Banner Promo

Menu Pilihan

Jakarta City Planning Gallery

Bagi warga Jakarta, sekarang bisa melihat miniatur kota jakarta. Kota Jakarta yang sangat luas bisa dilihat dalam satu ruangan. Miniatur itu terdapat di JCPG (Jakarta City Planning Gallery). JCPG dipersiapkan sejak tahun 2008 dan akhirnya dibuka pada tahun ini (2010).

Selain memamerkan maket kota Jakarta, juga di sediakan tata ruang DKI Jakarta sejak tahun 1965 hingga gambaran rencana tata ruang DKI pada 2030.

Tak hanya itu JCPG juga dilengkapi dengan fasilitas ruang diskusi yang mampu
menampung sekitar 40 orang seta ruang perpustakaan yang memiliki ratusan buku tentang perencanaan tata ruang, arsitektur dan tata kota.

JCPG ini adalah hasil kerja keras Dinas Tata Ruang DKI Jakarta dengan maksud agar warga Jakarta dapat terlibat langsung dalam penataan ruang kota Jakarta. Anggaran sebesar Rp 3 miliar diantaranya dimanfaatkan untuk pembuatan maket sebesar Rp 1,7 miliar, terdiri atas maket utama dengan ukuran 3 x 6 meter, maket monochrome berukuran 1 x 5 meter, tiga maket kecil dengan ukuran 1 x 1 meter, masing-masing dengan skala 1:750, pada market utama kita dapat melihat gambaran sebagian besar kota Jakarta, dari arah Utara ke selatan serta dari arah Barat ke Timur, walaupun belum keseluruhan, tetapi cukup menggambarkan suasana Ibukota Jakarta.

Galeri di lantai 3, Gedung Teknis Abdul Muis, Jakpus ini terbuka untuk umum, setiap hari, Senin-Minggu pada jam 08.00 hingga 16.00.

Tersedia pula perpustakaan untuk melengkapi koleksi buku-buku tentang kota Jakarta serta lima monitor TV dan enam PC komputer yang memuat informasi mengenai tata ruang DKI Jakarta mulai dari proses perencanaan, pembangunan hingga pemanfaatannya.
Brian Prasetyawan Guru SDN Sumur Batu 01 Pagi Jakarta. Menulis sejak 2009. Pengurus Asosiasi Guru Penulis PGRI. Pengurus Kelas Belajar Menulis Nusantara PGRI

1 Komentar untuk "Jakarta City Planning Gallery"

  1. bagus....saya sudah pernah datang kesana...
    saya mau tanya,,,,
    jika saya memiliki ide untuk mendesain jcpg di kawasan tmii gmn???untuk tugas akhir saya...
    akan tetapi saya memiliki kendala dalam study literatur dan studi ruang,,,standar ruang apa saja yg dbtuhkan,,,brp luasannya,,,
    jika ada yang bisa berdiskusi dan memberikan informasi yg saya btuhkan sikahkan krim ke
    lendihendry@yahoo.com
    informasinya saya tunggu y,,
    makasih

    BalasHapus
Silakan mengirimkan komentar yang sesuai dengan postingan diatas.

Tolong berkomentar menggunakan nama pribadi. Jangan nama produk/bisnis/judul postingan artikel. Komentar menggunakan nama tersebut terpaksa akan saya hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel