29 April 2013

Stadion untuk Tim Musafir

- 1 comments
Asekkk...  Tulisan yang gw kirim dimuat lagi di Tabloid Bola. Tulisan ini dimuat di rubrik Ola Ole Tabloid Bola edisi 29 April - 1 Mei 2013. Ini merupakan tulisan kedelapan gw yang dimuat di Tabloid Bola dan yang bikin lebih seneng adalah tulisan gw ini terpilih untuk mendapat merchandise. Yesss ! :)

Berikut ini tulisan yang gw kirim tersebut:
 
Menggunakan stadion di kotanya sendiri untuk menjalani laga kandang menjadi hal yang semestinya dilakukan klub-klub sepakbola. Namun kondisi stadion yang kurang memenuhi standar membuat sebuah klub tidak dapat menggunakannya saat menjalani laga kandang dan mesti menggunakan stadion di kota lain. Kalau itu terjadi di klub divisi bawah, masih bisa dimaklumi. Namun, kurang pas rasanya kalau di kompetisi kasta tertinggi seperti ISL, masih ada klub yang menjadi tim musafir. Nyatanya di ISL masih ada dua klub yang mengalaminya yaitu Persita dan Persija.

 Kurang layaknya Stadion Benteng untuk menggelar pertandingan ISL membuat Persita menggunakan stadion di Kuningan. Sedangkan Persija lebih karena permasalahan ijin penggunaan Stadion GBK. Namun GBK sendiri sejatinya adalah milik negara bukan milik Jakarta.

 Melihat hal tersebut, sebaiknya pemerintah setempat membantu untuk merenovasi atau membuat stadion baru. Bagaimanapun juga, Persija dan Persita adalah klub kebanggaan warga Jakarta dan Tangerang. Warga membayar pajak kepada pemerintah. Maka pemerintah sebaiknya juga memfasilitasi rakyat dengan menyediakan stadion yang representatif.

 Raimundus Brian P


[Continue reading...]

27 April 2013

Potensi Olahraga Otot

- 0 comments
Olahraga Otot seperti Panco dan binaraga memang kurang populer di Indonesia. Masyarakat lebih menyenangi olahraga seperti sepak bola, Basket, bola voli, dan badminton. Namun, olahraga ini punya potensi untuk dipopulerkan karena masyarakat cukup mengenal olahraga ini. Masyarakat sudah tidak asing dengan panco dan binaraga. Apalagi banyak orang yang pernah melakukan adu panco. Namun masyarakat hanya sekedar tahu bahwa panco adalah unjuk adu kekuatan dan binaraga adalah unjuk pamer badan. Padahal kedua olahraga tersebut bisa diterapkan lebih jauh menjadi olahraga profesional. Maka, Organisasi induk olahraga terkait seperti POPI (Persatuan Olahraga Panco Indonesia) dan PABBSI (Persatuan Angkat Berat dan Binaraga Seluruh Indonesia) perlu melakukan sosialisasi mengenai prospek olahraga ini serta gencar memunculkan atlet berprestasi seperti Ade Rai sehingga olahraga ini tidak hanya dikenal tapi bisa juga populer di Indonesia.

NB: pernah dikirim ke koran kompas untuk rubrik argumentasi kompas kampus, tapi belum berhasil dimuat.
[Continue reading...]

Sergio Van Dijk Sang Penyelamat Persib

- 0 comments
Persib mengawali kompetisi ISL musim ini dengan kurang cemerlang. Di awal-awal pekan, Persib hanya berkutat di papan tengah bahkan papan bawah. Untuk klub sebesar Persib tidak seharusnya berada di zona tersebut. Dengan materi pemain bertabur bintang, seharusnya Persib bersaing di papan atas. Hingga akhirnya pada bulan Februari, Persib mendatangkan Striker dari Adelaide United, klub Liga Australia yaitu Sergio Van Dijk. Pemain keturunan Indonesia tersebut di kontrak 2 tahun.


Namun siapa sangka, Kedatangan Sergio bak penyelamat bagi Persib. Sejak kehadirannya di Bandung, peringkat Persib di klasemen beranjak naik. Memang Sergio mengawali dua pertandingan pertamanya bersama Maung Bandung dengan hasil kalah. Namun, setelah itu Persib dibawanya konsisten meraih kemenangan. Kontribusinya sangat terlihat. Mencetak 11 gol dalam 11 pertandingan menandakan Sergio tidak pernah absen mencetak gol saat tampil. Beberapa golnya menentukan kemenangan Persib. Belum lagi jika melihat proses golnya, sungguh memperlihatkan seorang striker berkelas.

Hasil dari kontribusinya tersebut, membawa Persib ke peringkat empat di klasemen sementara ISL. Bandingkan sebelum ada Sergio, Persib kesulitan keluar dari papan bawah. Melihat fakta tersebut, memang pantas Sergio disebut juru selamat Persib.

sumber gambar: goal.com
[Continue reading...]

25 April 2013

Gebrakan Vitesse (Dimuat di Tabloid Soccer)

- 0 comments
Setelah selama ini berkecimpung mengirim tulisan ke Tabloid Bola, gw kali ini mencoba mengirim tulisan ke Tabloid Soccer. Walau baru mencoba sekali, eh ternyata tulisan gw langsung dimuat. Seneng dah gw. Untuk tulisan ini sepertinya tidak mendapat apa-apa. Tapi gak papa, yang
penting tulisan gw dimuat.

Tulisan gw ini dimuat di Tabloid Soccer edisi 27 April 2013 di halaman Soccermania, rubrik Surat Pembaca.
Berikut ini tulisan aslinya yang gw kirim. Yang dimuat tentu sudah melalui proses editing 


Kompetisi di enam liga besar Eropa tengah memasuki pekan-pekan terakhir. Dari enam liga tersebut sebagian besar telah hampir memastikan sang juaranya sehingga kurang menarik lagi untuk di saksikan. Namun itu tidak terjadi di Liga Eredivisie Belanda. Hingga pekan ke 30 ini, masih ada empat klub yang berpeluang menjuarai liga tersebut. Dari empat klub teratas tersebut terselip sebuah klub kuda hitam. Berdasarkan tren beberapa musim sebelumnya mungkin Twente klub kuda hitamnya. Namun itu kurang tepat. Klub kuda hitam Erdivisie di musim ini adalah Vitesse.

Pencapaian Vitesse musim ini benar-benar cemerlang. Di musim-musim sebelumnya, klub kota arnhem ini hanya mampu bersaing di papan tengah. Namun, dimusim ini berhasil menempati papan atas. Hebatnya lagi, klub ini tak hanya bersaing di zona eropa namun mampu bersaing meraih juara karena saat ini Vitesse berada di peringkat 2 !. Pencapaian ini tak lepas dari kontribusi pemain andalannya, Wilfried Bony. Sementara ini dia menyumbang 30 gol untuk Vitesse dan bercokol di peringkat 1 daftar top skorer sementara Liga Eredivisie. Jumlah golnya tersebut hampir 50% dari total gol Vitesse di Liga musim ini. Sungguh luar biasa .

Melihat hal itu, sangat menarik untuk menyaksikan Vitesse bersaing dengan klub-klub papan atas lainnya seperti Ajax, PSV, dan Feyenoord. Patut ditunggu apakah diakhir musim bisa menjadi suksesor Twente sebagai klub kuda hitam yang membahayakan klub tradisional.

Raimundus Brian P


[Continue reading...]

20 April 2013

Semifinal Liga Champions 2012/2013 Sulit Diprediksi

- 0 comments
Liga Champions musim ini tengah memasuki babak Semifinal. Empat klub terbaik dari dua negara akan bertarung untuk mendapat tiket ke Final. Pertandingan nanti akan seru karena tidak ada dua klub dari satu negara yang akan bentrok. Barcelona dan Real Madrid dari Spanyol akan melawan Bayern Muenchen dan Borrusia Dortmund dari Jerman.

Tentu menjelang pertandingan semifinal seperti ini akan banyak prediksi mengenai siapa yang bakal menang dan melaju ke final. Bila dilihat berdasarkan tradisi dan nama besar, tentu tidak sulit untuk memprediksinya. Madrid dan Barcelona bakal dijagokan ke final.

Namun, tidak tepat memprediksi berdasarkan tradisi saja. Performa terkini patut dijadikan acuan. Dortmund musim ini sangat sensasional. Di fase grup, Madrid dibuat tak mampu mengalahkannya. Performa di liga pun cukup lumayan, berada di peringkat 2. Skuad Dortmund juga diperkuat pemain hebat macam Gotze, Lewandowski, dan Reus.

Di kubu muenchen, Para pemain tengah on fire untuk mengulang pencapaian musim 2011/2012 yaitu masuk final. Untuk mencapai semifinal, Muenchen terlebih dahulu diuji untuk melewati Arsenal dan itu berhasil walau dengan susah payah.

 Barcelona tengah timpang karena Messi cedera. Akhir-akhir ini El Barca juga kerap meraih hasil yang kurang konsisten. Kondisi tersebut memungkinkan Barcelona tidak mudah menghadapi FC Hollywood

Maka akan sulit menebak siapa yang bakal menang dan lolos ke final
[Continue reading...]

18 April 2013

Kenji Adacihara (Dimuat di Tabloid Bola)

- 2 comments
Yeay..  Satu lagi tulisan gw dimuat di tabloid Bola. Tulisan ini mengisi rubrik Olepedia pada edisi 15-17 April 2013. Gw mengirim tulisan mengenai profil pemain Kenji Adachihara.
Namun ada perbedaan cukup lumayan antara tulisan asli gw, dengan yang dimuat.  Sepertinya ada tambahan tulisan dari editornya. Tapi gak papa.. justru itu memperbagus tulisannya hehe

Ini tulisan asli gw yang gw kirim:

Kenji Adachihara, pemain kelahiran Jepang adalah salah satu Striker yang cukup tajam di ISL. Memulai karir di Indonesia dengan bergabung bersama klub Bontang FC pada tahun 2009. Sebelumnya, pemain yang lahir pada 8 November 1984 ini bermain di klub Albirex Nigata Singapore.

Selama 2 musim pemain dengan tinggi 174 cm itu bermain untuk klub asal kalimantan, kemudian pindah ke klub kalimantan lainnya Persiba Balikpapan. Saat di Persiba, Kenji mulai dikenal sebagai striker yang cukup berbahaya. Dia selalu menjadi andalan Persiba di lini depan. Penampilannya menarik perhatian Persib untuk merekrutnya pada musim ini. Total 48 gol telah ia ciptakan selama bermain di Liga Indonesia sampai saat ini.

 Raimundus Brian P
 Bekasi

[Continue reading...]

Pengalaman Ujian Nasional: Dua Kubu berbeda Menghadapi UN

- 0 comments
Masa-masa menjelang UN belum terhapus dalam ingatan saya. Berbagai persiapan dilakukan baik dari pihak sekolah maupun siswa sendiri. Sekolah berkali-kali mengadakan Try Out dan Pelajaran tambahan.

Persiapan siswa sendiri juga tidak kalah sibuk. Waktu itu di kelas saya sebagian besar siswa mengikuti Bimbingan belajar di luar sekolah dan membeli buku kumpulan soal UN. Hal itu seolah menjadi tren. Ya itulah persiapan yang memang biasanya dilakukan saat menghadapi UN.

Namun, realitanya saat itu tak hanya persiapan biasa yang dilakukan siswa. Beberapa siswa lain mencoba menggunakan cara curang untuk menghadapai UN. Maka, waktu itu di sekolah saya dikenal ada dua kubu yaitu kubu jalur murni dan kubu jalur kunci jawaban. siswa yang mengambil jalur murni heboh dengan persiapan belajar bersama, mengerjakan soal-soal latihan. Sedangkan siswa jalur kunci jawaban juga tak kalah heboh dengan mengajak teman-temannya patungan menyiapkan uang untuk membeli kunci jawaban. Bahkan siswa jalur kunci jawaban mengajak siswa jalur murni untuk ikutan membeli kunci jawaban. Namun siswa jalur murni menolaknya.

Nah ini fenomena yang terjadi saat UN SMA jaman saya. Kunci jawaban beredar luas. Namun sepertinya untuk saat ini hal tersebut sudah tereduksi, karena saya mendengar soal UN di buat dalam 20 paket yang berbeda. Tentu dengan begitu semakin kecil kemungkinan kunci jawaban yang ada sesuai dengan paket soal yang diterima.

Kini UN juga tidak satu-satunya parameter yang menentukan kelulusan siswa. Siswa pun akan terbantu dari nilai-nilai hasil belajar di sekolah sehingga UN tidak menjadi hal yang benar-benar menakutkan yang membuat siswa mengambil jalan pintas dengan menggunakan kunci jawaban.

 Jadi untuk sekarang ini kita harus percaya diri terhadap apa yang kita kerjakan saat UN dan tentu jangan lupa berdoa agar kita merasa lebih tenang saat mengerjakan UN.
[Continue reading...]

14 April 2013

Peringkat FIFA Indonesia Turun

- 0 comments
FIFA merilis daftar peringkat terbaru bulan ini. Posisi Indonesia turun dari peringkat 166 ke peringkat 170. Ini adalah peringkat terburuk sepanjang sejarah. Posisi Indonesia ini mengulang pencapaian bulan Oktober 2012 yang juga menempati peringkat 170. Ya ini adalah hasil dari konflik dualisme PSSI yang lalu. Indonesia jarang melakoni pertandingan internasional karena lebih sibuk mengurus konflik tersebut. Ketika ada pertandingan pun tidak diperkuat skuad terbaik sehingga lebih sering kalah dan tidak mendapat poin.

 Kini dualisme telah berakhir. Sudah saatnya timnas bangkit dan memperbaiki peringkat FIFA. Tidak seharusnya Indonesia berada di bawah Laos dan berperingkat 8 di Asia Tenggara. Laga Uji coba sudah direncanakan PSSI . Selain sebagai persiapan skuad, tentu itu membantu timnas meraup poin agar peringkatnya beranjak naik. Selain Uji coba, di tahun ini masih ada kualifikasi Piala Asia 2015 dan SEA Games 2013. Pertandingan di ajang-ajang tersebut harus dimaksimalkan timnas untuk meraih poin setidaknya minimal seri.

NB: Tulisan ini pernah dicoba dikirim ke Tabloid Bola. Namun sepertinya tidak lolos dimuat.
[Continue reading...]

Pertama kali Mendapat Merchandise dari Tabloid Bola

- 0 comments
Sejak awal tahun ini beberapa kali gw coba kirim tulisan ke media cetak. Beberapa diantaranya berhasil dimuat di Tabloid bola. Awalnya sekedar dimuat saja belum berhasil mendapat hadiah merchandise maupun honor. Walaupun begitu, gw udah seneng banget tulisan gw dimuat. Namun, lama-lama gw berharap juga tulisan gw bisa tembus untuk dapat hadiah. Dan harapan gw itu pun terwujud.

Untuk pertama kalinya tulisan gw yang dikirim ke Rubrik Ola-Ole, berhasil dimuat dan terpilih sebagai tulisan yang terpilih mendapat hadiah. Waw gw seneng banget. 2 minggu setelah tulisan gw itu dimuat, akhirnya pak pos yang nganter kiriman hadiahnya, datang juga.


Sebuah amplop cokelat gw terima. Mendapat kiriman merchandise dari salah satu media cetak nasional rasanya gimana gituu... Sebelumnya gw prediksi merchandisenya adalah kaos. Ternyata benar, merchandisenya kaos. Ya mungkin ada yang berpikir hanya kaos, bisa beli di toko. Tapi buat gw bukan masalah kaosnya tapi proses untuk mendapatkannya. Lagi pula kaos dari bola itu kayaknya ga dijual di toko manapun hehe.
[Continue reading...]

Chord Nidji - Kanye

- 0 comments

 D
If kanye west hit on you
G
Would i love you like i used to
D
I gocrazy close to you
G
Thinking to be with me will really screw you

Music: D

D
If kanye west slept with you
G
Would i love you like i used to do
D
I can try to save the world
G
Or i could kill that madness in my mind



Bridge

A Bm G A
Oh jealousy it will slowly kill my love

Reff
D G
If you want my life, would you love my mind
Bm G A
I’m a crazy jealous guy
D G
If you want my life, would you love my mind
Bm G A
I’m that crazy fucked up guy
D G D
Don’t let me go, just be with me, don’t let me go

D
If lady gaga slept with you
G
How would i look with those stupid hair do
D
I can try to save the world
G
But i’m just sick of trying to tell you what to do

A Bm G A
Oh jealousy it will slowly kill my love

D G
If you want my life, would you love my mind
Bm G A
I’m a crazy jealous guy
D G
If you want my life, would you love my mind
Bm G A
I’m that crazy fucked up guy
D
Don’t let me go

D
Sometimes my mind feels like it’s summer
D
Sometimes my mind is cold like the winter
D
Sometimes i just don’t know what to do but ooh ooh ooh ooh
D
Sometimes i laught out loud like it’s summer
D
Sometimes my mind is cold like the winter
D A
Sometimes i just don’t know what to do but ooh ooh ooh ooh

Melody: Bm G Em A

D G
If you want my life, would you love my mind
Bm G A
I’m a crazy jealous guy
D G
If you want my life, would you love my mind
Bm G A
I’m that crazy fucked up guy
D G D G
Don’t let me go, just be with me, don’t let me go, just be with me


lyric from http://www.liriklagubagus.com

NB: Chord lagu ini gw bikin sendiri dengan mendengar lagunya. Kalau ada chord yang kurang pas dengan nada lagunya harap maklum
[Continue reading...]

11 April 2013

Klub Harus Lebih Kreatif dalam Berbisnis

- 2 comments
Gw seneng banget. Untuk pertama kalinya, tulisan gw ada yang dimuat di rubrik Oposan Tabloid Bola edisi 11-12 April 2013 . Menurut gw, rubrik ini adalah rubrik kiriman pembaca Bola yang paling prestige. Kenapa ? karena rubrik itu spesial hanya untuk satu pengirim saja ditiap edisinya dan ukuran rubriknya cukup besar. Selain itu, berdasarkan pengalaman orang lain, jika tulisan dimuat di rubrik oposan itu, maka akan mendapat honor. Tentu gw seneng bisa menjadi salah satu pengirim tulisan yang dimuat di rubrik itu. Dengan dimuatnya tulisan gw ini di rubrik oposan, maka total sudah ada 6 tulisan gw yang dimuat di berbagai rubrik Tabloid Bola :)

Berikut ini tulisan gw:

Sejak 2011, semua klub profesional Liga Indonesia tidak lagi menyusu dari dana APBD untuk memenuhi biaya operasionalnya untuk menjalani 1 musim kompetisi. Kebijakan PSSI tersebut merupakan langkah yang bagus agar klub mandiri dan dana APBD dapat digunakan untuk kepentingan lain. Namun hingga saat ini, beberapa klub masih mengalami kesulitan mendapatkan dana karena kekurangan sponsor. Kabar mengenai Masalah tunggakan gaji pemain dan tumpukan hutang klub selalu beredar silih berganti. Seperti halnya Persibo. Klub asal Bojonegoro tersebut bahkan angkat tangan untuk bisa meneruskan kompetisi Piala AFC karena kekosongan kas klub. Masih beruntung, PT Liga Indonesia mau membantu klub itu untuk menyelesaikan semua pertandingan di babak penyisihan grup.

Memang klub di Indonesia masih harus beradaptasi untuk memenuhi kebutuhan biaya dengan usaha sendiri. Menanggapi kebijakan tersebut, beberapa klub menerapkan langkah untuk membuat klub menjadi Perseroan Terbatas (PT). Memang terdengar sedikit aneh, klub sepakbola kok menjadi PT kayak perusahaan komersil lainnya. Tapi memang harus begitu. Klub Indonesia harus lebih komersil. Setiap klub tidak hanya dituntut untuk menampilkan sebagai klub berprestasi tapi juga harus komersil. Beberapa klub juga ada yang berhasil lepas dari kesulitan biaya karena bisa memperlihatkan sisi komersilnya.

 Contohnya seperti apa yang terjadi pada Persib Bandung. Di banding klub-klub besar lainnya, dalam beberapa musim terakhir, Persib belum mampu menjadi pesaing kuat dalam perebutan tahta juara. Namun Persib berhasil menampilkan diri sebagai klub yang komersil sehingga menjadi daya tarik bagi banyak sponsor untuk bekerja sama dengan klub kota kembang tersebut. Sebagai salah satu klub besar, dengan bertabur pemain bintang dan basis Bobotoh yang cukup kuat mungkin menjadi Faktor meningkatnya citra komersil klub tersebut. Bagaimana untuk klub medioker ? Ya, kepedulian pengusaha lokal untuk mensponsori klub tersebut menjadi harapan terbesar.

Hanya mengandalkan Sponsor dan pemasukan tiket pertandingan. Mendulang pemasukkan dengan cara konvensional tentu belum cukup. Klub harus berpikir lebih kreatif untuk mencari sumber pemasukkan. Selain mengelola klub, Manajemen klub juga dapat memikirkan usaha-usaha bisnis skala besar untuk menjadi sektor pemasukkan klub. Jika di Eropa, ada Real madrid yang berencana membangun dan mengelola sebuah tempat wisata.

Dengan dibentuknya klub sebagai PT, tentu banyak langkah komersil yang bisa diambil. Misalnya, selain dari tiket pertandingan, Stadion seharusnya bisa dimaksimalkan lagi untuk menambah pemasukkan. Saya berpikir, kenapa stadion di Indonesia tidak dimaksimalkan menjadi pusat kegiatan, hiburan, dan wisata bagi masyarakat. Seperti yang dilakukan klub-klub eropa. Di eropa, adalah hal biasa jika klub memiliki tawaran paket tour stadion dengan fasilitas museum di dalamnya. Memang itu butuh renovasi stadion penambahan fasilitas agar lebih layak menjadi destinasi wisata. Dan tentu kerjasama dengan pemkot yang memiliki stadion. Tapi untuk meraih hasil maksimal diperlukan modal yang tidak sedikit juga.

Di lain pihak, PSSI juga harus membantu pendanaan klub. PSSI juga sebaiknya bisa meningkatkan sisi komersil sehingga kompetisi liga bisa di sponsori dan klub pun mendapat subsidi yang cukup.

 Ya semoga, kedepannya klub sepakbola Indonesia bisa menerapkan langkah yang tepat agar bisa memenuhi kebutuhan biaya secara mandiri sehingga tidak ada lagi kabar tunggakan gaji maupun hutang klub yang begitu banyak.

 Raimundus Brian P
Mahasiswa Unika Atma Jaya





[Continue reading...]

07 April 2013

Profil Ilham Jaya Kesuma

- 0 comments
Ilham Jaya Kesuma memulai karir sepak bolanya di tingkat yunior bersama PS Palembang. Karir seniornya dimulai di Persita Tangerang. Ia membela klub berjuluk pendekar cisadane itu dari tahun 1996 hingga 2006. Di tiga musim terakhir bersama Persita, Ilham dikenal masyarakat luas sebagai striker yang berbahaya. 84 gol dicetaknya selama 10 tahun di Persita. Berkat jasanya tersebut, Persita menjadi salah satu klub yang patut diperhitungkan di Liga Indonesia.

Berkat prestasinya yang apik bersama Persita, Ia dipanggil untuk membela timnas. Pemain asal Palembang tersebut membela timnas pada tahun 2004 - 2007. Selama masa itu, ia menjadi andalan Timnas di lini depan. Ia tampil 18 kali dan mencetak 13 gol untuk timnas. Nama Ilham pun terdengar hingga Malaysia. Pada 2006, Klub Selangor FC merekrutnya. Namun ia hanya bermain satu musim. Kemudian Ia kembali ke Persita. Setelah membela Persita satu musim, pemain kelahiran 19 September 1978 ini berturut-turut pindah ke Persisam Samarinda, Mitra Kukar, dan Sriwijaya FC.

Kini Ia telah memasuki masa pensiun. Untuk menghadapi masa pensiun, ia mengambil kursus kepelatihan lisensi C. Ia berkeinginan menjadi pelatih dan memiliki SSB sendiri.

Raimundus Brian P
Jatimelati - Bekasi

NB: Tulisan ini pernah gw kirim ke Tabloid Bola, tapi sepertinya ga lolos dimuat.
[Continue reading...]

06 April 2013

Stadion Gelora Bandung Lautan Api Segera di buka

- 2 comments
Stadon Gelora Bandung Lautan Api yang dibangun sejak 2011, sudah hampir selesai dan akan segera di launching pada akhir April ini, tepatnya tanggal 29. Stadion yang sebelumnya lebih dikenal dengan nama Stadion Gedebage ini memiliki kapasitas 38.000 penonton. Dengan kapasitas yang cukup besar itu, diperkirakan mampu menampung para bobotoh. Namun, Gw melihat kapasitasnya lebih kecil dari rencananya. Kalo ga salah, gw pernah baca kalo Stadion ini tadinya di rencanakan berkapasitas 60.000.  Nama Bandung Lautan Api sendiri akhirnya resmi  dipilih berdasarkan hasil voting dari masyarakat.

 



Stadion yang nantinya kan menjadi kandang Persib ini menghabiskan dana Rp 950 miliar dan berdiri diatas tanah seluas 17 hektare. Letaknya yang tepat di kota Bandung membuat para bobotoh menempuh jarak yang lebih dekat menuju stadion. Ketika Persib masih menggunakan Stadion Si Jalak Harupat, bobotoh harus menempuh jarak yang cukup jauh untuk datang ke sana karena letaknya di Kabupaten Bandung.


[Continue reading...]

Bobotoh FM, Radionya Bobotoh Persib

- 0 comments
Minggu kemaren gw nonton Galeri Sepakbola Indonesia. Ada liputan yang menurut gw menarik yaitu tentang Radio Supporter  bernama Bobotoh FM. Yup, dari namanya tentu kita langsung tahu bahawa radio itu milik Supporter Persib, Bobotoh & Viking. Radio ini pastinya menyiarkan segala hal tentang sepak bola dan Persib khususnya.


Menurut gw ini adalah tindakan mensupport klub yang kreatif dan inovatif. Bobotoh bisa memberikan dukungannya dengan cara yang nggak biasa. Tentu ini menarik perhatian

Bobotoh FM berada di saluran 96,4 FM. Berdiri pada 16 Juni 2011, radio ini diklaim sebagai radio supporter pertama Asia. Wow... selain kreatif ternyata membanggakan juga ya

Radio ini punya program siaran pembahsan sepak bola yang mengundang supporter dari  klub lain. Program yang bagus karena hal itu dapat menjadi sarana untuk menjaga keharmonisan semua supporter klub di tanah air. Selain itu tentu ada siaran saat Persib sedang melakoni pertandingan.

Ya.. dengan inovasi dari Bobotoh ini, semoga bisa menginspirasi supporter klub lainnya untuk mendukung klubnya dengan cara yang unik, kreatif dan inovatif.
[Continue reading...]

01 April 2013

Timnas Butuh Laga Uji Coba

- 2 comments
Untuk pertama kalinya, tulisan gw yang dimuat di Tabloid Bola tidak hanya sekedar dimuat saja, tapi juga menghasilkan sesuatu. Tulisan gw ini berhasil menjadi tulisan yang terpilih mendapat hadiah dari tabloid Bola ! Bener-bener harapan yang terwujud.
 
berikut tulisan asli yang gw kirim:

 Indonesia telah diperkuat oleh para pemain terbaik ketika melawan Arab Saudi. Namun, meski bermain di kandang juga, Timnas belum mampu menang dan justru kalah 1-2. Pihak PSSI menyebut penyebab kekalahan karena adanya pergantian pelatih. Namun, ada dua faktor lagi yang menjadi penyebab Timnas kalah yaitu waktu persiapan yang kurang dan tidak adanya laga uji coba melawan negara lain. Padahal waktu persiapan yang lebih lama dan adanya laga uji coba tentu sangat berpengaruh untuk membuat skuad Timnas lebih siap menghadapi laga kualifikasi Piala Asia 2015.

Pertandingan selanjutnya melawan China akan berlangsung pada bulan Oktober. Waktu yang masih panjang ini harus bisa digunakan timnas untuk melakukan persiapan dan Uji coba. Respon PSSI sudah positif. Telah direncanakan 6 laga Uji Coba. Itu sangat bagus untuk menguji kesiapan skuad timnas. Namun, hal yang harus diperhatikan adalah jangan sampai uji coba tersebut hanya berakhir menjadi sekedar rencana yang tidak terlaksana.Seperti rencana Uji Coba melawan Mali yang akhirnya tidak jadi dilaksanakan.

PSSI harus bertanggung jawab untuk memastikan semua laga Uji coba tersebut dapat terlaksana. Uji coba sebagai bagian dari persiapan timnas, diharapkan akan meningkatkan kemampuan timnas dan semoga melawan China nanti bisa meraih poin.

 Raimundus Brian P

NB: dimuat di Tabloid Bola rubrik Ola-Ole edisi 1-3 April 2013. Yeay !


[Continue reading...]

Komentar Terbaru

 
Copyright © . Brian Prasetyawan's Blog - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger