Karena yang tertulis akan bernilai di masa depan

04 Juni 2010

Fenomena dalam Sensus Penduduk 2010

Dalam Sensus Penduduk tahun 2010 ini, ditemukan suatu fenomena yaitu banyaknya orang-orang yang berumur lebih dari 100 tahun.

Ternyata ada juga orang Indonesia yang masih bisa bertahan di usia lebih dari 100 tahun padahal rata-rata usia orang Indonesia hanya akan mencapai sekitar 60 tahun.

Namun kebanyakan usia yang dimiliki orang-orang tersebut tidak berdasarkan data/catatan yang resmi. Biasanya hanya berupa perkiraan dengan mengaitkan peristiwa yang pernah di alaminya. Jadi, data usia orang tersebut bisa saja berubah bila sudah ditemukan data resminya.

Berikut ini beberapa data dan informasi tentang orang-orang yang berumu lebih dari 100 tahun:

Tasikmalaya
Tiga orang wanita berusia 100 tahun lebih di satu lokasi Desa Cogreg, Kecamatan Cikatomas, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Selasa.

Petugas sensus di kawasan Kecamatan Cikatomas, Munir Hidayat mengatakan ketiga wanita tersebut yakni Minah berusia 120 tahun, Kalsem berusia 115 tahun serta Suki berusia 107 tahun semuanya terdapat di satu lokasi Desa Cogreg dengan kondisi yang tampak sehat.

Purwakarta

Badan Pusat Statistik Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, menemukan seorang warga Purwakarta yang berusia 150 tahun di Kecamatan Pasawahan, Purwakarta, saat melakukan Sensus Penduduk 2010

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Purwakarta, Asep Riyadi, mengatakan seorang yang berusia 150 tahun itu ialah Sukarni, warga Kampung Pasir Hunje, Desa Selaawi, Kecamatan Pasawahan.

Bekasi

Petugas Pencacah Lapangan Badan Pusat Statistik Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, menemukan seorang kakek tua bernama Karnita dengan usia mencapai 140 tahun, dalam rangkaian kegiatan Sensus Penduduk 2010. "Karnita yang tinggal bersama lima orang cucu dan tujuh cicit di RT.01/RW.04 Desa Segara Jaya, Kecamatan Taruma Jaya, Kabupaten Bekasi, kami temui pada Kamis (13/5) lalu," ujar Petugas Pencacah Lapangan (PPL) Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Bekasi, Syamsudin.

Tuban

Ada Warga Desa Tanggulangin, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban yang berumur 165 Tahun. Namanya adalah Dasiyem

Lebak

Petugas sensus penduduk dikagetkan dengan penemuan kakek-kakek berusia 146 tahun, di Lebak, Banten. Warga kampung Makam Jepang, Blok 7 Rt 01/04, Desa Bungur Mekar, Kecamatan Sajra. Kakek ini terlihat masih kuat berdiri.

Bahkan, meski usia telah lanjut, H. Sargani masih aktif bicara dan belum pikun. Bahkan, pendengerannya masih normal sehingga petugas Sensus tidak terlalu sulit dalam mengorek keterangan data yang diperlukan.

“Data yang kami miliki, H. Sargani lahir tahun 1865,” kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Lebak, Dadang Ahkdiyat.

Makassar
Salamang menjadi manusia tertua sementara di Makassar dengan usia 108 tahun. Dia adalah penduduk Kelurahan Sambung Jawa, Kecamatan Mamajang. Hal ini berdasarkan data terbaru Badan Pusat Statistik Makassar, Senin, 17 Mei.

1 komentar:

  1. Satu nenek di Jl. G Lompobattang, Makassar menurut hitungan Tionghoa berusia 100 tahun pada tanggal 18 Januari 2011 (mungkin menurut kalender internasional pada 15 Januari 2011). Bukan sekedar klaim tapi dokumentasinya jelas.

    BalasHapus

Silakan mengirimkan komentar yang sesuai dengan postingan diatas.

Tolong berkomentar menggunakan nama pribadi. Jangan nama produk/bisnis/judul postingan artikel. Komentar menggunakan nama tersebut terpaksa akan saya hapus.

Praszetyawan.com

Sebuah blog personal berdiri sejak 2009

Terpopuler Bulan Ini

Random

randomposts