolong berkomentar menggunakan nama pribadi. Jangan nama produk/bisnis/judul postingan artikel. Komentar menggunakan nama tersebut terpaksa akan saya hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel